BeritaIndonesia

Menjelang Ramadan Harga sembako melejit

kenaikan harga sembako

Harga sembako Jelang Ramadan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito dan Tim Satgas Pangan telah menggelar sidak ke pasar tradisional Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Tujuan dilakukan sidak ini guna memantau sejumlah makanan tidak  layak konsumsi hingga harga pangan.

Meskipun pemerintah belum menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), namun dipastikan akan mempengaruhi harga bahan-bahan kebutuhan pokok di pasaran. Di Kabupaten Takalar, kenaikan harga kebutuhan pokok diprediksi akan naik pekan depan. Kenaikan harga BBM yang sudah diumumkan oleh pemerintah akan berdampak besar terhadap harga 9 bahan pokok di pasar.

Menjelang Ramadan Harga sembako melejit

Kenaikan Harga

Harga jual telur dan daging ayam cukup tinggi. Bahkan, harga daging ayam menyentuh angka Rp 40 ribu per kilogram. Namun, MENDAG telah menjamin pasokan aman dan harga akan stabil hingga Lebaran.

Sementara itu, harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional, seperti di Cianjur, Jawa Barat, naik mulai dari Rp 38 ribu hingga Rp 40 ribu per kilo. Kenaikan harga daging ayam ini dikeluhkan para pembeli dan penjual. Padahal sebelumnya telah di katakan akan stabil, namun tetap saja mengalami kenaikan.

Sidak Di Sejumlah Pasar

Tak hanya harga pangan, jelang puasa, petugas Satgas Pangan Kabupaten Blitar juga memantau makanan dan minuman tak layak konsumsi di Pasar Wlingi. Dalam sidak, petugas mendapati makanan dan minuman kedaluwarsa dan kemasannya rusak.

Dengan mengamankan beberapa sampel makanan untuk diuji kandungannya. Ada juga beberapa toko yang menjual produk yang hampir melewati batas kedaluwarsa Rencananya, sidak akan terus digelar selama bulan suci Ramadan dan Idul Fitri.

Mendekati bulan suci Ramadan 1439 H sejumlah kebutuhan akan bahan pokok merangkak naik di Karawang, kenaikan harga bahan pokok sudah mulai terasa sejak awal pekan terakhir menjelang Ramadhan. Beberapa komoditas kebutuhan pokok di pasar tradisional Cikampek dan Johar – Karawang mengalami kenaikan harga.

Kenaikan harga ini terjadi pada cabai merah kriting sejak awal pekan ini. Biasanya harga cabai kriting merah berada pada angka Rp 20-25 ribu per kilogramnya. Namun kini harga cabai merah kriting beranjak naik menjadi Rp 27-30 ribu per kilogram. Seorang pedagang cabai di Pasar tradisional di Cikampek – Karawang, Kang Dadang, mengaku kenaikan harga cabai tersebut disebabkan berkurangnya pasokan cabai dari petani dan melonjaknya permintaan jelang Ramadhan.

Apalagi menjelang bulan suci Ramadhan tentunya kebutuhan pokok terutama telur, bawang, dan cabe akan naik secara drastis, sementara daya beli masyarakat sangat minim. Kemampuan daya beli masyarakat tersebut dengan harga melejit tinggi seharusnya membuat pemerintah menekan harga sembako ini sehingga masyarakat tidak menjerat dengan harga yang terjadi di pasaran.

Kebutuhan Pokok Akan Naik

Kepala Seksi Pengawasan dan Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Takalar, Abidin, mengatakan sampai saat ini harga bahan kebutuhan pokok masih stabil. Kendati demikian, dirinya mengakui sejumlah kebutuhan yang sudah mulai naik seperti harga lombok besar sudah mencapai Rp 35.000 per kilogram yang sebelumnya Rp 30.000 per kilogram.

Selain harga cabe turut naik diperkirakan harga sembako akan melonjak seiring dengan kenaikan BBM.  sudah memasuki bulan suci Ramadhan dipastikan harganya akan semakin naik. Setiap menjelang Ramadhan, harga kebutuhan pokok memang selalu naik. kita sudah masuk bulan puasa, jadi harga sembako akan diprediksi akan semakin naik.

Kenaikan harga sembako terjadi di setiap tahunnya, untuk itu masyarakat dihimbau agar cermat dalam memilih kebutuhan popok, dan mengatur keuangan sebisa mungkin, karena kenaikan harga setiap menjelang bulan Ramadhan tidak dapat dihindari.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close