Bisnis

Peluang Bisnis Di Era 4.0 Yang Dapat Dilakukan

Apa itu era 4.0? Era 4.0 adalah era di mana teknologi otomatisasi digabungkan dengan teknologi cyber. Era ini ditandai dengan kemunculan super komputer, kendaraan tanpa pengemudi, robot pintar, editing genetik, dan lain sebagainya. Di era 4.0 ini akan memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak. Ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi para pebisnis. Peluang bisnis di Era 4.0 ini dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk lebih aktif, kreatif, dan inovatif.

Semua bisnis di era 4.0 ini akan berbasis digital dengan produk yang lebih baik pastinya. Tak hanya pebisnis lama, pebisnis baru juga akan meramaikan era 4.0 ini. Bagaimana tidak? Peluang bisnis di era 4.0 ini akan terbuka lebar, terutama untuk orang-orang yang telah menguasai digital. Peluang bisnis yang dapat dilakukan pada era ini ada beberapa. Berikut akan disajikan seputar informasi peluang bisnis yang dapat dilakukan pada era 4.0.

1. Bisnis Fashion

Bisnis fashion ini termasuk bisnis yang sangat menjanjikan pada saat era 4.0. Jenis bisnis ini tidak pernah mati, karena sudah menjadi tren apalagi dengan perkembangan teknologi yang ada ke depannya. Fashion dan teknologi tidak bisa dipisahkan, karena fashion dibuat dengan teknologi yang ada. Semakin maju teknologi maka akan semakin baik juga hasil fashionnya. Fashion juga banyak jenisnya, pebisnis tinggal memilih beberapa diantaranya.

2. Bisnis Kuliner

Bisnis ini juga hampir sama dengan bisnis fashion, karena bisnis ini tidak ada matinya. Semua orang menyukai kuliner, hanya saja persaingan pada bisnis ini juga terbilang ketat. Pebisnis harus menciptakan cita rasa yang enak, unik, dan khas untuk bisa bersaing dengan pebisnis lain. Untuk pemasarannya bisa menggunakan media online seperti instagram, facebook, ataupun media lainnya.

3. Bisnis Periklanan

Setiap jenis usaha pasti memerlukan iklan sebagai media promosinya, karena iklan merupakan salah satu dari strategi marketing. Iklan ini bisa melalui media cetak, media online, hingga spanduk ataupun reklame yang ada di jalanan. Pebisnis bisa menyediakan jasa periklanan kepada para pengusaha dengan memanfaatkan teknologi dan digital.

4. Bisnis Jasa Pembuatan Video Digital

Jasa pembuatan digital ini sangat menguntungkan bagi pebisnis yang bisa memanfaatkan komputer ataupun laptop. Mereka bisa menawarkan jasa pembuatan video undangan pernikahan, video ulang tahun, bahkan juga bisa membuat video promosi untuk bisnis orang lain. Pebisnis bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang ada untuk membuatnya seperti coreldraw, videoscribe, after effect, dan microsoft power point 2013 ke atas.

5. Bisnis Web Development

Untuk dapat terjun ke bisnis ini, pebisnis harus mempunyai keahlian IT, dan bisnis ini tidak akan pernah sepi konsumen. Hal ini dikarenakan pada era 4.0 ini semua akan menggunakan internet untuk segala macam jenis bisnis yang dijalankannya. Ini merupakan peluang besar bagi para web designer.

6. Membuat Blog Yang Menarik

Ini wajib dicoba bagi orang-orang yang suka menulis, karena bisa menghasilkan. Banyak hal yang bisa ditulis pada blog ini berupa kisah hidup yang bermanfaat, dan tulisan dengan tema lainnya. Ini adalah hobi yang bisa menambah penghasilan bulanan. Usahakan blog yang akan dijalankan mempunyai konten SEO dengan sajian yang menarik.

7. Youtuber

Youtuber juga merupakan peluang bisnis di era 4.0 yang sangat menjanjikan.  Ciptakanlah beberapa video yang unik dan menarik di youtube. Usahakan cari tema yang sesuai dengan hobi agar lebih natural kelihatannya.

Peluang bisnis di era 4.0 tersebut dapat dilakukan ataupun dicoba oleh para pebisnis. Yang terpenting yang harus dicatat kunci bisnis pada era 4.0 ini adalah menguasai digital dan teknologi. Jika sudah menguasainya, maka peluang yang akan didapatkan akan lebih besar lagi. Jadi, jangan ragu untuk berbisnis, karena banyak peluang yang bisa dimanfaatkan.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button