Kecantikan

5 Metode Perawatan Wajah Dengan Minyak Zaitun Yang Mudah

Minyak zaitun seringkali digunakan dalam berbagai keperluan, salah satunya untuk perawatan wajah. Perawatan wajah dengan minyak zaitun dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kandungan vitamin E, vitamin K, dan antioksidan pada minyak zaitun memiliki manfaat tertentu bagi setiap jenis kulit wajah.

Manfaat minyak zaitun untuk perawatan wajah dapat diperoleh dengan beberapa cara. Penggunaannya tentu berbeda tergantung jenis dan kondisi kulit wajah. Berikut ini adalah 5 metode perawatan wajah dengan minyak zaitun:

1. Membersihkan Wajah Dari Make Up

Minyak zaitun dapat dijadikan sebagai pembersih atau cleanser untuk menghapus make up. Make up, kotoran, dan minyak di kulit wajah akan larut dengan lebih efektif dibanding pembersih berbahan air. Sifatnya yang non-comedogenic menjadikan minyak zaitun aman digunakan untuk semua jenis kulit dan tidak menyumbat pori-pori kulit wajah.

Aplikasikan minyak zaitun ke kulit wajah yang akan dibersihkan menggunakan kapas. Untuk sekaligus membantu mencegah jerawat, dapat ditambahkan sedikit perasan lemon sebagai desinfektan. Bila ingin melembabkan dan menenangkan kulit iritasi saat menghapus make up, dapat pula dicampurkan minyak zaitun dengan air lidah buaya. Setelah pembersihan, gunakan air mawar sebagai toner.

2. Eksfoliasi Kulit Wajah

Campuran minyak zaitun dengan gula atau garam laut dapat digunakan sebagai pengeksfoliasi alami untuk kulit wajah. Metode perawatan wajah dengan minyak zaitun ini dapat dimulai dengan mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan ½ sendok teh gula atau garam. Campuran tersebut kemudian dioleskan pada wajah, lalu di bilas dengan air hangat.

Untuk kulit wajah sensitif, sebaiknya memilih gula sebagai bahan campuran. Partikel gula tidak setajam garam sehingga lebih cocok saat diaplikasikan. Gula pasir cokelat biasanya lebih lembut daripada gula pasir putih, sehingga sangat baik untuk kulit wajah yang sensitif.

3. Menghilangkan Noda Hitam Di Wajah

Noda hitam di area wajah biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari dan bekas jerawat. Saat merias wajah, noda hitam dapat disamarkan dengan penggunaan foundation dan concealer. Namun, penggunaan minyak zaitun dapat menghilangkan noda hitam di wajah secara permanen dan tanpa efek samping bila dilakukan secara rutin.

Perawatan wajah dengan minyak zaitun untuk menghilangkan noda hitam ini dapat dilakukan dengan mencampurkan minyak zaitun dan madu atau tea tree oil. Selanjutnya, campuran tersebut dioleskan di bagian wajah yang bernoda hitam dan diamkan 15 menit sambil dipijat ringan. Kemudian bilas wajah dengan air hangat tanpa perlu menggunakan sabun.

4. Mengatasi Kulit Wajah Yang Berjerawat

Kulit wajah yang berjerawat juga dapat diatasi dengan efektif menggunakan minyak zaitun. Jerawat yang sangat mengganggu penampilan ini dapat dihilangkan dengan masker minyak zaitun. Cara menggunakannya juga sangat mudah karena tidak memerlukan bahan tambahan apapun.

Langsung oleskan saja minyak zaitun ke bagian wajah yang berjerawat. Kemudian, biarkan minyak zaitun tersebut menempel pada wajah selama kurang lebih 15 menit. Jangan lupa juga untuk sesekali melakukan pijatan ringan. Lakukan cara ini setiap hari, terutama sesaat sebelum tidur malam.

5. Mengatasi Kulit Wajah Yang Berminyak

Jenis kulit wajah yang berminyak seringkali membuat kesal karena mengakibatkan kosmetik tidak dapat bertahan lama di wajah. Ternyata, minyak zaitun dapat digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Cara ini dapat dilakukan dengan membuatnya menjadi masker wajah.

½ sendok makan minyak zaitun dicampurkan dengan garam, secangkir oatmeal, dan secangkir susu. Aplikasikan campuran ini ke wajah lalu biarkan selama kurang lebih 15 menit. Kombinasi oatmeal, garam, susu, dan minyak zaitun ini akan menyerap kadar minyak berlebih pada wajah secara efektif.

Demikian ulasan tentang beberapa metode perawatan wajah menggunakan minyak zaitun. Manfaat dari minyak zaitun dapat dimaksimalkan dengan berbagai bahan campuran untuk kebutuhan perawatan tertentu. Tentunya, perawatan harus dilakukan secara rutin agar hasil yang diperoleh maksimal.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button