Bisnis

5 Bisnis Sampingan Yang Mudah Di Jalankan

Dengan harga kebutuhan hidup yang semakin hari semakin meningkat, terkadang penghasilan utama saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk membuka usaha sampingan sebagai sumber penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bisnis sampingan yang mudah di jalankan biasanya adalah model bisnis yang dapat dijalankan di sela-sela kesibukan, selepas jam kerja atau pada hari libur. Usaha sampingan ini bahkan dapat menghasilkan keuntungan yang besar, Jika di jalankan dengan sungguh-sungguh. Bagi Anda yang ingin mempunyai bisnis sampingan, berikut beberapa contoh bisnis sampingan yang mudah di jalankan :

1. Melakukan Jasa Sebagai Fotografer Lepas

Walau saat ini banyak orang memilih memakai jasa event organizer yang biasanya menyediakan sekaligus tenaga fotografer. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan bisnis sampingan sebagai fotografer lepas di acara-acara tertentu. Misalnya, di saat ada acara resepsi pernikahan, akikah, pertunangan. Atau jika Anda berada di wilayah tempat wisata, Anda bisa menawarkan jasa foto untuk para pengunjung yang sedang berada pada tempat wisata tersebut. Bisnis sampingan yang mudah di jalankan ini hanya bermodalkan kamera dan keahlian atau skill  fotografi Anda. Jika Anda belum paham bagaimana cara setting kamera agar dapat foto yang bagus, Anda bisa melihat tutorial di internet, di Youtube misalnya.

2. Menjual Foto Di Internet

Jika Anda senang memotret dan hasil foto Anda bagus. Mengapa tidak menjualnya ke internet sebagai bisnis sampingan? Anda bisa menjual foto hasil karya Anda ke situs foto populer yang ada di internet. Di internet bisa memberikan komisi untuk foto yang Anda jual mulai 15% sampai 30% per foto. Modalnya, cukup dengan kamera foto professional dan skill fotografi. Bisnis sampingan ini juga tidak memakan banyak waktu. Bisa Anda kerjakan di tengah kegiatan utama Anda.

3. Makelar Kendaraan Bermotor

Makelar sepeda motor dan mobil juga bisa Anda jadikan sebagai bisnis sampingan yang mudah di jalankan dengan hasil lumayan. Walau saat ini sudah banyak situs online yang membuka jual beli kendaraan, tapi tidak sedikit orang yang lebih nyaman membeli kendaraan bermotor dari orang yang mereka kenal dengan baik. Manfaatkan ponsel Anda untuk memasarkan barang makelaran, dan pastikan Anda menjalankan pemasaran dengan jujur pada konsumen supaya loyalitas pada konsumen terbangun. Pendapatan dari bisnis sampingan ini lumayan. Bisa mencapai 5%-10% dari nilai transaksi jual beli.

4. Melakukan Desain Grafis

Bila Anda saat ini menjalani profesi sebagai desain grafis. Anda bisa menjalani bisnis sampingan yang mudah di jalankan ini dengan menjadi freelance graphic designer. Manfaatkan platform marketplace desainer online yang ada di Indonesia. Atau juga bisa menjangkau pasar luar negeri untuk mendapatkan proyek desain. Modal bisnis sampingan ini hanya cukup dengan skill, jaringan internet dan software design.

5. Menjadi Vlogger

Vlogger merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media perangkat dari ponsel berkamera, kamera digital, atau kamera murah yang dilengkapi dengan mikrofon merupakan modal yang mudah untuk melakukan aktivitas blog video. Anda bisa meng-upload vidio Anda di channel Youtube. Tentukan segmen apa yang ingin Anda garap sebagai Vlogger. Apakah ingin membahas vlogger khusus review barang-barang tertentu, atau membahas seputar make up dan kecantikan, vlogger kuliner, dan lain sebagainya. Anda akan mendapatkan penghasilan lumayan bila video Anda banyak di tonton banyak orang. Google bisa memberikan bayaran lebih dari Rp 7 juta bila video Anda ditonton hingga 1 juta viewer.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close