Kesehatan

7 Cara Cepat Untuk Menstruasi Efektif Dan Alami

Menstruasi adalah hal alamiah yang dialami oleh semua wanita. Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita mengalami telat untuk menstruasi, sehingga mengganggu kesehatan tubuh. Misalnya stres berkepanjangan, setelah melakukan kuretase, atau menjalani KB. Cara cepat untuk menstruasi yang efektif dan alami bisa dilakukan oleh siapapun asal telaten untuk dilakukan.

Bagi wanita yang belum mendapat menstruasi tidak perlu khawatir lagi. Adakalanya menstruasi belum datang karena aktivitas hormon yang tidak stabil. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa juga berkonsultasi ke fasilitas kesehatan untuk memeriksakan sistem reproduksi dalam keadaan sehat atau tidak. Ada beberapa cara cepat untuk menstruasi yang aman dan efektif untuk dilakukan wanita, berikut ulasannya :

1. Hindari Stres Berkepanjangan

Stres mengakibatkan hormon serotonin menekan hormon kewanitaan lainnya sehingga bisa menunda menstruasi untuk wanita. Cara cepat untuk menstruasi yang bisa dilakukan adalah melakukan terapi stres agar tidak berlangsung berkepanjangan. Bisa juga melakukan yoga dan menyalakan aroma terapi agar rileks.

Cara lain untuk menghindari stres adalah hidup dengan penuh rasa syukur dan selalu berpositive thinking. Dijamin, saat melakukan pola hidup seperti ini akan membuat hidup lebih tenang dan menstruasi bisa datang secara rutin.

2. Konsumsi Makanan Yang Cepat Mendatangkan Datang Bulan

Ada beberapa sumber makanan yang bisa mempercepat datangnya menstruasi. Misalnya buah dan sayuran yang mengandung asam folat, Fe, Zinc dan lain sebagainya. Contoh buah dan sayur yang dimaksud adalah wortel, labu, pepaya, jahe, kunyit dan lain sebagainya.

Makanan yang banyak mengandung vitamin C juga bisa dikonsumsi sebagai salah satu ikhtiar. Cara cepat untuk menstruasi satu ini tidak perlu biaya mahal untuk dilakukan. Terapkan di menu makanan sehari-hari agar lebih mudah dilakukan.

3. Berendam Di Air Hangat

Cara cepat untuk menstruasi lainnya adalah berendam di air hangat. Wanita yang berendam di air hangat bisa rileks dan pada akhirnya stres berkurang. Rasa penat dan lelah melakukan aktivitas sehari-hari juga bisa teratasi dengan berendam air hangat. Sangat disarankan untuk dilakukan agar bisa menstruasi secara teratur terutama untuk menghindari PMS.

4. Gunakan Teknik Akupuntur

Akupuntur bisa dilakukan oleh wanita yang sudah melakukan segala cara pengobatan medis lainnya namun tidak berhasil juga. Akupuntur merupakan solusi lain agar segera mendapatkan menstruasi. Cara cepat untuk menstruasi satu ini memang terlihat menakutkan, namun jangan khawatir selama dilakukan oleh orang yang profesional. Sesekali coba akupuntur untuk pengobatan alternatif selain cara diatas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Minum Air Putih Yang Cukup

Agar menstruasi segera datang usahakan tubuh tidak dalam kondisi dehidrasi. Konsumsi air mineral minimal 1,5 liter per hari. Biasakan diri untuk meminum air putih agar elektrolit dalam tubuh seimbang, sehingga menstruasi bisa datang dengan segera.

6. Tidak Begadang

Begadang bisa mengakibatkan hormon menjadi kacau, sehingga mempengaruhi kesehatan reproduksi wanita. Salah satu cara untuk menghindari begadang adalah tidak mengkonsumsi kafein, rokok, maupun minuman beralkohol. Buatlah jurnal agar kualitas hidup lebih berkualitas dan produktif. Cara menstruasi satu ini bisa juga untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya.

7. Olahraga Teratur

Selain menjaga kesehatan, olahraga juga bisa membuat aktivitas hormon stabil. Wanita yang melakukan olahraga secara teratur akan minim sekali mengalami masalah pada reproduksi wanitanya. Disarankan untuk yang lama tidak mengalami menstruasi agar olahraga secara pola teratur dan menjalani hidup sehat lainnya.

Cara cepat untuk menstruasi di atas bisa dilakukan secara berkala dengan komitmen yang kuat. Mungkin efek pada setiap wanita akan berbeda-beda, namun jika dilakukan dengan telaten menstruasi akan cepat datang.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close