Bisnis

Ingin Memulai Bisnis Clothing Line? Pertimbangkan Hal-Hal Ini Lebih Dulu

Tips sebelum memulai bisnis Clothing

Bisnis clothing line merupakan bisnis fashion yang mengusung merek karya sendiri, yang dipasarkan melalui distro (distribution outlet) atau FO (factory outlet), dan belakangan ini menjadi idaman kawula muda yang peduli dengan penampilannya. Sejalan dengan perkembangan teknologi, bentuk pemasaran clothing line pun tak luput merambah dunia online.

Apalagi karena segmen pasar yang dituju adalah kaum muda, tak heran jika saat ini, terdapat begitu banyak brand baru yang ada di sosial media.  Bagi Anda yang tertarik untuk ikut berkecimpung di dunia bisnis clothing line, Anda perlu mendapatkan pemahaman yang cukup dan memiliki persiapan yang baik sebelum me-launching produk anda ke pasaran, agar usaha Anda mampu bertahan lama, stabil dan lancar. Simak kiat-kiat dalam memulai bisnis clothing line dengan brand anda sendiri berikut ini.

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Sebelum memulai usaha, Anda perlu tahu tentang segmentasi pasar yang akan Anda tuju karena setiap segmen memiliki identitas style fashion yang berbeda-beda. Penyebab kegagalan bisnis clothing pada kebanyakan pemula adalah karena mereka asal terjun tanpa melakukan riset dan mengabaikan data fakta yang ada.

Tentukan Konsep Desain

Tentukan tema design brand yang akan anda usung sebagai identitas brand Anda dengan matang, baik untuk kaos polosan atau kaos bergambar/sablon. Identitas brand sangat penting karena ada banyak pesaing brand lain yang memiliki ciri khas masing-masing. Brand Anda harus memiliki ciri khas tersendiri yang bisa menjadi pembeda dengan brand lain.

Memilih Vendor yang Terpercaya

Jangan terlalu terpatok pada satu vendor tertentu saja. Anda perlu mencari beberapa vendor penjahit yang dapat dijadikan rujukan agar bisa dibandingkan kualitas jahitan, sablon dan harganya satu dengan yang lain. Anda juga perlu menjalin komunikasi yang baik Vendor yang Anda gunakan agar ide dan konsep yang anda inginkan bisa ‘nyambung’ dengan hasil jahitan si vendor tersebut.

Manfaatkan Momentum dan Trend

Bisnis clothing line menuntut Anda untuk lebih peka dengan momentum dan peluang yang bisa Anda manfaatkan. Cobalah untuk meluncurkan brand dengan tema yang berkaitan dengan trend yang belakangan terjadi. Terkadang ada beberapa trend yang bisa dijadikan kesempatan untuk menaikkan penjualan dan menaikkan reputasi brand Anda sehingga dapat dikenal dengan cepat.

Berkerjasama Dengan Desainer Muda

Berkolaborasi dengan rekan kerja yang profesional dan berpengalaman merupakan hal yang penting bagi perkembangan bisnis Anda, terlebih lagi dalam hal desain grafis. Jika Kalau Anda kurang ahli dalam hal desain mendesain, maka sudah saatnya untuk mencari desainer yang sejalan dengan konsep yang Anda usung.

Eksis di Media Sosial

Bisnis clothing line menuntut Anda untuk membaur dengan anak-anak muda yang sesuai dengan segmentasi Anda. Anda perlu menjadi penghuni aktif di tempat anak-anak muda berkumpul dan bersosial, yaitu di media sosial. Jadilah brand yang aktif, eksis, dan selalu tersedia bagi mereka yang menginginkan kehadiran merek Anda. Jangan segan-segan untuk meniru cara promosi brand lain yang sudah popular duluan.

Fokus dan Nikmati Prosesnya

Sebelum benar-benar mulai menjalankan bisnisnclothing line ini, Anda harus paham bahwa membangun bisnis clothing line merupakan sebuah perjalanan yang panjang. Anda perlu berkomitmen untuk tetap fokus pada bidang ini sampai benar-benar sukses dan membuahkan hasil.

Demikianlah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis clothing line. Jika Anda mampu fokus berkomitmen dengan usaha Anda, maka cepat atau lambat Anda bisa menjadikan brand Anda lebih dikenal dan populer. Selamat berkarya dan semoga bermanfaat.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close