Bisnis

7 Ide Bisnis Kreatif Minim Modal Yang Cocok Buat Mahasiswa

Ide bisnis kreatif yang Patut di coba

Ide bisnis kreatif minim modal yang dapat dijalankan oleh Anda yang masih berstatus mahasiswa, yang ingin mulai belajar hidup mandiri dan tidak hanya selalu mengandalkan uang kiriman orang tua. Seiring dengan berkembangnya zaman, mahasiswa semakin memiliki banyak tuntutan dan kebutuhan.

Mahasiswa dituntut untuk berpikir kreatif, misalnya memanfaatkan momen saat berkuliah ini untuk mulai merintis sebuah bisnis. Dengan mengandalkan kreativitas, kejelian melihat peluang, dan keberanian untuk mengambil risiko, banyak peluang ide bisnis bermodal kecil yang dapat dijalankan mahasiswa. Saat ini, ada beragam ide bisnis yang bisa Anda jalankan sebagai mahasiswa, yang dapat disesuaikan dengan minat, bakat, dan keterampilan yang Anda miliki. Simak 7 ide bisnis kreatif dengan modal minim yang cocok dijalankan oleh mahasiswa berikut ini.

Bisnis Online Shop

Ide bisnis kreatif dengan modal minim yang paling tenar adalah bisnis online shop. Anda bisa menjual berbagai macam barang seperti fashion, kosmetik, barang elektronik, pernak-pernik, dan berbagai jenis kebutuhan yang lainnya. Saat ini, sudah tersedia begitu banyak forum jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi bagi para penggunanya. Anda juga dapat menjualkan barang orang lain dari reseller maupun dropship dan memperoleh hasil yang lumayan tanpa membutuhkan modal banyak.

Jasa Les Privat

Ide bisnis berikutnya yang dapat Anda jalankan sebagai mahasiswa yaitu les privat dengan memberikan pelayanan jasa pendampingan belajar untuk berbagai kalangan mulai dari sampai kuliah, tergantung keterampilan yang Anda kuasai. Saat ini sudah terdapat beberapa perantara layanan jasa les privat online yang bisa Anda daftar.

Menawarkan Jasa Kemampuan Diri di Internet

Jika Anda memiliki kemampuan khusus yang menjual, misalnya mendesain, coding, menulis, menerjemahkan, marketing, dan sebagainya, tawarkan jasa Anda di dunia maya. Mulailah dengan branding diri di internet, misalnya melalui media sosial atau blog. Bergabunglah di platform online pekerja freelance yang banyak tersedia di internet.

Bisnis Makanan Ringan

Bisnis menjual makanan ringan bisa dijalankan saat jeda singkat pergantian mata kuliah, karena banyak orang suka dengan camilan atau makanan ringan tapi malas pergi keluar. Makanan ringan seperti snack, jajanan traditional ringan, hingga air mineral sangat dibutuhkan teman-teman Anda untuk mengganjal perut yang lapar saat kuliah.

Jasa Tour and Travel

Bagi Anda yang menyukai kegiatan traveling serta pintar melakukan perancangan perjalanan wisata, memulai bisnis travel agen bisa jadi ide bisnis kreatif minim modal yang dapat Anda jalankan. Membuka usaha jasa tour and travel bagi pemula sebenarnya tidak memerlukan modal yang besar, melainkan membutuhkan banyak koneksi untuk mencari maskapai penerbangan maupun pengelola tempat wisata yang bisa Anda ajak bekerja sama.

Bisnis Clothing Line

Ide bisnis untuk mahasiswa yang berikutnya adalah bisnis jual kaos. Anda harus membangun hubungan dengan tempat konveksi dan tempat sablon untuk mulai menggeluti bisnis ini. Anda juga perlu berpikir kreatif dalam membuat desain kaos yang keren dan memiliki daya jual. Anda juga dapat membuka jasa custom design kaos.

Bisnis Handmade Untuk Kado

Bisnis menjual barang handmade mudah dikerjakan dan cenderung minim modal. Manfaatkan media sosial untuk memperkenalkan hasil karya Anda dalam membuat kerajinan tangan yang cocok sebagai kado wisuda, pernikahan, dan momen spesial lainnya.

Itulah 7 ide bisnis kreatif minim modal yang cocok untuk dirintis oleh mahasiswa. Cukup menjanjikan dan mudah untuk dilakukan bukan? Tentu bisnis yang Anda jalankan dapat berkembang dan berjalan dengan lancar, jika Anda memiliki niat dan usaha keras dalam mengelolanya. Sudah siap merintis bisnis sambil kuliah? Selamat mencoba, semoga berhasil!

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close