KesehatanTekno

7 Perawatan Pasca Melahirkan Secara Normal

Setelah melahirkan, baik itu secara normal maupun tidak seorang ibu pasti menginginkan tubuhnya kembali lagi seperti semula. Tapi untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Melainkan butuh waktu dan proses serta perawatan pasca melahirkan.  Biasanya untuk pemulihan ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 6 bulan.

Pada masa pemulihan ini seorang ibu banyak mengalami perubahan fisik dan juga perubahan emosional. Karena pasca melahirkan, seorang ibu harus bisa membagi waktu antara merawat sang buah hati serta merawat tubuhnya sendiri supaya kondisinya bisa kembali seperti sebelum hamil. Berikut adalah beberapa tips perawatan pasca melahirkan secara normal:

1. Perawatan Pasca Melahirkan Untuk Nyeri Pada Miss “V”

Setelah melahirkan secara normal, nyeri pada miss v merupakan masalah yang banyak dikeluhkan oleh sebagian besar wanita. Karena dalam proses persalinan secara normal miss v sangat berperan penting dalam menjalankan tugasnya sebagai pintu keluarnya bayi yang pada umumnya mempunyai berat 3-4 kg.

Tidak jarang ada dokter memberikan tindakan episiotomi atau dikenal dengan robekan yang sengaja untuk membuat jalan lahir agar lebih besar. Perawatan yang bisa dilakukan untuk meringankan nyeri pasca melahirkan diantaranya menjaga kebersihan mis v, kompress miss v dengan air dingin, dan menggunakan bantalan ketika duduk.

2. Melatih Otot Panggul Dengan Senam Kegel

Seorang ibu yang melahirkan secara normal biasanya akan mengalami gangguan pada jaringan ikat pada area kandung kemih. Hingga ada yang sampai mengalami kerusakan saraf dan otot pada kandung kemih. Kerusakan ini menyebabkan ibu yang melahirkan secara normal akan sering buang air kecil.

Untuk mempercepat proses penyembuhan ini ibu bisa melakukan senam yang melibatkan otot panggul atau biasa disebut senam kegel. Selain bisa menyembuhkan kerusakan syaraf pada kandung kemih, senam kegel juga bisa untuk mengecilkan perut buncit pasca melahirkan.

3. Perawatan Payudara

Bagi ibu yang menyusui pastinya banyak sekali keluhan pada payudara mulai dari payudara bengkak, nyeri payudara  hingga kebocoran ASI yang disebabkan terlalu banyaknya produksi ASI. Perawatan payudara pasca melahirkan bisa dilakukan ibu di rumah yaitu dengan cara mengurutnya secara perlahan  serta bisa juga dengan mengompresnya dengan air dingin.

4. Mengatasi Kontraksi Pasca melahirkan

Perawatan berikutnya untuk ibu yang melahirkan secara normal adalah perawatan kontraksi  pasca melahirkan. Ibu yang mengalami kontraksi berlebihan ketika melahirkan bisa menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut dan rahim yang bisa dirasakan hingga setelah melahirkan. Untuk meredakan rasa nyeri tersebut ibu bisa mengompreskan air dingin atau air es pada bagian perut dan rahim.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Sembelit merupakan hal yang banyak dirasakan oleh ibu setelah melahirkan. Maka dari itu untuk mengatasi kesulitan buang air besar, ibu yang habis melahirkan disarankan untuk mengkonsumsi buah buahan dan sayuran yang banyak mengandung serat setidaknya 2-3 kali dalam sehari.

6. Perawatan Tubuh Pasca Melahirkan

Merawat kebugaran tubuh pasca melahirkan merupakan hal yang perlu di prioritaskan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pijat terutama pijat lembut di area perut sangat membantu menyusutkan rahim setelah melahirkan. Dengan pijatan yang dilakukan oleh ahli terapis yang profesional  juga mampu mengembalikan kebugaran dan kesehatan ibu.

7. Istirahat Yang Cukup

Istirahat merupakan bagian yang sangat penting untuk memulihkan kesehatan tubuh ibu setelah melahirkan.  Selain untuk kesehatan fisik, istirahat yang cukup juga baik untuk kesehatan mental.

Itulah beberapa perawatan yang sangat bagus dilakukan untuk ibu setelah melahirkan secara normal. Kegiatan  tersebut juga bisa membuat kesehatan ibu lekas pulih dan tetap bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari hari.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button