Kesehatan

7 Hal Yang Harus Dilakukan Pada Perawatan Setelah Operasi Katarak

Banyak yang hanya berfikir jika operasi katarak sudah selesai maka akan memulihkan mata. Padahal, perawatan setelah operasi katarak juga perlu diperhatikan. Berikut 7 hal yang harus dilakukan pada perawatan setelah operasi katarak, di antaranya :

1. Beristirahat Selama 24 Jam Setelah Operasi

Biasanya setelah melakukan operasi, pasien mengeluh ada rasa aneh di mata yang mengganjal. Itu adalah gejala mata kering akibat jahitan saraf yang terpotong dan ada permukaan yang teriritasi karena zat antiseptik dari operasi. Makan dari itu perawatan setelah operasi katarak adalah dengan beristirahat selama 24 jam setelah operasi.

Pemulihan saraf akan memakan waktu beberapa bulan, rasa tidak nyaman akan muncul. Tetapi dokter akan memberikan resep obat untuk menghilangkan gejala-gejala sehingga tidak terjadi infeksi.

2. Menjauhkan Mata Dari Air

Mata yang baru saja dioperasi tidak boleh terkena air dulu. Periode waktu dimana mata tidak boleh terkena air cukup bervariasi tergantung anjuran dari dokter yang disesuaikan dari jenis operasinya. Perawatan setelah operasi katarak dengan tidak membiarkan mata terkena air dimaksudkan untuk meminimalisir penyebaran infeksi serta rasa kurang nyaman setelah operasi.

Jadi jangan dulu mencuci wajah, tunggulah beberapa hari setelah operasi, semua dapat dibicarakan dengan dokter agar petunjuknya lebih spesifik. Saat mengeringkan wajah dengan handuk, harus berhati-hati jangan sampai handuk mengenai mata.

3. Hindari Penggunaan Produk Kosmetik Di Sekitar Mata

Salah satu perawatan setelah operasi katarak adalah dengan menghindari penggunaan produk kosmetik di sekitar mata. Karena produk dapat membuat iritasi pada mata dan dapat meningkatkan infeksi dan tentunya akan berakibat membahayakan kesehatan mata paska operasi. Kosmetik lain di wajah dan bibir tidak dilarang, hanya yang disekitar mata saja.

4. Gunakan Pelindung Mata Ketika Tidur

Biasanya dokter akan menganjurkan penggunaan pelindung mata ketika tidur karena hal ini merupakan perawatan setelah operasi katarak yang cukup ampuh. Pelindung mata akan membuat pasien tercegah saat hendak menggosok atau mengucek mata secara tidak sengaja saat tidur.

5. Lindungi Mata Dari Paparan Matahari Langsung

Paska operasi, mata tidak dapat dengan mudah beradaptasi dengan cahaya. Karena cahaya yang terlalu terang seperti matahari akan menimbulkan sensitivitas yang ekstrem sehingga akan menimbulkan rasa sakit. Perawatan setelah operasi katarak ini bisa dilakukan dengan menggunakan kacamata hitam ketika sedang di luar ruangan. Hal ini akan mampu melindungi mata dari apapun yang dapat menyakiti.

Mengenakan kacamata hitam ketika keluar terutama saat siang hari diperlukan sekitar selama 3 sampai 7 hari. Diskusikan dengan dokter yang akan menjelaskannya lebih lanjut.

6. Mengonsumsi Vitamin

Dengan mengonsumsi vitamin akan membantu menyempurkan pola makan. Perawatan setelah operasi katarak dianjurkan mengonsumsi vitamin C, Vitamin E, Zeaxanthin, Lutein dan Vitamin A.  Vitamin dapat membantu pemulihan mata lebih cepat, karena zat yang terkandung di dalam vitamin sangat dibutuhkan untuk pemulihan mata paska operasi.

7. Menggunakan Obat Tetes Mata

Biasanya dokter akan memberikan dua resep obat tetas mata sebagai perawatan setelah operasi katarak. Terdiri dari obat tetes antibakteri yang dapat melindungi mata dari infeksi dan obat tetes antiiflamasi yang dapat mencegah peradangan. Sebaiknya tunggu sekitar 5 menit dari pemakaian obat tetes mata yang pertama sebelum meneteskan obat tetes mata berikutnya. Jangan menyentuh mata dengan ujung botol obat tetes mata.

Itulah 7 hal yang harus dilakukan pada perawatan setelah operasi katarak. Jika semua yang disarankan dokter dilakukan dengan disiplin, baik dan benar pasti mata akan lebih cepat pulih paska operasi.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button