Bisnis

4 Ide Bisnis Kreatif Yang Jarang Ada Dengan Modal Yang Minim

Bisnis kreatif semakin memiliki banyak peminat. Alasan menjadi bos untuk diri sendiri menjadi daya tarik bagi sebagian besar pelaku bisnis kreatif. Dengan sistem teknologi informasi yang semakin digandrungi, kini bisnis kreatif bisa Anda lakukan dengan modal minim. Anda bisa memulai bisnis kreatif Anda dengan membuka toko online dengan sistem pemesanan. Berikut beberapa ide bisnis kreatif yang jarang ada dan bisa Anda gunakan.

1. Jajanan Pasar

Semakin banyak beredar jajan dan camilan modern, keberadaan jajanan pasar masih banyak dicari. Ambillah peluang bisnis ini dan buka usaha jajanan pasar. Jika Anda tidak bisa membuat jajanan pasar sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan orang yang bisa membuatnya sehingga Anda hanya perlu memasarkannya saja.

Target Anda utamanya adalah para ibu-ibu, baik yang kantoran atau rumahan. Sediakan paket jajanan pasar untuk acara seperti rapat, arisan, atau acara lainnya. Dijamin masih banyak orang yang akan menjadi calon konsumen Anda.

Karena sifat jajanan pasar yang tidak bisa menginap, pastikan konsumen Anda adalah yang tinggal di dalam kota dan/atau sekitarnya. Alasan ini pulalah yang membuat orang mengesampingkan ide bisnis kreatif yang jarang ada ini. Tapi justru di situlah peluang bagi Anda tercipta.

2. Gift Shop

Jika Anda memiliki tangan terampil yang bisa membungkus kado dengan rapi, maka membuka usaha gift shop bisa Anda coba. Buatlah daftar barang yang Anda bisa Anda sediakan. Untuk menarik perhatian calon konsumen, bungkus dengan rapi dan unik, pastikan bungkusan Anda memiliki ciri khas. Anda juga bisa menawarkan jasa pengiriman kepada si penerima kado.

Untuk usaha ini, Anda tidak harus menyediakan barang-barang terlebih dahulu. Anda bisa melakukan pembelian barang bila ada pesanan. Bisa juga Anda sertakan persyaratan pembayaran di muka. Agar bungkusan kado Anda terlihat semakin menarik dan unik, disarankan untuk menggunakan kertas pembungkus dengan warna-warna polos.

Anda juga bisa melebarkan sayap usaha ini pada jasa bungkus parsel lebaran, natal, tahun baru, lamaran, atau bahkan hantaran pernikahan.

3. Buku Cerita Anak Self-Publish

Ide bisnis kreatif yang jarang ada ini adalah khusus bagi Anda yang punya imajinasi aneh tak masuk akal yang terkadang sulit untuk diceritakan pada orang lain. Anda hanya perlu mencoba untuk menuliskannya menjadi sebuah dongeng cerita. Buatlah menjadi cerita yang pantas didongengkan untuk anak-anak. Anda tidak perlu mengikuti logika orang dewasa di sini, karena sasaran Anda adalah anak-anak, yang memiliki daya imajinasi tak terbatas.

Buku cerita anak biasanya memiliki desain gambar yang menarik dan Anda tidak menggambar. Jangan khawatir, sekarang Anda bisa menemukan para desainer kreatif yang bisa meminjamkan bakat mereka kepada Anda. Jika Anda memiliki kenalan desainer, Anda bisa menghubungi langsung. Jika tidak, ada situs seperti design99.com yang siap memperkenalkan Anda kepada desainer buku cerita Anda.

Lalu terbitkanlah buku yang telah berhasil Anda tulis. Karena penerbit konvensional mungkin sulit untuk ditembus, cobalah lembaga penerbitan yang menawarkan jasa self-publish seperti nulisbuku.com atau diandra.com. Di mana proses pencetakan buku akan dilakukan berdasarkan pesanan. Kelebihan dari sistem ini adalah meskipun hanya ada satu pesanan, buku akan tetap dicetak.

4. Custom Diary & Photo Album

Bagi Anda yang suka bermain-main dengan kertas, cobalah untuk membuat custom diary atau album foto. Banyak tutorial yang dan ide kreatif papecut dan/atau papercraft yang bisa Anda peroleh dari Pinterest. Jika Anda pintar menggambar, bakat tersebut juga bisa Anda manfaatkan.

Meski sudah banyak diary dan album foto buatan pabrikan di luaran sana, tapi yang custom made biasanya akan tetap menarik banyak perhatian. Karena ide bisnis kreatif yang jarang ada ini pasti akan memiliki desain yang berkarakter dan unik serta akan menjadi barang limited edition yang terbatas.

Kunci dari ide bisnis kreatif yang jarang ada di atas adalah promosi. Untuk permulaan, promosi bisa dilakukan dengan menggunakan akun media sosial pribadi Anda. Lalu jangan lupa untuk membuat akun khusus untuk bisnis Anda. Jangan sungkan untuk meminta bantuan teman dan kenalan agar mempromosikan usaha Anda. Dengan kunci ulet dan sabar, perlahan tapi pasti bisnis kreatif Anda akan banyak dikenal orang dan konsumen pun akan datang.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close