Kecantikan

Masker Rambut Untuk Rambut Keriting Dan Kering Dari Bahan Alami

Rambut indah, sehat, lurus, dan lembut menjadi idaman bagi setiap orang. Masalah rambut sering saja muncul dan dialami oleh masing-masing orang, rambut kering dan keriting contohnya. Banyak brand-brand terkenal yang menyediakan berbagai jenis perawan rambut, salah satunya adalah masker rambut untuk rambut keriting dan kering dengan berbagai varian.

Perawatan rambut yang dilakukan dengan menggunakan brand-brand ternama akan membutuhkan biaya yang mahal dan selain itu juga terdapat kandungan kimia dalam komposisi bahan yang digunakan. Cara yang aman digunakan untuk perawatan rambut adalah dengan membuat masker menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Berikut ini beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan untuk masker rambut atasi rambut  kering dan keriting:

1. Masker Minyak kelapa

Nutrisi yang terdapat dalam minyak kelapa didapat digunakan untuk melembabkan rambut dan membuat rambut mudah diatur. Cara membuat masker rambut untuk rambut keriting dan kering sangat mudah yaitu hanya dengan mencampurkan minyak kelapa dengan minyak zaitun.

Kemudian dioleskan keseluruh bagian rambut, pijat dengan lembut lalu tutup dengan shower cap dan diamkan selama satu jam. Selanjutnya bilas dengan shampo yang mengandung pelembab.

2. Masker Madu

Madu adalah bahan yang alami yang multi fungsi, banyak kandungan zat baik dalam madu. Zat pelembab alami yang terdapat dalam madu  mampu mengembalikan kelembapan rambut yang kering dan membantu mengatur rambut keriting.

Cukup dengan mencampurkan madu hangat dengan minyak zaitun lalu aplikasikan pada rambut yang  basah sembari memijatnya dengan lembut. Untuk  hasil yang maksimal gunakan masker ini secara rutin satu sampai dua kali dalam seminggu.

3. Masker Aloe Vera

Perawatan rambut menggunakan aloe vera memang sudah tidak diragukan lagi. Kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam nya dapat membuat rambut menjadi lembut, lembab, berkilau dan mudah diatur.

Cukup dengan mengoleskan gel aloe vera  segar ke rambut dan kulit kepala lalu dipijat perlahan, hal ini akan membuat kulit kepala terasa dingin segar dan selanjutnya diamkan selama 30 menit lalu bilas. Agar hasilnya lebih maksimal bisa ditambahkan bahan lain seperti yogurt, dan minyak kelapa.

4. Masker Alpukat

Tidak hanya baik untuk dikonsumsi, alpukat juga baik untuk mengatasi rambut kering dan keriting. Kemampuannya dalam memberikan kelembapan akan membuat rambut keriting  dan kering terhidrasi, sehingga membuat rambut mudah diatur, lembut an mengkilap.

Cara membuatnya cukup mudah, dengan mencampurkan alpukat dengan yogurt hingga menjadi pasta. Kemudian aplikasi ke rambut dan kulit kepala, pijat lembut, tutup dengan  shower cap dan biarkan selama 1 jam, selanjutnya bilas seperti biasa.

5. Masker Telur

Protein dan lemak dalam telur bisa mengembalikan kondisi rambut dan memberikan kelembapan rambut. Cara alami ini sudah terkenal untuk mengatasi rambut kering dan keriting karena kemampuan nya memberikan kelembapan dan menutrisi rambut rusak.

Cukup campurkan telur, minyak zaitun dan madu menjadi masker rambut kemudian oleskan ke seluruh  bagian rambut dan biarkan selama 30 menit. Selanjutnya bilas rambut dengan air hangat dan shampo sampai bau amis benar-benar hilang.

Bahan lain yang mudah di dapat dan harga nya yang murah yang bisa dijadikan masker rambut kering dan keriting antara lain : santan, daun seledri, cuka apel, mayonise, yogurt, susu dan lain-lain. Selain mudah di dapat, murah, dan tidak memiliki efek samping, masker rambut untuk rambut keriting dan kering  ini patut di coba.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button