BeritaIndonesia

Pelindung NKRI TNI Indonesia Lawan Isu Hoax Di Masyarakat

Maraknya  penyebaran berita Hoax di jagat maya saat ini ternyata sudah tersusun secara rapi. Jika Anda membaca kabar miring yang bertebaran di media social, anda jangan mudah percaya dan sebaiknya perlu memeriksa sumber informasinya. Jika sumbernya informasinya tak jelas, Anda perlu waspada dan jangan cepat menyebarluaskannya. Kemungkinan Anda adalah salat satu korban dari kelompok penyebar hoax (kabar bohong)dan sentimen SARA. Dan saat ini TNI Indonesia lawan isu hoax akan berperan penting dalam pembasmian hoax.

Sebagai Pelindung NKRI, TNI Indonesia Lawan Isu Hoax

Beberapa waktu yang lalu sindikat Saracen telah terbongkar. Sindikat ini merupakan kumpulan orang-orang yang aktif menyebarkan hoax atau berita bohong yang mengandung unsur SARA di media sosial. Memang merupakan hal ini sudah  terorganisir, bukan semata-mata aksi individu dan karena uang semata. Diduga ada indikasi-indikasi lain untuk kepentingan kelompok yang disengaja untuk menjatuhkan pemerintah agar timbul kekacauan. Hal tersebut sangat berbahaya bagi keutuhan NKRI tercinta.

Modusnya yang dilakukan sejak bulan November 2015 ini, nantinya akan mengirimkan proposal kepada sejumlah pihak. Yang kemudian menawarkan jasa untuk penyebaran ujaran kebencian bernuansa SARA di media sosial. Memang itu terlihat seperti hanya uang semata, namun dibalik itu semua adalah kejahatan yang luar biasa, karena ini akan melibatkan semua anak bangsa untuk saling membenci dan saling menyakiti.

TNI sebagai garda terdepan dan sekaligus sebagai benteng terakhir bangsa, harus senantiasa menjunjung tinggi komitmen untuk mempertahankan dan membela keempat pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) yang menjadi konsensus dasar dalam berbangsa dan bernegara. Dengan demikian TNI akan tetap konsisten dan berkomitmen menindak tegas  oknum-oknum, kelompok maupun golongan tertentu dalam masyarakat yang berkeinginan untuk menggoyang empat pilar yang sudah menjadi konsensus bangsa ini. Dan sebisa mungkin agar TNI lawan Indonesia isu hoax yang ada.

Lemahnya tali perekat rasa kebangsaan maupun semangat nasionalisme terhadap bangsa Indonesia merupakan  ancaman tersebut tidak boleh dibiarkan sampai berlarut-larut.  Disamping dapat mengurangi kewibawaan pemerintah juga sangat mengganggu ketenangan masyarakat, yang pada muaranya dapat menimbulkan keresahan sosial.  Indonesia adalah bangsa besar yang terdiri dari masyarakat majemuk. Namun, keragaman dan perbedaan itu tidak boleh menjadi sumber konflik namun bisa dijadikan pembelajaran yang dapat dijadikan suatu kemajuan dan kemakmuran bangsa.

Perkembangan Teknologi Sasaran Berita Hoax

Kecanggihan dan perkembangan teknologi internet yang saat ini sedang mengalami peningkatan yang tajam membuat segala informasi yang berasal dari dalam maupun luar negeri dapat dengan mudahnya diakses oleh semua orang dari berbagai kalangan. Kini, kita tidak hanya melihat berita dari televisi, radio,surat kabar, majalah dan filem kita dapat mencari dan memperbaharui informasi dari internet. Kita mau mencari apa saja di internet sudah tersaji. Betapa luar biasa internet bisa membatu informasi yang baik maupun yang jelek sekalipun disitu ada.

Menyikapi maraknya  berita-berita bohong (hoax) yang dapat menyebabkan perpecahan, membahayakan persatuan dan kesatuan, kebhinneka tunggal ikaan, dan munculnya kebencian diantara anak bangsa, maka  perlu  upaya-upaya dari semua komponen masyarakat untuk menyikapi media sosial ini dengan pembelajaran, kedewasaan, penuh kehati-hatian. Berita bohong ini memang diciptakan untuk tujuan tertentu dengan memanfaatkan media sosial yang begitu cepat mencapai kepada masyarakat sebagai propaganda kelompok tertentu. Akibatnya, apapun akan dilakukan untuk memenangkan tujuan yang akan dicapai tersebut. Dengan TNI Indonesia lawan isu hoax, NKRI bisa aman.

Mari sama-sama menjadi orang yang tidak mudah tertipu oleh sebuah berita. Mari kita mulai bersikap kritis dan skeptis terhadap semua informasi yang diterima. Karena sikap kritis dan skeptis akan membuat kita selalu ingin tahu. Dan sifat selalu ingin tahu ini akan membangkitkan semangat belajar sehingga pengetahuan akan semakin bertambah. Namun jangan begitu saja percaya pada sebuah artikel dan pemberitaan yang ada di dunia maya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi barokah untuk NKRI dan seluruh bangsa Indonesia, amin

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button