BeritaIndonesia

Sekolah 3T Di Indonesia Mendapatkan Bantuan Di Bidang TIK

Pendidikan di Indonesia merupakan hak setiap bangsa untuk memperolehnya. Maka dari itu pendidikan merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Terlebih mengenai masalah pendidikan di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Baik itu pendidikan dari bidang tenaga pendidik maupun perlengkapan-perlengkapan yang menunjang pendidikan harus benar-benar diperhatikan. Akhir-akhir ini sekolah 3t di Indonesia telah mendapatkan bantuan di bidang TIK (teknologi informasi dan komunikasi). Bantuan tersebut diberikan oleh pusat teknologi informasi dan komunikasi pendidikan dan kebudayaan kemendikbud.

Pernyataan Kepala Pustekom Kemendikbud Mengenai Bantuan TIK Untuk Sekolah 3t Di Indonesia

Sebagaimana yang dijelaskan oleh kepala pusat teknologi informasi dan komunikasi pendidikan dan kebudayaan (pustekom) kemendikbud Gogot Suharwoto mengatakan. Meskipun berada di kawasan sekolah 3t seharusnya pembelajaran sekolah di seluruh wilayah Indonesia harus berkualitas dan setara dengan sekolah-sekolah lainnya yang berada di wilayah lain Indonesia. Maka dari itu, pustekom kemendikbud memberikan bantuan TIK kepada 682 sekolah 3t di Indonesia. Nantinya peralatan TIK itu bisa digunakan untuk menunjang proses belajar bagi peserta didik dan untuk bahan ajaran tambahan bagi para guru.

Gogot menjelaskan bahwa bantuan tersebut terdiri dari beberapa peralatan TIK. Peralatan tersebut berupa laptop beserta server mini dengan konten digital offline, access point, dan LCD proyektor. Namun bukan hanya barang tersebut saja. Pustekom kemendikbud juga menyediakan pelatihan kompetensi bagi guru TIK dan pemanfaatan pusat sumber belajar melalui gerakan rumah belajar (portal belajar online).

Gerakan tersebut nantinya akan diselenggarakan sebanyak 4 hari berturut-turut. Selain itu, Gogot juga mengatakan bahwa kemenkominfo dan kemendikbud sudah menyediakan bantuan jaringan internet untuk sekolah 3t di Indonesia dengan memakai USO (universal service obligation). Pemasangan jaringan internet di sekolah 3t di Indonesia ini tidak lain dan tidak bukan bertujuan agar perbatasan Indonesia menjadi pilar kedaulatan negeri ini.

Akses teknologi dan infrastuktur digital merupakan hal yang sangat penting sekali. Agar terciptanya koneksi antar warga untuk penguatan pendidikan, peluang ekonomi, serta penguatan nasionalisme di kawasan perbatasan dan pedalaman negeri ini. Maka dengan seperti itu, kerukunan dan rasa nasionalisme antar warganegara Indonesia bisa terjalin lebih erat lagi.

Dampak Positif Bantuan Perlengkapan TIK Kepada Sekolah 3t Di Indonesia

Sekolah 3t di Indonesia yang telah menerima bantuan perlengkapan TIK mempunyai perkembangan yang sangat pesat dan bagus. Diantaranya mereka dapat menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) seperti halnya dengan sekolah-sekolah lain. Soal-soal UNBK yang hanya tinggal diunduh dari server itupun sangat memudahkan para peserta ujian. Karena mereka tidak perlu lagi menunggu datangnya naskah soal dari kota. Selain itu juga dapat membuat ujian nasional lebih transparan dan efektif.

Selain itu, pentingnya akses teknologi dan keahlian guru dalam pengembangan TIK di sekolah 3t di Indonesia sangatlah penting sekali. Hal ini karena merekalah yang menjadi garis terdepan sebagai patriot bangsa. Mereka juga harusnya mendapat apresiasi yang lebih lagi oleh pemerintah. Mengapa demikian? Karena mereka telah berjuang dan bekerja keras dengan segala keterbatasan alat serta infrastruktur yang tersedia untuk mencerdaskan anak bangsa yang berada di kawasan 3t.

Maka tidak ada salahnya jika guru-guru yang mempunyai emban amanah mengajar di kawasan 3t di Indonesia ini diberikan apresiasi yang sebanyak-banyaknya. Dengan adanya apresiasi tersebut semoga bisa lebih memacu semangat para tenaga pendidik agar lebih giat lagi mencerdaskan anak bangsa yang berada di kawasan 3t. Sehingga mereka bisa bersaing dengan pelajar-pelajar lain yang berada di wilayah negara Indonesia bagian lainnya.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button