Indonesia

Kronologi Tragedi GBLA Persib Vs Persija Yang Memakan Korban

Tragedi kerusuhan dalam dunia sepak bola di Indonesia kini kembali terjadi. Pada hari minggu tanggal 23 September 2018 tragedi GBLA Persib vs Persija menelan korban. Kali ini seorang suporter tewas atas ulah oknum suporter lain yakni pengeroyokan jelang laga Persib melawan Persija.

Kronologi Kejadian

Menurut kesaksian dari suporter yang berada di GBLA, insiden ini terjadi sekitar pukul 13.00 WIB tepatnya di lokasi parkiran gerbang biru. Terlihat satu orang suporter dari Persija dikejar oleh kerumunan orang kemudian di pukul oleh beberapa orang. Saat itu korban sempat meminta tolong namun tidak berhasil dilakukannya sehingga pengeroyokan sadis pun tak terelakkan. Diduga pelaku pengeroyokan menggunakan balok kayu, botol, piring, dan benda-benda lain sehingga mengakibatkan korban mengalami luka parah dan meninggal dunia.

Kemudian, jenazah korban langsung di bawa ke Rumah Sakit Polri Sartika Asih Bandung untuk dilakukan autopsi. Sementara itu, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung langsung mengamankan beberapa pelaku pengeroyokan untuk dimintai keterangan.

Korban Tewas Gelora Bandung Lautan Api

Seorang pria tewas saat akan menyaksikan pertandingan sepakbola laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta. Korban tersebut bernama Haringga Sirila yang berumur 23 tahun dan diduga merupakan suporter sepakbola Persija Jakarta/The Jackmania. Korban tersebut adalah warga Kelurahan Cengkareng Timur Kecamatan Cengkareng Kota Jakarta Barat. Dalam hasil pantauan kamera pengawas, korban mengalami luka dibagian kepala akibat pukulan tangan, benda tajam, serta benda tumpul.

Tersangka Pengeroyokan Suporter Sepakbola

Saat ini polisi menangkap 10 orang terduga pelaku pengeroyokan di Gelora Bandung Lautan Api dan 5 orang diantaranya sudah mengaku terlibat. Diluar penangkapan 15 orang tersebut, polisi juga memeriksa 8 orang saksi lainnya untuk diselidiki lebih lanjut.

Duka Mendalam Korban Tewas Tragedi GBLA Persib Vs Persija

Atas kejadian ini, keluarga mengalami duka yang sangat mendalam. Kerabat, sahabat, dan para tetangga tak pernah menyangga Haringga akan mengalami kejadian naas. Sebelum kejadian ini terjadi, korban sempat meminta izin untuk pergi ke Bandung untuk main kerumah temannya. Pada awalnya orang tua tidak mengizinkan namun atas bujukannya akhirnya Haringga dibolehkan pergi. Kesedihan pecah saat minggu malam, ketika terdengar kabar Haringga meninggal dunia akibat pengeroyokan suporter bola. Keluarga berharap semoga tidak ada korban selanjutnya akibat sepakbola.

Indonesia Berduka. Ridwan Kamil, Tim Persib Bandung dan Tim Persija Jakarta Turut Berduka

Warga Indonesia turut prihatin atas kejadian ini karena dunia sepak bola kehilangan suporter muda yang tidak berdosa. Terlebih Ridwan Kamil, kecewa kepada bobotoh dan ikut mengucapkan dukacita atas kepergian Haringga. Emil mendukung aparat kepolisian dalam mengusut kejadian ini sampai tuntas karena telah mencoreng nama Persib dan kemenangannya. Selain itu Tim Persib dan Persija juga mengungkapkan hal yang sama. Berharap tidak akan terjadi lagi hal semacam ini karena kerusuhan hanya akan membawa nama buruk persepakbolaan Indonesia.

Trauma Atas Kejadian Laga Persib Melawan Persija

Saat ini, setelah insiden Gelora Bandung Lautan Api yang menelan korban mengakibatkan sepakbola Indonesia menjadi hal yang menakutkan. Khususnya bagi keluarga korban, hal ini sampai menimbulkan trauma yang mendalam. Tragedi yang tidak pernah bisa dilupakan karena salah satu keluarganya tewas akibat pengeroyokan orang yang tidak dikenal.

Seharusnya sepakbola khususnya di Indonesia menjadi pertandingan yang dapat disaksikan dengan damai. Stadion menjadi bukti kemenangan tim mereka saat bertanding, bukan sebagai tempat terjadinya kerusuhan atas masing-masing suporter. Kejadian yang tidak pantas seperti itu seharusnya tidak terjadi dan semoga tragedi GBLA Persib vs Persija ini dapat menjadikan pelajaran untuk seluruh suporter sepakbola.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close