Kesehatan

7 Cara Cepat Untuk Tidur Yang Efektif Dan Alami Untuk Dilakukan

Setiap manusia membutuhkan tidur untuk menjaga kesegaran tubuh mereka. Orang yang kekurangan waktu tidur akan membuat sistem tubuh mengalami lesu dan wajah akan nampak letih. Ada juga tipe orang yang memang susah tidur karena berbagai faktor. Memang nampak sepele, namun ada beberapa cara cepat untuk tidur yang bisa dilakukan untuk orang yang insomnia.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh penderita insomnia agar bisa tidur. Meminum obat-obatan setiap hari juga tidak baik untuk kesehatan, oleh karena itu ada beberapa cara cepat untuk tidur secara cepat dan alami. Berikut ulasannya :

1. Jangan Tidur Siang

Tidur siang memang baik untuk kesehatan, namun jika berlebihan akan membuat tubuh menjadi lemas. Bagi para penderita insomnia hindari tidur siang, agar pada saat malam hari bisa tidur lebih cepat. Cara cepat untuk tidur ini memang butuh usaha keras dan konsisten bagi yang terbiasa tidur siang. Dalam keadaan terpaksa tidur siang bisa dilakukan hanya dengan waktu 30 menit saja, tidak boleh lebih.

2. Hindari Mengkonsumsi Kafein

Kafein memiliki fungsi agar terhindar dari rasa kantuk. Bagi penderita insomnia jangan membiasakan diri untuk mengkonsumsi kafein secara berlebih. Terutama untuk penggemar kopi dan teh. Mengkonsumsi kafein boleh saja dilakukan selama terkendali.

Coklat juga mengandung kafein, jadi hindari makanan yang mengandung coklat dan lebih memilih mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur. Hal ini merupakan cara cepat untuk tidur yang efektif dilakukan.

3. Lakukan Aktivitas Fisik Sebelum Tidur

Memang tidak banyak orang tahu cara cepat untuk tidur satu ini. Melakukan aktivitas fisik sebelum jam tidur bisa dilakukan agar tubuh merasa lelah. Tubuh akan memberikan sinyal ke otak untuk melakukan istirahat dan pada akhirnya bisa tidur lebih cepat.

Cara cepat untuk tidur ini bisa dilakukan oleh anak-anak sekalipun. Aman untuk dilakukan oleh berbagai kalangan selama fisiknya masih sehat. Misalnya dengan berjalan atau melakukan olahraga sebelum tidur.

4. Jangan Hidupkan Media Elektronik Dan Handphone

Hindari menghidupkan TV, radio yang menyebabkan otak bekerja saat memasuki waktu tidur. Sekalipun bisa tidur, menyalakan TV ataupun radio bisa membuat kualitas tidur menjadi buruk karena otak masih menerima sinyal informasi dari luar. Kesimpulannya suara berisik secara otomatis akan membuat kualitas tidur menjadi buruk.

Sebelum berangkat ke tempat tidur matikan segala bentuk media elektronik seperti TV, radio dan handphone sekalipun. Fokuskan diri untuk tidur dan buat posisi senyaman mungkin untuk tidur.

5. Nyalakan Kipas Atau AC

Cara cepat untuk tidur satu ini sangat penting dilakukan. Fungsinya adalah membuat suasana senyaman mungkin. Menyalakan kipas angin atau AC bisa membuat suhu menjadi dingin. Suhu yang dingin bisa merangsang otak untuk cepat beristirahat. Ini sangat efektif untuk dilakukan penderita insomnia. Sekali-kali bisa menginap di area perbukitan untuk merefresh tubuh kembali dengan udara segar dan suhu dingin.

6. Matikan Lampu

Sama seperti sebelumnya, cara cepat untuk tidur satu ini untuk menciptakan suasana nyaman. Adanya membuat otak menstimulasi agar mata tetap terjaga, jadi sangat mengganggu waktu istirahat. Mematikan lampu atau menggunakan cahaya yang minim bisa membuat tidur menjadi berkualitas.

7. Gunakan Aromaterapi

Cara cepat untuk tidur ini bisa dilakukan untuk menciptakan suasana menjadi rileks dan menyenangkan. Aroma terapi bisa dilakukan sebagai tambahan dalam menciptakan istirahat yang berkualitas. Pilihlah aroma terapi yang menenangkan dan menyegarkan.

Cara cepat untuk tidur diatas sangat efektif untuk dilakukan oleh penderita insomnia. Memiliki waktu tidur yang berkualitas akan membuat tubuh menjadi segar untuk melakukan aktivitas di keesokan harinya.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close