Kecantikan

Hal Yang Harus Diketahui Mengenai Perawatan Rambut Setelah Smoothing

Banyak wanita yang tidak menyukai rambut keriting ataupun ikal. Kebanyakan dari mereka lebih memilih melakukan smoothing agar rambut menjadi lurus dan lembut. Setelah melakukan smoothing ada baiknya merawat agar hasilnya bertahan lama. Berikut hal yang harus diketahui mengenai perawatan rambut setelah smoothing:

1. Jangan Keramas

Perawatan rambut setelah smoothing yang pertama adalah jangan keramas setelah smoothing. Semua bertujuan agar obat yang diberikan di rambut saat smoothing terserap dengan baik dan tidak terbuang saat keramas. Karena dapat dipastikan jika keramas, obat smoothing yang diberikan akan luntur. Tahanlah untuk tidak keramas selama 3 sampai 4 hari.

2. Hindari Pemakaian Hairdryer

Setelah waktu yang ditentukan dan rambut sudah boleh dikeramas ada baiknya mengeringkannya jangan menggunakan hairdyer namun dengan cara manual. Karena mengeringkan rambut dengan hairdyer menimbulkan panas yang tinggi dan akan mengakibatkan rambut rusak seperti kering dan patah. Perawatan Rambut setelah smoothing dengan membiarkan rambut mengering terkena angin, sehingga rambut akan tetap lurus dan lembut.

3. Hindari Mencatok Terlalu Sering

Memang setelah proses smoothing rambut akan dicatok tetapi hanya saat itu saja, jangan terlalu sering karena akan menyebabkan rambut kering. Semua karena mencatok mengeluarkan energi panas yang akan merusak rambut. Rambut akan kehilangan kelembabannya sehingga rambut kering, kusam, kasar dan patah.  Perawatan rambut setelah smoothing ini harus dengan mengurangi jumlah mencatok.

4. Jangan Mewarnai Rambut

Cara perawatan rambut setelah smoothing adalah dengan cara jangan mewarnai rambut dulu. Karena saat smoothing sudah terlalu banyak bahan kimia, jadi biarkan dulu rambut beristirahat dari bahan kimia. Ujungnya hanya akan membuat rambut rapuh, patah dan berakhir bercabang.

Tunggulah beberapa bulan jika ingin mewarnai rambut, sekitar 3 bulan setelah smoothing. Semua untuk membuat rambut tetap awet lurusnya dan tidak cepat rusak.

5. Lakukan Trim Rambut Dengan Rutin

Masalah rambut seperti tidak ada habisnya, walaupun sudah melakukan smoothing beberapa minggu kemudian masalah muncul kembali. Biasanya masalah itu seperti rontok, rapuh, patah dan rambut bercabang. Untuk itu diperlukan perawatan rambut setelah smoothing, salah satunya dengan rajin melakukan trim rambut.

Tanda rambut tidak sehat adalah dengan bercabangnya rambut. Saat rambut mulai bercabang, segera memotong bagian yang bercabang itu. Sehingga rambut tidak semakin parah rusaknya dan mulai akan tumbuh kembali dengan rambut yang baik lagi.

6. Gunakan Masker Rambut

Dengan menggunakan masker rambut akan memberikan nutrisi serta vitamin untuk rambut. Sehingga rambut akan tetap lembab sehingga tidak rontok dan terus sehat dan tidak rusak. Selain itu perawatan rambut setelah smoothing ini dapat mengurangi efek negatif dari bahan kimia yang digunakan saat smoothing. Carilah masker yang berbahan alami jangan yang bahan kimia lagi.

7. Gunakan Conditioner

Setelah mulai keramas akan lebih baik dengan menggunakan conditioner. Perawatan rambut setelah smoothing ini bertujuan menjaga rambut tetap lembab. Saat menggunakan conditioner jangan sampai ke akar rambut, karena akan menimbulkan ketombe, rambut lepek dan gatal. Jadi gunakan conditioner hanya pada batang rambut saja.

8. Gunakan Sisir Kayu Yang Renggang Geriginya

Sebaiknya saat menyisir rambut gunakan sisir kayu yang renggang geriginya hal ini merupakan perawatan rambut setelah smoothing yang ampuh. Jangan menggunakan sisir berbahan plastik, karena akan membuat volume rambut dan dapat memicu efek listrik statis pada rambut. Dengan memakai sisir kayu yang renggang geriginya akan mencegah rambut rusak dan rambut rontok.

9. Jangan Sering Mengikat Dan Menggulung Rambut

Saat mengikat atau menggulung rambut, bekas ikan atau gulungannya akan membuat rambut bergelombang dan mengembang. Perawatan rambut setelah smoothing sebaiknya dengan menghindari kebiasaan sering mengikat atau menggulung. Lebih baik rambut dibiarkan terurai yang akan membuat rambut tetap lurus sempurna.  Sehingga smoothing tidak akan sia-sia.

Itulah 9 hal yang harus diketahui mengenai perawatan rambut setelah smoothing. Dengan mengetahui hal-hal yang baik untuk rambut akan membuat rambut terus sehat, sehingga tentunya akan menimbulkan kepuasan di dalam diri yang tentu akan menunjang penampilan dan kepercayaan diri.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button