Kesehatan

5 Tips Perawatan Gigi Dan Mulut Agar Selalu Sehat

Selain kesehatan tubuh secara umum, kesehatan gigi dan mulut juga perlu diperhatikan. Mengapa? Karena kesehatan gigi dan mulut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh sebab itu, perawatan gigi dan mulut agar kesehatannya selalu terjaga tentu saja sangat penting untuk dilakukan. 

Perawatan dapat dimulai dengan memperhatikan pola makan, teknik menyikat gigi yang tepat, melakukan pembersihan karang dan penambalan gigi yang berlubang oleh dokter gigi, serta melakukan pencabutan gigi yang sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan tips perawatan gigi dan mulut yang bisa dilakukan:

1. Memperhatikan Pola Makan

Untuk mencegah gigi berlubang, mulailah dengan memperhatikan pola makan sehari-hari. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun kebanyakan menyukai makanan manis, seperti cokelat dan permen yang umumnya jadi penyebab gigi berlubang.

Sebaiknya setelah memakan makanan manis, minimal kumur-kumurlah dengan air putih, lebih baik lagi jika langsung menyikat gigi untuk mencegah makanan manis menempel di gigi dan merusak email gigi.

Makanan yang baik untuk kesehatan mulut dan gigi adalah makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah dan sayur. Selain baik untuk sistem pencernaan, makanan berserat juga dapat membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi.

2. Mengetahui Teknik Menyikat Gigi Yang Tepat

Teknik menyikat gigi yang baik dan tepat adalah menggunakan bulu sikat yang lembut dan posisikan bulu sikat dengan permukaan gigi hingga bersudut 45o, dengan arah penyikatan dari arah gusi ke arah gigi.

Menyikat gigi dengan teknik ini tidak hanya membersihkan gigi dari sisa makanan, tetapi juga dapat memijat gusi agar memperlancar peredaran darah di sekitarnya.

Apabila terbentuk karang gigi, maka harus dikontrol terlebih dulu ke dokter gigi untuk dilakukan pembersihan karang yang hanya bisa dilakukan oleh dokter dan diperlukan peralatan khusus.

3. Menambal Gigi

Penambalan pada gigi berlubang sebaiknya dilakukan sesegera mungkin, untuk mencegah bertambah besarnya lubang dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan mulut lainnya.

Di awal gigi berlubang, penanganan yang cepat dan tepat dapat mencegah pengeluaran dana lebih banyak di dokter gigi karena jika gigi berlubang dibiarkan dan menimbulkan masalah lain, maka akan memerlukan perawatan dan pengobatan yang lebih banyak sehingga biaya pun akan lebih besar.

Semakin berkembangnya teknologi pada perawatan gigi, alat dan bahan yang digunakan pun semakin baik. Bahan tambal gigi kini memiliki warna yang sama dengan warna gigi, sehingga tidak akan terlihat seperti ditambal.

4. Mencabut Gigi

Mencabut gigi dilakukan hanya untuk gigi yang benar-benar dalam kondisi yang tidak bisa dipertahankan lagi, sebab gigi tersebut dapat menyebabkan infeksi dalam rongga mulut atau mengganggu kesehatan mulut lainnya.

Salah satu contoh gigi yang harus dicabut adalah gigi rahang bawah yang paling ujung dan tertanam, sehingga menyebabkan sakit dan bengkak, bahkan menyebabkan kesulitan membuka mulut yang diakibatkan oleh peradangan yang mempengaruhi jaringan otot di sekitarnya.

5. Melakukan Kontrol Rutin

Usahakan untuk selalu melakukan kontrol rutin setidaknya 6 bulan sekali meskipun tidak ada keluhan sama sekali. Hal ini dilakukan untuk memeriksa kondisi terakhir gigi, jika terdapat gigi yang berlubang maka harus segera ditambal.

Selain itu juga untuk memeriksa kemungkinan gangguan kesehatan mulut lainnya sehingga dapat ditangani sedini mungkin oleh dokter gigi.

Itulah tadi tips perawatan gigi dan mulut yang bisa dilakukan rutin. Mulailah menjaga gigi dan mulut dari sekarang dengan tips di atas agar selalu terjaga kesehatannya. 

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close