Bisnis

6 Tempat Bersejarah Di Indonesia Menjadi Saksi Perjuangan

Sebagai  bangsa yang hebat, Indonesia sepatutnya harus selalu mengenang perjuangan pahlawan untuk mengikrarkan kemerdekaan. Perjuangan panjang yang dibuktikan dengan peristiwa besar 17 Agustus 1945. Dalam perjuangan yang tidak sebentar itu, banyak tempat bersejarah di Indonesia yang menjadi saksi. Kerja keras tanpa lelah membuahkan hasil Indonesia negara yang berdaulat.

Tempat bersejarah di Indonesia adalah saksi semangat pantang mundur dari pendiri negeri. Mengunjungi tempat-tempat tersebut akan memercikkan semangat yang dahulu berkobar disana.
Berikut beberapa tempat yang memiliki nilai sejarah tinggi sebagai saksi proses Kemerdekaan Indonesia :

1. Jalan Pegangsaan Timur Nomer 56

Tempat bersejarah di Indonesia ini juga terkenal sebagai Tugu Proklamasi, tempat dimana teks proklamasi dahulu dibacakan pertama kali. Pada lokasi ini terdiri patung bapak proklamator Indonesia, Ir. Soekarno dan Muh. Hatta. Sedang diantaranya terdapat monumen teks proklamasi yang besar terbuat dari batu marmer.

Dahulunya tempat berdirinya Tugu proklamasi merupakan kediaman Ir. Soekarno. Karena rasa kecintaan tanah air yang begitu tinggi kemudian bangunan rumah dirobohkan dan didirikan sebuah monumen. Tempat ini menjadi saksi betapa perjuangan yang sangat panjang akhirnya terbayarkan.

2. Rengasdengklok

Rumah milik petani  yang bernama Djiaw Kie Siong menjadi tempat terjadinya perbedaan pendapat hebat antara golongan tua dan muda. sebelum pelaksanaan proklamasi tempat ini adalah tempat pengasingan untuk petinggi negara yang telah diculik.

Bangunan yang berada di Desa Tugu, rengasdengklok masih terjaga keasliannya. Meskipun sebenarnya letaknya telah dipindahkan karena faktor keamanan. Bangunan rumah ini sekarang terbuka untuk umum sebagai destinasi wisata sejarah.

3. Rumah Laksaman Maeda

Berada di Jl. Imam Bonjol No 1, bangunan tua yang sangat terawat ini dinamakan museum perumusan teks proklamasi. Hal ini berhubungan dengan sejarahnya, bahwa disinilah perumusan teks proklamasi terjadi. Di sebuah bangunan rumah milik laksamana Jepang bernama Tadashi Meada.

Bangunan ini mengukir sejarah dikarenakan larangan mengenai perkumpulan yang bertempat di rumah orang pribumi. Oleh karenanya untuk menunjang keamanan bangunan ini menjadi pilihan yang tepat. di dalam rumah ini proses perumusan sampai dengan pengetikkan oleh Sayuti Melik dilakukan.

4. Monumen Kebulatan Tekat

Terletak di Rengasdengkok monumen ini menjadi pengingat akan keyakinan yang kuat untuk segera memproklamasikan diri. Berbentuk bola bulat dengan tangan mengepal serta bertuliskan 17 AUG 1945 selalu mengingatkan mengenai kemerdekaan.

Dalam bangunan ini tergambar pula peta negara Indonesia dari Sabang sampai dengan Merauke. Berlatar belakang gambar relief peristiwa proklamasi, monumen ini masih terlihat gagah berdiri. Dalam relief tersebut tergambar dengan jelas bagaimana detik-detik paling menentukan bagi Indonesia Terjadi.

5. RRI

Saat masih jaman perjuangan, alat telekomunikasi begitu terbatas. Hanya dengan menggunakan radio sajalah semua gagasan, kritik dan pidato pengobar semangat di suarakan. Oleh karena itu radio republik Indonesia menjadi pemegang peran penting dalam kemerdekaan negara Indonesia.

Melalui radio inilah proses pembacaan teks proklamasi dapat berkumandang sampai ke Amerika dan Eropa. Sebagai alat telekomunikasi terbesar berbasis suara terbesar dan tempat bersejarah di Indonesia RRI masih aktif sampai dengan sekarang ini.

6. Monas

Sebagai bangunan yang dijadikan bukti semangat perjuangan kemerdekaan Indonesia ini merupakan bangunan 433 kaki. Pembangunannya dimulai pada 17 Agustus tahun 1961 yang di prakarsai oleh presiden pertama Negara Indonesia.

Monas adalah bangunan yang pada ujungnya terdapat emas seberat 35 kilogram. Dalam bangunan monumen nasional terdapat banyak ruang yang menyimpan barang-barang simbol negara Indonesia.  Pelataran puncak monumen adalah tempat yang paling pas untuk melihat keindahan Jakarta dari atas ketinggian.

Itulah bangunan-bangunan penting yang merupakan tempat bersejarah di Indonesia. sesekali mengunjungi tempat-tempat ini akan menambah wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme tinggi.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close