BeritaDunia

Inilah Penyebab Serangan Saudi Ke Yaman

Perang antar negara sejatinya dari dulu tak akan pernah usai. Baik perang antara negara-negara besar dan juga perang antar negara-negara yang kecil. Banyak hal yang menjadi latar belakang mengapa perang antar negara itu dapat terjadi. Diantara beberapa yang menjadi latar belakangnya adalah seperti perebutan kekuasaan, wilayah dan masalah lainnya. Perang antar negara biasanya terjadi dengan melibatkan beberapa persekutuan negara. Mereka saling bersekutu untuk memerangi negara lawan dengan sebuah tujuan yang besar. Tujuannya seperti dapat menguasai daerah lawan dan sebagainya. Salah satu perang berupa serangan antar negara yang terkenal adalah serangan Saudi ke Yaman yang terjadi beberapa tahun silam dan masih berlanjut aromanya sampai sekarang.

5 Penyebab Serangan Arab Saudi Ke Yaman

Perselisihan antara Arab Saudi dan Yaman dari dulu hingga sekarang memang tak pernah usai. Hal ini mengakibatkan kedua negara ini tak pernah akur meski berdekatan wilayah. Semua yang terjadi baik itu perang ataupun serangan pastinya dilatarbelakangi oleh beberapa sebab atau permasalahan awal yang terjadi pada waktu terdahulu. Peperangan atau serangan ini terjadi oleh karena beberapa sebab, latar belakang kemunculan serangan Saudi ke Yaman disebabkan oleh beberapa hal berikut ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

1. Faktor Kekuasaan Terhadap Wilayah Negara

Baik Arab Saudi maupun Yaman sama-sama merupakan negara islam yang besar, kuat, kokoh dan kaya. Selain itu kedua negara ini berada pada tempat yang berdekatan. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kedua negara besar ini memperebutkan daerah kekuasaan dari masin-masing negara. Arab Saudi yang tahu akan potensi yang besar terhadap negara Yaman ingin berusaha menjadikannya sebagai bagian wilayah kekuasaan. Hal inilah yang menjadi masalah utama terjadinya peperangan dan serangan demi serangan yang tiada pernah henti.

2. Persaingan Dalam Hal Persenjataan

Selain faktor wilayah, kedua negara ini juga sama-sama kuat di bidang kesiapan persenjataan. Baik Arab Saudi dan Yaman keduanya sama-sama memiliki kesiapan perang dengan persenjataan yang ada. Persaingan dalam hal persenjataan nampaknya menjadi salah satu penyebab terjadinya perang atau serangan ini. Sepertinya serangan dan peperangan yang terjadi merupakan bentuk ajang menunjukan kekuatan persenjataan masing-masing negara.

3. Keinginan Penguasaan Terhadap Sumber Daya Alam

Yaman adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya yang sangat melimpah. Seperti kekayaan minyak bumi dan gas alamnya. Hal ini menjadi salah satu pemicu Arab Saudi melakukan serangan terhadap negara Yaman, karena ingin menguasai sumber daya alam yang ada pada kekayaan alam Yaman yang ketersediaannya sangat melimpah tersebut. Selain itu disebabkan juga oleh faktor lain yang vital pada kedua negara.

4. Persaingan Di Bidang Ekonomi

Faktor penyebab ketiga peperangan dan serangan ini sering terjadi diakibatkan karena persaingan dalam hal masalah ekonomi kedua negara. Baik Arab Saudi maupun Yaman merupakan negara kaya yang memiliki pendapatan per kapita yang sangat besar. Hal ini menjadi salah satu bentuk persaingan antara kedua negara dalam hal kemajuan bidang ekonomi negara masing-masing. Mereka ingin menguasai jajaran negara terkaya di dunia. Kedua negara ini saling bersaing menonjolkan ekonomi terbaiknya.

5. Perselisihan Lama Yang Tak Kunjung Usai

Negara Arab Saudi dan negara Yaman adalah dua negara yang dari dahulu hingga sekarang selalu menyimpan konflik masa lalu yang suram. Kedua negara ini selalu bersaing mempertahankan negaranya masing-masing. Saling berebut kekuasaan dan berbagai masalah lainnya menjadi faktor pasti penyebab serangan Saudi ke Yaman.

 

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close