Kecantikan

10 Cara Merawat Wajah Berjerawat Secara Natural

Salah satu masalah yang membuat seseorang tampil tidak percaya diri adalah disebabkan wajah berjerawat. Bahkan sebagai dampaknya, dapat menimbulkan rasa malu yang berlebihan. Nah, untuk mendapatkan wajah yang bersih ini terkadang banyak orang yang rela mengeluarkan budget yang lumayan sesak di dompet. Namun hasilnya tetap saja nihil, wajahnya tetap berjerawat. Terus bagaimana cara merawat wajah berjerawat? Apakah ada solusi yang mujarap? Simak ulasan berikut 10 cara merawat wajah berjerawat yang bisa anda coba:

1. Pastikan Tangan Selalu Bersih

Mencuci tangan dengan sabun antiseptik adalah solusi supaya terhindar dari bakteri dan kuman. Jangan coba-coba menyentuh wajah yang berjerawat dengan tangan kotor. Sebab hal ini akan memperparah kondisi jerawat anda. Nah jika anda sedang berjerawat anda bisa merawatnya salah satu dengan memastikan tangan selalu bersih.

2. Rutin Mencuci Wajah

Cara merawat wajah berjerawat yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan sebelum dan sesudah beraktivitas, anda selalu rutin mencuci wajah. Sebab sel kulit mati, debu, polusi dan bekas make up dapat menyumbat pori-pori kulit wajah anda. Mencuci wajah menggunakan krim make up dan cairan penyegar baik untuk kebersihan wajah. Namun akan lebih baik lagi, apabila anda juga mencuci wajah menggunakan facial foam.

3. Hindari Rambut Menempel Ke Wajah

Sangat sering, wajah berjerawat semakin parah tatkala rambut menempel ke wajah. Terlebih-lebih rambut tersebut tidak terawat secara rutin. Sebab rambut kotor dapat menjadi sarang kuman dan bakteri. Rambut kotor yang berpadu dengan polusi akan membuat wajah anda kusam dan memperparah jerawat.

4. Pola Hidup Sehat

Melakukan pola hidup sehat dapat meminimalisir minyak yang berlebihan dan kotoran pada wajah. Mengkonsumsi air putih secukupnya dan memakan makanan yang sehat adalah hal yang baik untuk merawat wajah berjerawat. Kandungan serat pada sayuran dan protein tinggi pada ikan sangat baik untuk mengembalikan kulit wajah menjadi normal. Sangat disarankan untuk menghindari minuman yang bersoda.

5. Perawatan Madu

Diantara khasiat madu untuk wajah ialah dapat melembabkan, menghaluskan dan menghilangkan jerawat. Caranya, yakni dengan menjadikan madu sebagai masker. Cukup dengan mengoleskan madu ke seluruh bagian wajah. Diamkan kurang lebih selama 10 menit. Selanjutnya bilaslah wajah dengan air dingin bersih.

6. Terapi Es Batu

Menggosok-gosokan es batu secara perlahan pada permukaan kulit wajah adalah terapi yang cukup mujarap. Dimana hal ini akan mengeluarkan kotoran, minyak dan mengecilkan pori-pori wajah. Es batu adalah solusi tepat untuk menyegarkan wajah sekaligus menuntaskan jerawat.

7. Manfaat Kandungan Air Mawar

Kandungan air mawar dapat menjadikan wajah anda normal kembali. Sebab air mawar memiliki manfaat sebagai agen anti-bakteri, pembersih kosmetik yang ampuh, dan pelembab alami wajah. Bunga mawar banyak dijumpai di sekeliling kita jadi sangat mudah dalam perawatannya.

8. Jangan Memecahkan Jerawat

Memecahkan jerawat dengan paksa dapat menimbulkan bekas yang susah hilang. Sangat disarankan untuk tidak memecahkan jerawat. Lebih baik konsultasi ke dokter perawatan kulit ataupun mengobatinya dengan bahan-bahan yang alami.

9. Oleskan Cairan Lidah Buaya

Kandungan Aloesin pada lidah buaya dapat menghambat melanin yang menggelapkan permukaan kulit. Selain itu, lidah buaya juga dapat merangsang pembentukan sel kulit baru dan memudarkan bekas jerawat. Anda bisa mengoleskan lidah buaya ini pada wajah anda agar bisa hilang jerawat yang ada.

10. Tempelkan Potongan Jeruk Nipis

Kandungan vitamin c yang tinggi dapat memicu produksi kolagen pada kulit. Hal ini dapat menghaluskan kulit dan menyembuhkan jerawat dengan cepat. Asam sitrat yang dikandung juga dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati, debu dan kotoran pada wajah. Zat astringent dapat mengencangkan kulit wajah dan mengontrol minyak yang berlebihan. Cara cara merawat wajah berjerawat dengan jeruk nipis cukup mudah anda hanya perlu menempelkan potongan dari jeruk nipis ini.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close