BeritaIndonesia

Ayo Ikut Kompetisi Sains Madrasah 2018 Agar Jadi Yang Terbaik

Kajian Integrasi sains dan Islam sudah banyak dilakukan oleh banyak pemikir Islam yang ada di Indonesia. Dalam konteks ini, melalui Kompetisi Sains Madrasah 2018 diharapkan mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari integrasi keilmuan sains dan ilmu-ilmu keislaman.

Kini Kompetisi Sains Madrasah 2018 akan kembali digelar oleh Kementerian Agama. Ahmad Umar sebagai Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah memberikan pernyataan bahwa KSM tidak hanya dikhususkan untuk menjadi ajang kompetisi siswa madrasah. Siswa dari lingkungan sekolah bukan madrasah juga boleh ikut serta dalam KSM ini. Semua  siswa sekolah akan diundang untuk berkompetisi bersama siswa madrasah di KSM.

Tujuan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2018

Tujuan KMS secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan sains di madrasah melalui pengembangan budaya dalam belajar, berkreativitas,serta memotivasi untuk meraih prestasi. Dengan berkompetisi yang sehat dan selalu menjunjung tinggi sportivitas serta nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Adapun tujuan khusus dari KSM 2018 yakni,  menyediakan tempat  bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat serta minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap sains. Memberikan siswa madrasah motivasi agar senantiasa meningkatkan kemampuan spriritual, intelektual dan emosional, berdasarkan nilai-nilai agama. Mengembangkan budaya kompetisi yang sehat di kalangan siswa Madrasah. Serta memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, berkreatifitas maupun berprestasi.

Persyaratan Peserta Kompetisi Sains Madrasah 2018

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk mengiuti KSM ini, yaitu sebagi berikut :

1. Persyaratan Khusus

  • Bagi siswa yang mengikuti KSM harus berkewarganegaraan Indonesia dan dapat dibuktikan dengan menyantumkan kartu pelajar atau surat keterangan.
  • Siswa MI/SD kelas 4 dan 5, MTs/SMP kelas 7 dan 8, MA/SMA kelas 10 dan 11 pada tahun pelajaran 2017/2018.

2. Persyaratan Umum

  • Siswa harus memiliki minat besar serta memenuhi syarat minimal pengetahuan yang dibuktikan dengan nilai dari bidang sains yang dipilih.
  • Mendapatkan persetujuan dari orang tua atau wali untuk mengikuti KMS.
  • Setiap siswa hanya diperbolehkan mengikuti salah satu bidang sains yang dilombakan berdasarkan hasil seleksi KSM Satuan Pendidikan.
  • Belum pernah menjadi peraih medali emas pada KSM/OSN di bidang sains yang sama.
  • Memiliki nilai yang baik untuk semua mata pelajaran dan sikap yang baik.
  • Tidak pernah terlibat atau memakai narkoba dibuktikan dengan surat keterangan dari pihak berwenang.

Teknis KSM 2018

Berbeda dengan gelaran sebelumnya, kompetisi sains madrasah 2018 ini akan mengusung semangat integrasi sains dalam Islam. Semangat itu setidaknya tercermin dalam penyusunan soal. Selain ilmu sains murni, penyusunan soal juga harus memperhatikan konsep keislaman tentang sains dan ilmu terapan  dalam Islam yang mempunyai kaitan erat dengan sains, seperti zakat, falak, dan lainnya.

Pada tahun 2018 ini, Kompetisi Sains Madrasah akan dilakukan secara berjenjang. Kompetisi ini akan diadakan mulai dengan jenjang tingkat satuan pendidikan. Dilanjutkan jenjang Kabupaten / Kota kemudian jenjang Provinsi dan diakhiri pada jenjang Nasional. Pada jenjang satuan pendidikan, akan dilakukan masing-masing satuan pendidikan tersebut.

Pada KSM tingkat Kabupaten/Kota, akan berupa tes tertulis yang berbasis kertas pensil dan pada KSM tingkat Provinsi akan berbasis komputer atau CBT. Dan untuk KSM tingkat Nasional, selain diadakan tes tertulis yang berbasis CBT, juga diadakan tes eksplorasi atau eksperimen. Penilaiannya akan dilakukan oleh Komite KSM Nasional secara terpusat.

Bagi para pemenang, pihak Kementerian Agama telah menyiapkan hadiah berupa medali dan uang pembinaan. Peserta yang berhasil meraih medali emas, perak, atau perunggu nantinya akan mendapatkan dana bantuan studi dari Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button