Bisnis

Mengenal 4P, Kunci Cara Menjual Barang Murah Menjadi Mahal

Mau tahu cara menjual barang murah menjadi mahal? Sebenarnya tidak sulit, asalkan tahu kuncinya. Dalam memasarkan sebuah barang kalian harus mempunyai strategi penjualan agar barang cepat laku, apalagi mau menjual barang yang sebenarnya murah menjadi mahal. Kalian butuh memahami beberapa hal sebelum mulai menjual produk supaya usaha terus berjalan dengan menghasilkan laba yang besar.

Dalam berjualan kuncinya adalah 4P, apa itu 4P? 4P adalah singkatan dari Price, Product, Promotion, Place. Jadi dalam berjualan kita harus memahami 4P tersebut sebagai salah satu cara menjual barang murah menjadi mahal. Mari kita uraikan empat kunci berjualan diatas.

1. Price

Cara menjual barang murah menjadi mahal yang pertama harus diperhatikan adalah “Harga”. Apa yang orang pikirkan jika mendengar diskon? Banyak pedagang memberikan diskon sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen. Tidak tangung-tangung, bahkan mereka bisa memberikan diskon 50% hingga 99%, dan apa yang terjadi? Semua orang berlomba-lomba berburu diskon.

Apakah benar seperti itu? Coba kalian pikir, mana ada pedagang yang mau rugi dengan memberikan diskon besar. Kalau dilogika mereka sudah menaikkan harga jual hingga 100%, karena tidak ada pedagang yang mau rugi. Sebisa mungkin hindari menjual barang murah sampai cenderung seperti menjual barang murahan. Jadi jangan takut untuk menjual barang lebih mahal, karena kita punya harga. Jangan sampai kita menjual barang murah hingga dicap murahan karena tidak bisa menjual barang mahal.

2. Product

Salah satu faktor penting dalam berjualan adalah “Produk”. Walaupun barang yang mau dijual adalah barang murah, kalian bisa menjualnya mahal. Tapi ada yang harus diperhatikan agar produk yang dijual laku dengan harga mahal. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

a. Kemasan

Apa yang pertama kali orang lihat jika ingin membeli barang? Pastinya kemasan, jika kemasan yang dilihat tidak menarik pasti tidak ada dorongan untuk membeli barang tersebut, apalagi setelah mendengar harganya yang mahal. Berbeda jika barang tersebut dikemas dengan bagus, pasti orang akan tertarik membeli barang tersebut, meskipun sebenarnya isinya adalah barang murah tapi kita bisa menjual dengan harga mahal.

Sebagai contoh, donat misalnya, donat yang harganya 5.000 jika hanya dibungkus plastik bening orang pun akan berpikir kembali untuk membeli. Berbeda dengan yang dibungkus kardus yang bagus, pasti orang tertarik untuk membeli, walaupun sebenarnya harganya sama,  kita bisa menjual dengan harga 10.000.

b. Kualitas

Yang tidak kalah penting dari sebuah produk adalah kualitas, meskipun barang yang dijual barang murah, harus dipastikan kualitasnya juga bagus. Jika hanya kemasannya yang bagus orang akan merasa tertipu jika kualitasnya tidak bagus, dan bisa dipastikan orang tidak akan kembali membeli barang yang kita jual.

3. Promotion

Yang tidak boleh ketinggalan dalam berjualan adalah “Promosi”. Sebisa mungkin jika kita berjualan harus melakukan promosi secara maksimal. Biarpun barang yang dijual adalah barang murah jangan sampai kita melakukan promosi ala kadarnya, apalagi barang tersebut mau dijual dengan harga mahal.

Kalau barang mau terkesan mahal pastikan foto dengan bagus, jangan hanya foto dengan smartphone yang kualitas gambarnya kabur karena itu akan terlihat seperti barang murahan.

4. Place

Terakhir, cara menjual barang murah menjadi mahal yang harus diperhatikan adalah “Tempat” dimana kita menjual barang tersebut. Misalnya kopi, kopi yang dijual di angkringan pinggir jalan beda jauh harganya dengan kopi yang dijual di starbucks, padahal sama-sama kopi. Tempat menjadi faktor pendukung yang penting dalam berjualan, tempat yang bersih dan nyaman ditambah fasilitas pendukung maka kita bisa menjual barang yang sebenarnya murah menjadi mahal.

Demikian beberapa cara menjual barang murah menjadi mahal yang bisa kalian pelajari, semoga dapat membantu dalam mengembangkan usaha kalian.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close