Kesehatan

6 Olahraga Otot Perut Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Perut buncit memang mengganggu penampilan apalagi saat memakai kaos ketat, sebaiknya lakukan olahraga otot perut agar perut terlihat lebih ramping. Banyak olahraga untuk membuat perut terlihat lebih six-pack yang dapat dilakukan di rumah.

Tidak perlu datang ke tempat gym dan mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar dalam sekali pertemuan. Jadi lebih hemat melakukannya di rumah. Berikut 6 olahraga otot perut yang dapat dilakukan di rumah agar perut terlihat six-pack.

1. Crossover Crunch

Dalam olahraga otot perut yang satu ini cukup sediakan matras dan berbaring di atasnya. Tarik salah satu kaki sampai menyentuh siku tangan, dan satu kaki lainnya diluruskan. Angkat kaki dan bahu secara bersamaan, tanpa menarik bagian leher agar tidak terjadi cidera pada otot leher.

Lakukan olahraga otot perut ini 15 kali yang terbagi menjadi 3 set. Olahraga ini bisa dilakukan di rumah seminggu 2 sampai 3 kali. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal bisa dilakukan setiap hari.

2. Flutter Kick

Olahraga otot perut yang selanjutnya yaitu flutter kick yang dilakukan diatas matras. Dengan cara berbaring lurus diatas matras, lalu letakkan telapak tangan di bawah bokong. Lalu angkat kaki setinggi kurang lebih 10 cm. Kemudian lakukan gerakan seperti menendang atau mengayuh sepeda selama beberapa menit.

Jika kaki sudah terasa berat dan lelah turunkan kaki secara perlahan, olahraga otot perut ini bisa dilakukan setiap hari selama kurang lebih 10-15 menit.

3. Leg Raise

Olahraga ini hampir sama dengan flutter kick, hanya saja olahraga otot perut ini mengangkat kaki lebih tinggi sampai bokong terangkat. Rilekskan badan lalu berbaring lurus diatas matras, setelahnya letakkan tangan di bawah bokong.

Angkat kaki setinggi-tingginya sampai bokong terangkat, letakkan semua beban pada otot perut agar otot perut berbentuk. Gerakan ini dapat dilakukan setiap hari dengan durasi waktu 15 menit dan lakukan 15 kali yang terbagi menjadi 3 set.

4. Sit-Up

Mendapatkan perut six-pack selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga sit-up, olahraga otot perut yang satu ini paling sering dan paling mudah dilakukan di rumah. Walaupun tergolong olahraga yang mudah, tapi hasil yang diberikan cukup maksimal. Caranya hanya berbaring di atas matras tekuk kaki dan letakkan tangan di belakang kepala.

Angkat tubuh bagian atas dan usahakan agar kaki tidak ikut terangkat. Bisa juga meletakkan beban di bagian dada agar kekuatan otot perut bertambah. Saat mengangkat badan bisa juga sambil menjulurkan lengan ke depan agar otot lengan ikut terbentuk.

5. Push-Up

Jangan dikira push-up tidak bisa membuat otot perut menjadi six-pack lho, karena saat push-up beban tidak hanya bertumpu pada tangan. Tapi juga bertumpu pada otot perut, karena harus menahan beban agar tubuh tetap seimbang.

Lakukan olahraga ini dengan perlahan mengangkat tubuh yang bertumpu pada lengan, tahan beberapa menit. Lalu turun pelan-pelan sampai semua otot terasa seperti tertarik, terutama otot perut itu berarti push-up yang dilakukan berhasil. Lakukan olahraga otot perut ini setiap hari sebanyak 10-20 kali.

6. Swiss Ball Crunch

Alat yang digunakan adalah sebuah bola. Cara melakukannya yaitu duduk diatas bola dengan posisi badan tegap dan kaki menyentuh lantai. Lalu baringkan tubuh secara perlahan, sampai seluruh punggung menyentuh bola.

Kemudian angkat badan sampai kembali ke posisi semula (duduk). Lakukan olahraga otot perut ini secara teratur agar mendapatkan otot perut yang diinginkan.

Demikianlah 6 olahraga otot perut yang bisa dilakukan di rumah agar otot perut menjadi six-pack. Olahraga di atas dapat dicoba jika ingin memiliki perut six-pack sehingga menambah kepercayaan diri.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button