Bisnis

Ingin Bisnis Affiliasi? Simak Kelebihan Dan Kekurangan Affiliate Marketing Ini

Apa itu affiliate marketing? affiliate marketing adalah mempromosikan produk atau jasa orang lain untuk mendapatkan komisi. Mungkin, dahulu kita lebih mengenalnya dengan sebutan makelar atau perantara. Namun, makelar ini dilakukan secara offline, sedangkan affiliate marketing secara online. Kelebihan dan kekurangan affiliate marketing ada beberapa macam. Berikut akan disajikan tentang  informasi seputar kelebihan dan kelemahan dari affiliate marketing.

Kelebihan Affiliate Marketing

Banyak kelebihan dari bisnis affiliate marketing. Semua kelebihan ini juga pastinya akan menguntungkan. Apa saja kelebihan bisnis affiliate marketing? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Modal Awal Termasuk Murah Dan Resikonya Kecil

Saat kita ingin mulai berbisnis, pasti yang pertama kali kita pikirkan adalah modal. Affiliate marketing hanya membutuhkan modal awal yang cukup murah, yaitu hanya bermodalkan internet. Kita bisa menggunakan komputer dan beberapa software pendukung lainnya. Resikonya juga kecil karena biayanya murah.

2.  Tidak Ada Lisensi

Pada affiliate marketing kita tidak membutuhkan lisensi, karena kita dapat melakukan pemasaran di mana saja dan tidak terbatas. Kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk biaya lisensi. Sehingga uang biaya lisensi bisa kita simpan untuk keperluan lain seperti membeli komputer dan perangkat lain yang dibutuhkan.

3. Tidak Perlu Memproduksi Produk Atau Barang

Produk atau barang akan disediakan oleh pemiliknya. Kita tidak perlu memproduksi produk atau barang yang ingin kita tawarkan. Kita juga tidak perlu menyimpan berbagai produk yang kita tawarkan, karena kita cukup mempromosikan saja. Kita bebas menjual produk apa saja tanpa harus memikirkan tempat untuk produk tersebut.

4. Dapat Menjual Produk Beraneka Ragam

Dengan teknologi online ini, kita bisa menjual berbagai macam produk yang beraneka ragam. Kita tinggal memilih produk apa saja yang ingin kita promosikan. Usahakan produk yang kita promosikan berkualitas dan harganya cukup terjangkau, agar pelanggan mudah tertarik.

5. Tidak Perlu Ada Karyawan

Dalam bisnis, biasanya kita membutuhkan karyawan untuk membantu bisnis kita agar berjalan dengan lancar. Namun, pada affiliate marketing ini kita tidak membutuhkan karyawan. Sehingga kita bisa mendapatkan omset yang lebih banyak.

6. Tidak Perlu Melakukan Pengiriman Barang

Pada affiliate marketing kita tidak perlu melakukan pengiriman barang, karena semuanya akan dilakukan oleh pemilik barang atau jasa yang kita promosikan. Ini sangat menguntungkan, karena kita tidak perlu repot kesana kemari untuk mengirimkan barang.

Kekurangan Affiliate Marketing

Tidak bisa dipungkiri, bahwa setiap bisnis pasti memiliki beberapa kekurangan walaupun kelebihan yang didapatkan sudah  sangat banyak. Apa saja kekurangannya dari bisnis ini? Berikut beberapa kekurangan dari affiliate marketing.

  • Pendapatan kita tergantung pada pihak lain. Kita harus mengikuti beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh pihak lain, termasuk berapa pendapatan yang akan kita hasilkan jika kita berhasil mempromosikan produk pihak tersebut. Selain itu, mereka juga dapat memberhentikan kita kapanpun mereka mau.
  • Data pelanggan tidak kita dapatkan (Tidak Membangun Aset). Maksudnya di sini, kita tidak bisa membangun aset karena data pelanggan tidak kita dapatkan. Data pelanggan disimpan oleh pemilik barang ataupun jasa. Sehingga kita tidak dapat mengetahui pelanggan mana saja yang sering membeli produk yang kita tawarkan.
  • Banyak saingan. Selain kita, banyak juga affiliate marketing lainnya, sehingga kita harus lebih gigih lagi dalam mempromosikan produk atau jasa agar komisi kita tetap stabil atau  bahkan semakin meniungkat.

Kelebihan dan kelemahan affiliate marketing di atas harus kita ketahui sebelum kita memulai bisnis ini. Dari uraian tersebut, dapat dilihat bahwa bisnis affiliate marketing lebih banyak kelebihannya daripada kekurangannya. Sehingga, bisnis affiliate marketing dapat diandalkan.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan affiliate marketing, diharapkan kita dapat mengantisipasi ataupun dapat mengambil langkah kedepannya jika kita berbisnis dengan cara ini. Mungkin juga setelah kita mengetahui kekurangannya kita dapat menemukan solusi dari kekurangan tersebut. Jadi kita tidak perlu khawatir akan kelemahan dari bisnis tersebut.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close