Kecantikan

5 Cara Memilih Warna Foundation Yang Tepat

Foundation merupakan salah satu produk terpenting dalam riasan wajah. Selain sebagai alas bedak ternyata foundation juga berfungsi untuk menutupi kekurang-kekurangan di wajah. Walaupun foundation bisa menutupi kekurangan di wajah ternyata foundation juga bisa menjadi masalah besar jika salah dalam pemilihan warnanya. Berikut ini 5 cara memilih warna foundation yang tepat. Mari kita simak ulasannya.

1. Kenali Warna Dasar Kulit

Salah satu cara memilih warna foundation yang tepat adalah dengan mengenali terlebih dahulu warna jenis kulit. Namun ternyata sebagian banyak orang masih belum bisa mengenali warna dasar kulit mereka sehingga mereka salah dalam memilih warna foundation. Dengan mengetahui undertone akan lebih mudah dalam mencari foundation yang cocok dengan warna kulit.

Ada 3 warna lapisan bawah kulit yaitu netral, cool (pink), dan warm (kuning). Cara menentukannya hanya perlu melihat pembuluh darah di pergelangan tangan. Untuk undertone cool (pink) pembuluh darah akan berwarna kebiruan atau ungu, untuk undertone warm (kuning) pembuluh darah akan berwarna kehijauan, sedangkan untuk netral pembuluh darah akan memiliki warna dari keduanya.

2. Sesuaikan Dengan Jenis Kulit

Selain mengenali warna dasar kulit ternyata juga wajib mengenali jenis kulit. Cara memilih warna foundation dengan tips ini akan lebih memudahkan untuk memilih jenis atau foundation yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Foundation yang dijual di pasaran umumnya berbahan dasar air dan minyak.

Untuk yang memiliki jenis kulit yang berminyak hindari foundation yang oil based. Bisa gunakan foundation yang oil free dan foundation dengan sentuhan akhir yang matte. Sedangkan untuk yang memiliki kulit kering bisa pilih foundation berbahan dasar air, yang mengandung lebih banyak moisturizer.

3. Mencoba Di Bawah Sinar Matahari

Mencoba foundation yang sesuai dengan warna kulit bisa dilakukan di tempat yang memiliki pencahayaan netral. Bisa mencobanya di bawah sinar matahari agar pemilihan warna foundation bisa sesuai dengan apa yang diinginkan.

Hindari mencoba foundation di tempat yang kurang terang atau terlalu terang karena akan membuat kulit wajah semakin gelap atau malah lebih terang. Cara memilih warna foundation yang satu ini adalah rekomendasi dari para beauty blogger yang lebih menyarankan untuk mencoba dibawah sinar matahari.

4. Coba Di Area Rahang Bawah dan Leher

Mungkin banyak dari kalian yang mencoba foundation di punggung tangan untuk mendapatkan foundation yang kalian inginkan. Cara ini tidak benar, untuk mendapatkan shade yang sesuai dengan warna kulit, ternyata bisa mencobanya di rahang bawah beserta leher.

Nah untuk yang memiliki warna leher yang lebih gelap lebih baik pilih foundation yang sesuai dengan warna leher begitu pun sebaliknya. Diamkan foundation beberapa saat dan lihat hasilnya, jika warna foundation hampir tidak terlihat itulah warna foundation yang cocok dengan warna kulit. Hindari memilih shade foundation yang satu tingkat lebih cerah biar tidak terlihat seperti menggunakan topeng.

5. Tentukan Coverage yang Tepat

Menentukan pilihan coverage yang diinginkan apakah coverage penuh, sedang, atau tipis juga harus diperhatikan. Setelah itu pilih juga tekstur foundation yang ingin digunakan, ada 3 jenis foundation yaitu foundation cair, foundation ini memiliki tekstur yang ringan cocok untuk sehari-hari.

Yang kedua ada foundation krim lebih disarankan untuk jenis kulit normal sampai kering karena foundation ini termasuk foundation dengan oil based. Selanjutnya ada foundation padat, foundation tipe ini lebih cenderung kering hampir tanpa air, cocok untuk kulit normal dan berminyak.

Nah itulah 5 cara memilih warna foundation yang tepat. Perlu diingat bahwa mengetahui undertone dan jenis kulit sangat berpengaruh pada pemilihan foundation yang cocok dengan warna kulit. Pastikan memahami sebelum memutuskan membeli.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button