Bisnis

6 Cara Mengatasi Persaingan Tidak Sehat Dalam Bisnis

Bisnis dalam bentuk besar maupun kecil, berjalan seperti perlombaan yang tak ada habisnya. Setiap hari ada bisnis baru yang lahir. Bisnis yang dijalankan secara offline maupun online harus terus berkembang karena menjadi mata pencaharian pemiliknya. Hal ini memunculkan masalah dalam hal persaingan antar bisnis. Jika bisnis sedang berkembang, biasanya ada orang yang ingin melakukan hal-hal curang. Berikut adalah cara mengatasi persaingan tidak sehat dalam bisnis online.

1. Jangan Menggunakan Kelicikan Yang Sama

Yang pertama harus ditanamkan dalam diri seorang pebisnis adalah, bahwa pekerjaan yang dilakukan harus bersih dan tidak melukai orang lain. Jika tidak ingin dicubit, maka jangan mencubit harus benar-benar diterapkan. Misalnya jika seseorang mengambil foto di instagram tanpa izin. Kemudian, orang itu mengunggah foto tersebut di halaman mereka, maka pemilik foto tidak boleh terpancing untuk melakukan hal yang sama.

2. Tenangkan Diri

Rasa marah mungkin akan datang ketika dicurangi orang lain. Hal kedua setelah menahan untuk tidak melukai kembali tersangka adalah dengan menenangkan diri. Jika hati dan pikiran tenang, maka tidak akan ada huru hara yang mungkin terjadi.

Selain itu, seorang pemilik bisnis besar haruslah elegan dan menjaga sikap. Hal ini sangat penting karena menunjukkan sikap kedewasaan dalam diri pemilik bisnis.

3. Tingkatkan Teknik Marketing

Dalam rangka meningkatkan penjualan, langkah berikutnya untuk mengatasi persaingan tidak sehat dalam bisnis adalah dengan memperbaiki diri. Salah satunya dengan meningkatkan teknik marketing.

Semakin bagus teknik pemasaran, maka penjualan meningkat. Jika penjualan meningkat, pemilik bisnis tidak akan khawatir dicurangi karena sudah memiliki pelanggan sendiri.

4. Berikan Tanda Ciri Khas Produk

Jika produk yang dijual adalah produksi sendiri, maka berikan ciri khas yang sulit diikuti orang lain. Misalnya bordiran khusus pada pakaian yang harus dijahit manual. Atau warna-warna pilihan yang sulit ditemui di toko biasa.

Namun, kalau bisnis masih menjual barang milik orang lain, berikanlah ciri khas dalam hal pengemasan atau servis. Misalnya, pakai plastik atau kertas pembungkus khusus yang bertuliskan nama toko.

Kumpulkan testimoni mengenai kualitas produk yang dijual. Kemudian unggah dan tempatkan dengan rapi. Pisahkan antara produk yang dijual dengan testimoni sehingga calon pembeli lebih mempercayai toko tersebut dibanding pesaing lainnya.

5. Gunakan Iklan yang Efektif

Semua marketplace saat ini memberikan fitur iklan. Sebagai pengguna marketplace, cara mengatasi persaingan tidak sehat dalam bisnis adalah dengan membangun reputasi yang baik di marketplace tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan memasang dan berlangganan iklan. Dengan iklan, toko akan lebih sering dilihat oleh calon pembeli. Selain itu, toko yang rajin mengiklankan barang akan terlihat lebih bisa dipercaya oleh pembeli. Sehingga pembeli akan lebih memilih untuk berbelanja di toko yang memasang iklan.

6. Tentukan Harga yang Kompetitif

Musim flash sale saat ini sedang terjadi. Bahkan ada marketplace yang mengadakan flash sale setiap hari. Jika memungkinkan, mengajukan toko untuk flash sale juga merupakan strategi yang bagus untuk mengatasi persaingan tidak sehat dalam bisnis.

Dia yang menyaingi dengan cara tidak sehat pasti tidak mau banyak merugi. Maka bisnis yang berani memberikan harga bersaing akan lebih disukai pembeli.

Keenam cara diatas dapat diterapkan pada bisnis yang baru mulai dikembangkan ataupun sudah besar. Hal yang terpenting dalam bisnis dan pekerjaan apapun adalah sabar. Dunia industri kreatif dan pemasaran saat ini memang berkembang pesat. Hal ini menyebabkan banyak orang ingin cepat sukses sehingga tak sungkan mengganggu bisnis orang lain.

Kunci keberhasilan dari mengatasi persaingan tidak sehat dalam bisnis adalah tetap tenang dan bersikap baik kepada pelanggan. Kejahatan tidak akan berlangsung lama. Maka berbuat baik dalam berbisnis akan membawa dampak yang positif bagi pebisnis.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button