Berita

Menstimulasi Perkembangan Motorik Buah Hati Dengan Gambar, Simak 5 Manfaat Mewarnai Bagi Anak

Setiap anak akan mengalami perkembangan motorik dengan cara proses tumbuh kembang dan kemampuan gerak. Motorik anak membutuhkan stimulus atau rangsangan sejak usia dini yaitu dengan cara belajar dan mengeksplorasi semua objek yang dilihatnya. Salah satu contoh stimulus tersebut adalah mewarnai gambar. Maka, peran orang tua sangatlah penting dalam mendidik buah hatinya agar berkembang secara baik. Mereka harus memberikan waktu, perhatian optimal, serta paham akan manfaat mewarnai bagi anak demi kebaikannya.

Pada dasarnya perkembangan motorik berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot anak. Sehingga setiap gerakan sederhana merupakan hasil pola interaksi kompleks dari berbagai bagian dan sistem dalam tubuh yang dikontrol oleh otak. Kebanyakan anak-anak suka dengan kegiatan mewarnai, selain untuk mendukung perkembangan otak berguna juga dalam merangsang fungsi motoriknya. Berikut 5 manfaat mewarnai bagi anak yang perlu orang tua ketahui.

1. Melatih Kemampuan Koordinasi

Kegiatan mewarnai memerlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan. Dari sini akan terlihat koordinasi dari anak dalam menggabungkan dua bagian tubuhnya dengan baik. Anak akan tahu bagaimana memegang pensil warna agar tergores pada kertas kemudian menggenggam tangan dengan benar agar hasilnya terlihat bagus.  Dari gambar yang ia warnai akan membantu dalam menajamkan mata serta mampu mengenali beragam warna. Setelah itu dengan mudah akan memadukan warna ke dalam gambar.

2. Belajar Fokus Atau Konsentrasi

Pada umumnya anak jika sudah melakukan sesuatu yang ia senangi akan menikmati dengan asyik. Orang tua dapat mengarahkan anaknya dalam kegiatan mewarnai gambar, misalnya diberikan gambar tokoh yang ia sukai.  Objek yang sudah diketahui anak akan memudahkan dalam mengaplikasikan warna ke dalam gambar serta imajinasinya akan berkembang. Dari sini akan melatih konsentrasi anak pada pekerjaan yang dilakukan. Kemampuan semacam ini nantinya akan menunjang prestasi belajar anak di sekolah.

3. Cara Dalam Mengekspresikan Diri

Bagi anak yang susah mengungkapkan perasaannya, mewarnai menjadi sarana yang tepat bagi mereka. Mewarnai dapat menjadi terapi emosional anak dimana ia dapat menuangkan perasaan yang sedang dirasakan baik senang maupun sedih.

4. Bertanggung Jawab Dan Dapat Memecahkan Masalah

Melakukan aktivitas sejak dini menjadi tempat belajar anak dalam bertanggung jawab dan solusi memecahkan masalah. Mereka akan berusaha menyelesaikan pekerjaannya sampai selesai agar terlihat bagus, disini terlihat anak mulai belajar tanggung jawab terhadap yang dikerjakannya. Selain itu mewarnai dapat membantu dalam memecahkan permasalahan. Jika terdapat warna atau objek gambar yang belum ia ketahui, biasanya anak akan bertanya. Mendapatkan jawaban merupakan salah satu metode memecahkan masalah.

5. Melatih Mengenal Garis Batas Bidang

Permulaan anak belajar mewarnai biasanya tidak mengenal batas garis dalam kertas, mereka cenderung asal memberikan warna yang mereka sukai. Namun hal tersebut masih wajar, orang tua lebih baik membiarkan anaknya merasa nyaman terlebih dahulu saat melakukan kegiatannya. Seiring berjalannya waktu, mereka akan memperhatikan garis batas dan berusaha mewarnai dengan benar. Selain itu kegiatan ini melatih anak lebih peka pada batasan garis sehingga dapat menjadi bekal mereka nantinya saat menulis.

Mengenalkan dan melatih anak dalam kegiatan mewarnai merupakan salah satu cara dalam merangsang pertumbuhan. Usia ideal dalam memperkenalkan kegiatan mewarnai adalah saat umur 3 tahun. Dimulai dengan bentuk yang sederhana kemudian gambar yang disukainya perlahan anak mulai terbiasa dan menikmatinya. Demikian informasi mengenai manfaat mewarnai bagi anak, semoga bermanfaat khususnya para Bunda ya.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close