Kecantikan

5 Tips Perawatan Tangan Dan Kuku Yang Bisa Dilakukan Sendiri

Tidak hanya wajah, tangan dan kuku juga perlu dirawat. Meski memiliki wajah cantik dan terpelihara namun memiliki tangan dan kuku yang tidak terawat dengan baik tentu cantiknya terasa tidak lengkap. Oleh sebab itu perawatan tangan dan kuku tentu juga harus dilakukan.

Untuk mendapatkan tangan dan kuku yang senantiasa cantik dan sehat, berikut 5 tips mudah merawat tangan dan kuku yang dapat dilakukan sendiri di rumah:

1. Rutin Membersihkan Tangan Dan Kuku

Membersihkan tangan dan kuku adalah hal yang sangat penting. Mengapa? Karena tangan dan kuku yang bersih tidak hanya indah dilihat tapi juga sehat karena terhindar dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Luangkan waktu lebih lama saat mandi untuk membersihkan tangan dan kuku menggunakan air bersih dan sabun yang cocok, agar tidak ada reaksi yang tidak diinginkan nantinya.

Gunakan hand & body lotion setelah mandi dan hand sanitizer tiap kali selesai beraktivitas agar tangan dan kuku tetap terjaga kehalusan dan kesehatannya. Atau bisa juga dengan menggunakan sikat dan alat pembersih kuku lainnya.

2. Rutin Memotong Dan Memelihara Bentuk Kuku

Kuku yang panjang sangat mudah kotor sehingga harus rutin dipotong ketika sudah lebih panjang melewati jari. Memotong kuku bisa dilakukan sendiri karena sangat mudah dan sederhana. Pastikan gunting kuku yang digunakan tidak tumpul karena akan merusak bentuk kuku dan perbaiki bentuk kuku dengan kikir khusus kuku.

Memotong kuku bisa dilakukan rutin minimal seminggu sekali. Dengan memotong dan memelihara bentuk kuku, tentunya akan terhindar dari kuman dan bakteri yang dapat masuk ke bawah kuku bersama kotoran, selain itu juga dapat membuat kuku terlihat lebih rapi dan cantik.

3. Batasi Perawatan Kuku Di Salon

Seseorang yang ingin memiliki kuku indah biasanya rela mengeluarkan biaya untuk melakukan perawatan di salon. Hasilnya memang terlihat lebih bagus dibandingkan merawat kuku sendiri di rumah. Tapi terlalu sering melakukannya juga tidak baik untuk kesehatan kuku.

Kuku akan menjadi rapuh karena terlalu sering terpapar bahan-bahan kimia yang keras saat melakukan perawatan di salon. Selain itu, ada kemungkinan terkena infeksi jamur kuku atau bagian di sekitar kuku menjadi bengkak.

Cobalah untuk melakukan perawatan tangan dan kuku sendiri di rumah. Namun, jika tetap ingin melakukannya di salon, sebaiknya membawa sendiri peralatan untuk perawatan kuku agar tetap steril dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti infeksi.

 4. Batasi Penggunaan Cat Kuku Dan Removernya

Mewarnai kuku dengan kutek memang dapat membuatnya terlihat cantik dan menarik. Namun jika dilakukan terlalu sering dapat membuat kuku jadi rusak, tipis dan rapuh. Begitu pula dengan remover-nya yang biasanya berbahan aseton dapat membuat kuku mengalami kerusakan, seperti retak kecil hingga retak permanen.

Alih-alih membuat kuku menjadi cantik, justru membuatnya rusak dan perlu perawatan dengan biaya tambahan untuk mengembalikannya ke kondisi semula.

5. Pilih Bahan Perawatan Yang Alami

Selain melakukan perawatan dengan poin-poin sebelumnya, tangan dan kuku juga bisa dirawat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemui dan biasanya tersedia di dapur. Misalnya merendam kuku dengan larutan garam dalam air hangat yang bisa membunuh kuman dan bakteri.

Selain itu, tea tree oil juga dapat dijadikan bahan perawatan kuku karena minyak ini dipercaya dapat mencegah dan mengobati jamur kuku. Gunakan beberapa tetes tea tree oil yang dicampur dengan minyak kelapa, kemudian oleskan merata pada kuku.

Demikianlah tips perawatan tangan dan kuku yang bisa dilakukan sendiri di rumah.  Jika kuku dan tangan mengalami masalah atau terdapat keluhan mengenai kelainan, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapat penanganan yang tepat.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button