BeritaIndonesia

Deretan Pelanggaran Pilkada Serentak Tahun 2018 Yang Ditemukan KPU

Pilkada serentak 2018 telah berlalu, namun setelah pelaksanaan pilkada tersebut terdapat beberapa pelanggaran yang berhasil dicatat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Setelah pelaksanaan pilkada tersebut KPU langsung melakukan evaluasi pengawasan pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dan hasilnya tim KPU pun berhasil menemukan beberapa pelanggaran. Adapun pelanggaran pilkada serentak tahun 2018 yang telah berhasil ditemukan oleh Tim KPU diantaranya adalah sebagai berikut.

1. TPS Dibuka Lebih Dari Jam 7 Pagi

Pelanggaran pilkada serentak tahun 2018 yang pertama adalah TPS dibuka lebih dari jam 7 pagi. Padahal dalam jadwal yang telah ditentukan semua TPS serentak harus dibuka pada jam 7 pagi. Namun pada kenyataannya telah ditemukan 735 TPS yang molor dari jadwal yang telah ditetapkan tersebut.

2.  Tidak Tersedianya Alat Bantu Memilih Untuk Penyandang Disabilitas Netra

Pelanggaran pilkada serentak tahun 2018 yang kedua adalah tidak tersedianya alat bantu memilih untuk penyandang disabilitas netra. Hal ini ditunjukkan dengan ditemukannya 457 kasus perihal masalah tersebut. Padahal seharusnya, para TPS harus menyediakan kebutuhan khusus tersebut karena bagaimanapun mereka masih termasuk kedalam bagian warga negara indonesia sendiri. Dan suaranya pun dalam pilkada berhak untuk dihitung.

3. Terdapat Banyaknya Surat Suara Yang Rusak

Hal ini justru seharusnya dipersiapkan jauh-jauh hari agar tidak terjadi dalam setiap pemilihan berlangsung. Pasalnya kejadian ini telah berlangsung bukan hanya dalam pemilihan pilkada tahun sekarang saja. Pada tahun-tahun sebelumnya sering juga ditemukan hal serupa. Adapun dalam pilkada sekarang, ditemukan 151 kasus dalam pelanggaran tersebut. Dengan adanya kejadian yang sederhana ini dari setiap berlangsungnya pemilihan, seharusnya menjadi pelajaran dan PR besar bagi setiap penyelenggara.

4. Tidak Ditempelnya Visi Dan Misi Pasangan Calon Di Papan Pengumuman

Pelanggaran pilkada serentak tahun 2018 yang keempat adalah tidak ditempelnya visi dan misi pasangan calon di papan pengumuman. Hal ini justru seharusnya menjadi pekerjaan setiap TPS setempat. Agar setiap pemilih bisa membaca apa saja visi dan misi yang ditawarkan bakal si penyalon. Dengan begitu, si pemilih bisa lebih selektif lagi dalam memilih calon pemimpinnya.

5. Adanya Sejumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Yang Tidak Dipasang Di Papan Pengumuman

Pelanggaran pilkada serentak tahun 2018 selanjutnya adalah adanya sejumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak tidak dipasang di papan pengumuman. Padahal hal tersebut sangatlah penting untuk menguatkan sipemilih tersebut sebagai pemilih tetap yang sah.

6. Tidak Lengkapnya Kebutuhan Logistik Untuk TPS

Pelanggaran pilkada serentak tahun 2018 yang keenam adalah tidak lengkapnya kebutuhan logistik untuk  TPS. Kebutuhan tersebut berupa kotak suara, surat suara, tinta, bilik, pemungutan suara, segel, alat untuk memberi tanda pemilihan, serta pemungutan suara. Padahal hal-hal tersebut meskipun sederhana tapi menunjang kelancaran pemilihan berlangsung. Jika saja perlengkapan tersebut tidak terpenuhi maka akan menghambat jalannya pemilihan tersebut. Pada pilkada tahun ini tercatat ada 41 kasus mengenai pelanggaran tersebut.

7. Penemuan TPS Yang Sulit Untuk Dijangkau

Sedangkan pelanggaran pilkada serentak tahun 2018 yang terakhir adalah masih ditemukannya TPS yang sulit untuk dijangkau. Padahal semestinya TPS ini didirikan di tempat-tempat yang bisa orang jangkau. Karena jika TPS di tempatkan di tempat yang sulit dijangkau, dikhawatirkan akan banyaknya orang-orang yang memilih golput dengan alasan TPSnya yang terlalu jauh. Itulah beberapa pelanggaran pilkada serentak tahun 2018 yang berhasil ditemukan oleh Tim KPU. Dengan ditemukannya pelanggaran-pelanggaran tersebut tentunya harus menjadi pelajaran dan PR bagi kita semua. Baik itu tim yang menyelenggarakan atau kita sebagai pemilih. Agar pemilihan pun bisa berlangsung secara lancar dan damai.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button