Kecantikan

5 Cara Memilih Softlens Yang Aman Dan Nyaman Bagi Pemula

Softlens adalah alat yang digunakan untuk membantu penglihatan sebagai pengganti kacamata. Softlens dipasang pada kornea mata dan terbuat dari plastik yang mengandung air. Namun kini fungsi softlens tidak hanya sebagai pengganti kacamata, tetapi untuk untuk menunjang penampilan khususnya wanita agar semakin cantik dan menarik. Berikut ini 5 cara memilih softlens yang aman dan nyaman bagi pemula, mari kita simak ulasannya.

1. Pilihlah Softlens Warna Bening

Salah satu cara memilih softlens yang aman dan nyaman adalah memilih warna softlens yang bening. Seperti kita ketahui bahwa ada beragam warna softlens diantaranya hitam, coklat, abu- abu, hijau, biru, dan masih banyak lagi.

Untuk penggunaan softlens yang berfungsi sebagai pengganti kacamata sebaiknya pilih warna bening. Hal ini dikarenakan warna bening memiliki kadar air yang lebih tinggi dibanding warna lain sehingga akan lebih nyaman dipakai. Kalaupun ingin memakai softlens warna bisa memilih coklat atau abu- abu.

2. Perhatikan Ukuran Diameter Softlens

Setiap merk softlens memiliki ukuran diameter yang berbeda-beda. Pemilihan diameter harus disesuaikan dengan ukuran bola mata. Meskipun tidak bisa mengukur sendiri, namun setidaknya bisa mengira sendiri ukuran diameter bola mata.

Jika memiliki bola mata yang besar bisa memilih softlens dengan ukuran 15 mm, namun jika ukuran bola mata lebih kecil maka bisa memilih softlens dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan bagi yang akan memakai softlens tersebut.

3. Sesuaikan Kadar Air dengan Kondisi Mata

Kadar air softlens paling bagus adalah sekitar 48%, namun setiap orang memiliki kondisi mata yang berbeda- beda. Sehingga dalam memilih softlens juga harus menyesuaikan kadar air kontak lensa dengan kondisi mata. Kadar air yang tinggi di dalam softlens dapat meneruskan oksigen lebih banyak ke mata.

Namun jika memiliki mata dengan produksi air mata yang sedikit bisa memilih softlens dengan kadar air yang lebih rendah. Hal ini bertujuan agar kelembaban bola mata tetap terjaga karena lebih sedikit menyerap air mata.

4. Pilihlah Softlens Dengan Teknologi Terbaru

Dari waktu ke waktu softlens selalu mengalami pembaruan teknologi. Salah satu teknologi yang sangat menguntungkan adalah hydrogel yang memungkinkan oksigen mengalir dengan bebas. Selain itu juga ada softlens yang dilengkapi teknologi UV blocking yang mencegah kerusakan softlens dan mata saat terpapar sinar matahari.

Yang tidak kalah penting adalah teknologi lacreon yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban alami mata. Pembeli tinggal memilih softlens sesuai dengan kebutuhan dan yang bisa menjaga kesehatan mata.

5. Pertimbangkan Ketebalan Softlens

Mempertimbangkan ketebalan softlens juga menjadi salah satu cara memilih softlens yang aman dan nyaman. Hal ini karena selain diameter, ternyata ketebalan setiap merk softlens juga memiliki perbedaan. Semakin tipis softlens yang dipakai maka akan semakin nyaman di mata namun juga harus berhati- hati karena akan mudah robek.

Jika ingin memilih softlens yang lebih tebal juga harus dipertimbangkan sebelumnya karena akan lebih mengganjal di mata ketika dipakai. Sebelum menjatuhkan pilihan pada softlens tipis maupun tebal hendaknya dipertimbangkan terlebih dahulu karena akan sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan ketika dipakai.

Nah itulah 5 cara memilih softlens yang aman dan nyaman. Datanglah ke toko optik yang terpercaya dan konsultasikan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Hal ini penting karena walau bagaimana pun soflens sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata sehingga tidak boleh sembarang memilih.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button