Bisnis

7 Cara Bisnis Travel Bagi Pemula

Sebelum mengetahui bagaimana cara bisnis travel, alangkah baiknya harus mengetahui apa maksud dari bisnis travel tersebut. Bisnis travel merupakan perjalanan wisata yang cukup menjanjikan saat ini. Semakin tinggi kesibukan seseorang, tujuan wisata menjadi salah satu hal yang dibutuhkan untuk refreshing.

Bisnis travel merupakan usaha yang dapat dimulai dengan modal usaha yang minim. Untuk memulainya pun hanya memerlukan ketekunan dan kemampuan yang cukup pandai melihat peluang. Untuk mempersiapkan segala sesuatu, tidak perlu menyiapkan hal-hal yang bersifat administratif dan ketersediaan finansial yang lebih. Berikut beberapa cara bisnis travel, diantaranya :

1. Pilih Jenis Usaha Travel

Sebelum memulai berbisnis di jasa travel, pebisnis wajib menentukan jenis travel apa yang ingin digeluti. Jenis jasa travel yang paling banyak diminati adalah perjalanan ke destinasi pariwisata, tiket pesawat terbang.

Selain itu, jasa travel lainnya yaitu tiket bus, sewa kendaraan/mobil, pengurusan visa dan paspor, pemesanan kamar hotel dan lain sebagainya. jika pebisnis sudah memilih, maka pebisnis akan fokus dengan pilihan tersebut. Selain itu, pebisnis akan lebih mudah untuk mempelajari hal-hal yang diperlukan.

2. Buat Profil Usaha

Cara bisnis travel yang selanjutnya setelah memilih jenis usaha travel adalah membuat profil usaha. Tulis profil usaha dengan baik dan meyakinkan calon pengguna jasa bisnis travel. Kredibilitas bisnis dipengaruhi oleh profesionalitas pada profil yang tertera. Tulis profil usaha travel yang dijalankan serta  keunggulannya.

3. Pilih Target Lokasi Wisata

Jika jasa travel yang ditawarkan adalah wisata, maka target yang dipilih adalah target wisata yang akan ditawarkan kepada pengguna travel. Setiap daerah mempunyai tujuan wisata berupa wisata asli dari alam atau wisata buatan seperti taman rekreasi atau taman hiburan.

Selain itu juga bisa berupa wisata sejarah dan wisata kuliner. Dalam menawarkan jasa travel kepada pengguna travel, pebisnis harus mempunyai database dari setiap tempat wisata. Data yang menyangkut contact person dari pengelola tempat wisata, harga tiket, dan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam sebuah perjalanan wisata.

4. Buat Nama Dan Merek Bisnis Travel

Cara bisnis travel selanjutnya membuat nama dari bisnis travel dan mendaftarkan merek bisnis travel. Pebisnis dapat membuat nama usahanya yang mudah diingat dan tidak pasaran di kalangan masyarakat.

Selanjutnya yang terpenting adalah mendaftarkan merek bisnis travel. Pebisnis tidak memiliki kuasa secara hukum atas merek dari bisnis, jika tidak mendaftarkan merek bisnisnya pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

5. Buat Paket Untuk Menarik Minat

Setelah pebisnis menyusun apa saja yang dibutuhkan, maka buatlah paket untuk menjadi pilihan para pengguna jasa travel. Dengan memberikan banyak alternatif pada konsumen, akan membuat konsumen menarik pada bisnis travel yang sedang dijalani.

Karena dengan begitu konsumen akan memiliki pilihan dan punya pertimbangan yang diambilnya. Paket travel bisa berupa jumlah hari, tujuan yang diambil dan juga potongan harga.

6. Siapkan Peralatan Pemasaran

Dalam menjalankan bisnis travel, pebisnis harus memiliki senjata dalam menjual atau menawarkan jasanya kepada calon konsumen. Pertama siapkan kartu nama, kartu nama merupakan salah satu alat pemasaran untuk bisnis jasa travel.

Selain itu, akun media sosial yang dapat memudahkan calon konsumen menemukan secara menyeluruh jasa dan paket yang ditawarkan dalam bisnis. Dengan cara ini, pebisnis dapat mempromosikan usahanya kepada khalayak umum dengan mudah dan cepat. Menggunakan media sosial, merupakan kesempatan untuk menjangkau konsumen di luar kota atau daerah.

7. Perluas Kerjasama Bisnis

Selanjutnya, dengan melakukan kerjasama dengan banyak pihak yang berhubungan dengan bisnis travel yang dijalankan. Peluang kerja sama ini, akan membantu pebisnis dalam menjalankan bisnis. Selain itu, pebisnis dapat memperkenalkan bisnis usahanya melalui teman dan kerabat.

Itulah beberapa ulasan tentang 7 cara bisnis travel yang dapat dicoba bagi pebisnis yang tertarik dalam usaha berbisnis travel. Dengan modal usaha yang minim serta niat dan tekad yang kuat, pemula dapat menjalankan bisnis ini.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button