BeritaIndonesia

Rangkaian Kerja Agenda Jokowi Ke Jogja

Bapak Presiden RI, Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo berencana  melakukan kunjungan ke kota Yogyakarta. Sehubungan  adanya aksi penangkapan terduga teroris di Jalan Kaliurang Km 9,5 Sleman, Polda DIY menyatakan  kondisi tetap aman. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari pengamanan  segenap aparat yang selalu siap siaga. Tidak ada peningkatan status pengamanan yang signifikan pasca terjadinya serentetan aksi tembak dalam penangkapan teroris di wilayah DIY. Hanya saja pihak berwenang menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap waspada terhadap aksi terorisme dan kejahatan. Agenda Jokowi ke Jogja tetap akan dilakukan meskipun keadaan di Daerah Istimewa Yogyakarta sedang genting. Hal ini tidak menyurutkan langkah orang nomor satu di Indonesia ini untuk melakukan kunjungannya.

Tiga Acara Presiden Jokowi  Selama Di DIY

Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di Yogyakarta sekitar pukul 22.00 WIB. Rombongan ini langsung menginap di Istana Negara Gedung  Agung  Yogyakarta. Segenap aparat keamanan yang terdiri dari TNI Dan POLRI disiagakan untuk mengamankan tiga tempat tujuan utama  Presiden. Sehari sebelum kedatangan Beliau ke Jogja, aparat sudah menggelar  apel pasukan pengamanan. Apel ini digelar di Alun-alun Utara Yogyakarta. Agenda Jokowi ke Jogja sebenarnya karena ada tiga acara yang harus beliau hadiri. Yaitu antara lain:

1. Kongres Pancasila

Agenda Jokowi ke Jogja yang pertama yaitu menghadiri Kongres Pancasila yang akan di laksanakan di Balai ruangan Universitas Gadjah Mada (UGM). Acara ini akan berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB, dan beliau menjadi keynote speech di dalam Kongres Pancasila yang IX. Sebagai orang nomor satu di Indonesia pada saat ini, Presiden Jokowi memegang peranan yang sangat penting sekali. Apalagi dengan segala yang berhubungan dengan kesatuan dan persatuan  NKRI. Dengan adanya Kongres Pancasila yang IX di Yogyakarta ini diharapkan agar rakyat Indonesia tetap bersatu padu menjaga persatuan. Meskipun suasana di Daerah Istimewa Yogyakarta pada saat ini sedang tidak kondusif akibat adanya teroris. Rakyat di harapkan tetap tenang dan harus selalu waspada terhadap segala sesuatu ancaman. Aparat keamanan baik dari TNI/POLRI selalu disiagakan di setiap titik-titik yang akan di kunjungi oleh Presiden Jokowi. Semua itu untuk mengantisipasi dari segala sesuatu yang tidak kita harapkan.

2. Rapimnas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

Ini merupakan acara yang kedua Presiden dalam agenda Jokowi ke Jogja. Seusai menghadiri acara di UGM, Presiden Jokowi langsung menuju Hotel Sahid Raya yang terletak di Jl. Babarsari Sleman. Di tempat ini beliau akan menghadiri acara Rapimnas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekitar pukul 10.00 WIB. Dalam acara ini Presiden mengharapkan agar kinerja guru di Indonesia semakin ke depannya di harapkan lebih baik lagi. Karena di tangan seorang guru pendidikan di negeri bisa maju dan berkembang. Dengan adanya pendidikan yang bagus suatu negara pasti akan mengalami kemajuan yang pesat. Jadi guru memegang peran yang sangat penting sekali terhadap kemajuan suatu bangsa.

3. Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Dari Hotel Sahid Raya Presiden Jokowi langsung menuju Masjid Islamic Center yang berada di kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Kampus ini terletak di Jl. Lingkar Selatan Taman Banguntapan Bantul Yogyakarta. Di tempat yang satu ini Presiden Jokowi akan meletakkan batu pertama dalam pembangunan Museum Muhammadiyah. Ini merupakan kunjungan terakhir dari agenda Jokowi ke Jogja.

Setelah istirahat sejenak untuk makan siang, Presiden Jokowi beserta rombongan kembali ke Lanut Adisutjipto Yogyakarta untuk terbang menuju ke Semarang. Karena di Jakarta tugas-tugas baru sudah menunggu disana.

 

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button