Bisnis

5 Bisnis Dalam Dunia Musik Yang Menjanjikan Untuk Saat Ini

Sekarang ini musik seakan menjadi kebutuhan yang tidak terlepas dari kehidupan. Mulai anak muda, dewasa hingga tua menyukai musik sebagai bagian dari irama kehidupan. Selain itu, musik tidak lagi hanya sebatas hiburan, namun bahkan dapat dimanfaatkan sebagai karir dan bisnis. Berikut adalah 5 Bisnis dalam dunia musik yang menjanjikan:

1. Buka Studio Musik

Bisnis dalam dunia musik bisa dengan membuka studio musik. Rental-rental band masih banyak ditemukan di kota besar hingga desa-desa kecil. Jika ingin buka studio musik, perhatikan dulu peta pasar yang akan ditargetkan.

Semakin bagus iklim musik di suatu daerah, kebutuhan studio musik dengan perlengkapan lengkap makin besar. Hal ini berpengaruh pada persaingan antar-studio. Studio dengan peralatan musik yang lengkap, akan lebih berpeluang dipilih.

Nilai untuk investasi buka studio musik bervariasi. Alat musik yang paling mendasar adalah satu set drum, keyboard, dua gitar, satu bas gitar, dan tiga mikrofon. Adapun kelengkapannya adalah sound, kabel, pedal efek, hingga lampu dan peredam suara.

Hal yang perlu diperhatikan adalah biaya listrik untuk studio. Biaya yang di keluarkan ini untuk menentukan besaran sewa studio per jam.

2. Jual Alat Musik dan Musik Digital

Banyak sudah yang berhasil dengan bisnis musik tradisional ataupun modern ini. Salah satu diantaranya Ikrar Mallarangeng. Jika, benar-benar berbakat sebagai seniman atau musisi. Cobalah untuk menabung masa depan lewat bisnis ini.

Selain menjual alat musik, adanya media sebagai salah satu sumber utama untuk dapat menikmati berbagai ragam genre musik, menjadikan eksistensi musik digital menjadi sangat penting. Fakta yang menunjukkan bahwa setiap orang dapat mendownload sekitar 13.000 lagu setiap menitnya.

Dengan lewat situs penjualan online itunes/ platform musik lainnya, menjadi fenomena yang luar biasa di dunia. Musik digital ini akan diramalkan menjadi sektor ekonomi kreatif masa depan yang dapat mengintegrasikan komunikasi dengan musik dan hiburan.

3. Home Recording

Home recording atau rekaman sendiri di rumah. Sering dijadikan pilihan oleh musisi berbujet minim. Untuk membantu para musisi ini dengan mendirikan bisnis home recording sendiri. Bisnis ini, bagusnya, tidak perlu banyak perlengkapan atau ruangan yang luas untuk rekaman.

Perlengkapan yang diperlukan untuk rekaman dirumah, cukup hanya, pastikan ada laptop dengan program rekaman yang mumpuni. Serta berbagai perlengkapan penting seperti peredam, recorder, mikrofon, kabel, dan alat musik dasar.

Bisnis home recording, tidak hanya bisa untuk soal rekaman. Selain itu, bisa menawarkan jasa mastering dan lagu, bahkan workshop bagi band dan musisi  pemula yang hendak melakukan rekaman perdana.

4. Guru Musik

Menjadi guru musik privat bisa jadi pilihan jika ingin bisnis dalam dunia musik. Jika ingin jadi guru musik, minimal harus bisa baca not nada. Dan khususnya bila untuk musik klasik. Artinya, harus ada pendidikan musik terlebih dahulu untuk menjadi guru musik privat.

Sertifikat pendidikan musik itu yang bisa dimanfaatkan untuk promosi. Guru musik privat bisa menentukan tarif dan jadwal sendiri, beda kalau bergabung ke institusi pendidikan musik khusus.

Tetapi, tanggung jawab mendidik murid lebih besar. Maka dari itu harus tekun dan serius bila memang berniat jadi guru musik privat.

5. Bisnis Sekolah Musik

Mempunyai usaha sekolah musik menjadi sangat populer. Pasalnya, musik menjadi pilihan untuk banyak anak muda jaman sekarang lewat berbagai ajang-ajang pencarian bakat bermusik. Bisnis ini juga menjadi salah satu prospek hidup yang menjanjikan di kemudian hari.

Hal yang perlu di perhatikan adalah menentukan segmen pasar, kurikulum sekolah, tenaga pengajar serta jenis alat musiknya. Jika sudah menyadari potensi pada bidang musiknya. Maka manfaatkan kemampuan tersebut sebagai sumber pendapatan bisnis dalam dunia musik,  yang satu ini.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close