Kesehatan

7 Cara Perawatan Untuk Kulit Kering Yang Bisa Jadi Referensi

Perawatan kulit adalah hal penting sehingga membuat kulit halus dan kencang. Jika kulit tidak dirawat dengan benar, akan menimbulkan banyak hal buruk, salah satunya kulit menjadi kering. Tentunya hal itu akan membuat penampilan menjadi buruk serta tidak baik juga untuk kesehatan. Berikut 7 cara perawatan untuk kulit kering yang bisa jadi referensi:

1. Menggunakan Sabun Pembersih Yang Tepat

Tentu sabun adalah hal penting yang tidak dapat dihilangkan. Namun beberapa sabun wajah yang bertujuan untuk pembersih bisa terlalu kelas untuk kulit yang sensitif. Jika setelah memakai sabun pembersih kulit terasa kering itu berarti kulit tidak cocok dengan sabun. Berarti sabun pembersih belum tepat.

Perawatan untuk kulit kering bisa dengan memilih sabun pembersih yang tepat. Jangan gunakan produk yang mengandung sodium lauryl sulfate karena dapat mengurangi kelembaban dari kulit. Pilihlah yang mengandung moisturizing yang baik untuk kulit.

2. Mandi Atau Kompres Dengan Air Hangat

Mandi dengan air panas setelah lelah seharian beraktivitas memang akan sangat membantu namun janganlah terlalu lama. Karena mandi terlalu lama dengan air hangat akan membuat berkurangnya kandungan minyak alami dalam tubuh. Jadi mandilah sekitar 5-10 menit saja jika dengan air hangat.

Cara perawatan untuk kulit kering selain mandi bisa juga dengan cara mengompres area yang kulitnya kering dengan air hangat. Gosokkan lembut dengan gerakan melingkar kecil sehingga sisa kulit mati dapat terangkat. Lakukan beberapa kali dalam sehari, sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.

3. Berendam Air Susu

Jika kulit kering berendam dengan air susu akan cukup bermanfaat. Perawatan untuk kulit kering ini cukup mudah, kompres atau mandi air susu dan pastikan kulit kering terendam air susu kurang lebih selama 10 menit. Lemak dan asam laktat yang ada dalam susu diyakinkan mampu membersihkan wajah dan memberikan kelembaban ekstra sehingga kulit tidak akan kering.

4. Tubuh Dikeringkan Dengan Baik

Banyak yang berfikir, membuat tubuh tetap lembab setelah mandi dinilai mampu membantu meningkatkan kelembaban kulit. Sangat salah. Karena setelah air menguap dari permukaan kulit, membuat kulit menjadi lebih kering dari sebelumnya. Maka dari itu, keringkanlah kulit dengan benar setelah mandi.

Pilihlah jenis handuk yang bertekstur halus, karena jika teksturnya kasar dapat membuat gesekan antar kulit sehingga lapisan kulit luar akan rusak. Sehingga kekeringan akan terus meningkat bahkan bisa menimbulkan iritasi. Perawatan untuk kulit kering ini cukuplah mudah, hanya dengan kain lembut serta bersih dan jangan menggosok tubuh yang kering.

5. Oleskan Pelembab Yang Tepat

Perawatan untuk kulit kering berikutnya dengan cara mengoleskan pelembab yang tepat sesuai yang dibutuhkan kulit. Gunakan setidaknya dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam. Pilihlah pelembab yang tidak mengandung komedogenik dan yang ringan di kulit. Pelembab juga harus mengandung shea butter, asam stearat, ceramides dan gliserin.

Bisa juga dengan menggunakan pelembab yang mengandung asam laktat sehingga mampu membantu menghilangkan lapisan teratas kulit yang kering dan menembus lapisan kulit di bawahnya hingga menjadi sehat. Oleskan pelembab beberapa kali sehari. Hindari yang mengandung alkohol karena dapat membuat kelembaban kulit berkurang.

6. Oleskan Masker Racikan Sendiri

Jika dirasa masker yang ada di pasaran mengandung zat yang berbahaya bagi kulit, maka jalan keluarnya dengan membuat racikan masker sendiri. Perawatan untuk kulit kering bisa menggunakan bahan dasar alami, seperti dari buah-buahan, madu, yogurt dan susu. Sehingga mampu mengobati kulit kering. Bisa juga dengan isi dari tanaman lidah buaya yang dioleskan sebagai masker.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Air memang memiliki banyak manfaat, seperti bisa menjadi perawatan untuk kulit kering. Dengan banyak mengonsumsi air putih, kelembaban dalam kulit akan terjaga. Karena tubuh yang kekurangan cairan penyebab dari munculnya kulit kering.

Itulah 7 cara perawatan untuk kulit kering yang bisa jadi referensi. Karena semakin bertambahnya umur, banyak sekali resiko yang menimpa kulit. Jika kulit tidak dirawat dengan tepat akan menimbulkan masalah ke depannya.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close