Bisnis

6 Cara Usaha Fotocopy Yang Sukses Dan Wajib Dicoba

Belajar cara usaha fotocopy yang sukses tentu menjadi dasar yang musti dilakukan agar tidak sekedar aji mumpung. Usaha fotocopy memang termasuk jenis usaha yang menarik, dikatakan demikian karena masa depannya bagus. Sebab dibutuhkan oleh banyak orang dari berbagai kalangan terutama kalangan pelajar dan mahasiswa.

Menjajal peruntungan di usaha satu ini tentu menarik untuk dilakukan, dan tentunya kebutuhan modalnya tidak terlalu mencekik. Agar hemat peminatnya bisa memulai usaha ini dengan mengandalkan mesin fotocopy bekas. Setelah omzet merangkak naik baru kemudian membeli mesin fotocopy baru. Namun sebelumnya, silahkan pelajari beberapa cara usaha fotocopy yang sukses berikut:

1. Menentukan Lokasi Usaha

Usaha fotocopy tentunya murni usaha offline sebab layanannya perlu dituju langsung untuk keperluan saat itu juga. Maka membahas lokasi menjadi prioritas karena lokasi membantu menemukan dan ditemukan target pasar. Paling ideal untuk usaha ini adalah lokasi yang berdekatan dengan kantor, sekolah, dan kampus.

Semakin strategis lokasinya semakin mudah diketahui dan dikenal target pasar. Meskipun tidak menyebar brosur atau melakukan promosi apapun. Faktor lokasi sudah sangat membantu mendongkrak omzet dan menggaet lebih banyak pelanggan.

2. Menyediakan Mesin Fotocopy Terbaik

Hasil fotocopy juga perlu diperhatikan dengan seksama karena menentukan kepuasan pengguna jasa. Dianjurkan untuk mengutamakan mesin fotocopy berkualitas baik dari segi daya tahan sampai hasil copyannya. Cari info dulu merek dan tipe mesin fotocopy mana yang hasilnya bagus untuk usaha. Jika terlalu mahal silahkan beralih ke versi setengah pakainya.

3. Memilih Banner Atau Papan Nama Yang Tepat

Tidak sedikit pemilik usaha fotocopy tidak menyediakan papan nama maupun banner akan tetapi selalu ramai. Bisa jadi karena jam terbangnya sudah tinggi atau karena faktor lokasi yang menguntungkan. Namun, jika tidak seberuntung ini silahkan menyediakan papan nama yang tepat.

Papan nama yang tepat dan jelas masuk ke dalam cara usaha fotocopy yang sukses yang wajib diperhatikan. Sehingga siapa saja yang melintasi tempat usaha ini bisa langsung tahu ada tempat fotocopy. Ditambah bisa tahu pula jasa apa saja yang disediakan, sehingga ketika butuh akan langsung datang. Apalagi papan nama juga masuk ke dalam media promosi offline.

4. Sediakan Jasa Dan Produk Tambahan

Sekedar membuka gerai fotocopy saja barangkali memang ramai, namun sebatas melayani orang yang perlu duplikasi dokumen. Bagaimana jika jenis jasa dan produk yang disediakan ditambah? Pertimbangkan untuk menyediakan ATK jenis dan merek apapun agar pengunjung bisa sekalian memenuhi kebutuhan tersebut. Bisa pula membuka jasa pengetikan dan sewa komputer.

5. Tetap Ramah Dan Profesional

Keramahan menjadi penting dalam usaha fotocopy karena termasuk usaha di bidang jasa. Jadi salah satu cara usaha fotocopy yang sukses adalah dengan memberi layanan sebaik mungkin. Tidak terlupa pula untuk bekerja profesional, melayani tanpa pandang bulu dan jam operasionalnya jelas.

6. Tekan Biaya Operasional

Meski usaha fotocopy ini prospeknya cerah dan gemilang ketika bertengger di lokasi strategis. Namun keuntungan per transaksinya lumayan kecil, maka perlu membuatnya ramai kebanjiran pelanggan. Sekaligus cermat mengelola uang usaha yakni dengan menekan biaya operasional. Dimulai dari listrik, air, dan juga karyawan yang sebaiknya dimulai dari tenaga sendiri.

Membuka usaha fotocopy memang memberi prospek menarik, sebab termasuk usaha jangka panjang. Namun bukan berarti dikelola sembarangan karena faktanya tidak sedikit yang gulung tikar. Resiko ini bisa ditekan dengan mempraktekkan beberapa cara usaha fotocopy yang sukses yang diulas di atas.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button