Kesehatan

Bahaya Diet Ekstrim Yang Perlu Diperhatikan

Diet merupakan pengaturan pola makan guna menjaga kesehatan tubuh. Diet biasanya dilakukan guna mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Jadi diet sejatinya diperbolehkan selama sesuai aturan dan tetap mengkonsumsi zat zat yang wajib di serap tubuh. Namun ada juga yang menjalani diet ekstrim untuk mendapatkan tubuh yang sesuai keinginan. Berikut 5 bahaya diet ekstrim yang tidak baik bagi kesehatan :

1. Menghambat Proses Pertumbuhan

Perempuan biasanya mementingkan penampilan apalagi pada saat usia remaja mereka lebih mengutamakan kecantikan dan mengesampingkan kesehatan. Mereka berfikir cantik itu adalah dengan berat yang porposional dan ideal. Bahkan tidak jarang dari mereka melakukan diet ekstrim.

Pada masa remaja adalah pada masa pertumbuhan tentu saja nutrisi yang masuk haruslah terpenuhi sehingga otot dan tulang dapat dapat berfungsi dengan baik. Namun jika melakukan diet ekstrim tentunya akan menghambat dalam proses pertumbuhan pada tubuh. Ini diakibatkan karena kurangnya asupan nutrisi maupun gizi yang masuk yang diperlukan untuk pertumbuhan.

2. Mengakibatkan Penyakit

Bahaya diet ekstrim selain menghambat proses pertumbuhan tentu saja mengakibatkan datangnya penyakit. Hal ini dikarenakan kekebalan tubuh akan berkurang dan menyebabkan mudahnya penyakit menyerang ke dalam tubuh. Jika tidak ingin mudah terserang oleh penyakit sebaiknya hindari diet ekstrim.

Berikut adalah beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh diet ekstrim diantaranya Anorexia yaitu penyakit yang penderitanya  tidak mempunyai selera makan karena takut gemuk. Bulumia Nervosa ini merupakan penyakit mental yang penderitanya mempunyai selera makan yang tinggi dan dengan porsi yang besar dan berulang ulang namun ingin cepat cepat mengeluarkannya dan biasanya dengan memuntahkannya.

Amenorrhea adalah penyakit dengan siklus menstruasi yang terhenti dalam jangka yang panjang sehingga mengganggu sistem reproduksi dan sistem elektrolit tidak seimbang. Juga dapat menyebabkan depresi merasa tubuh belum ideal dan akan melakukan diet jangka panjang ini akibat dari tekanan yang membuat pikiran menjadi tidak tenang.

3. Menyebabkan Penuaan Dini

Bahaya diet ekstrim juga dapat menyebabkan penuaan dini. selain menghambat pertumbuhan dan menyebabkan penyakit juga berdampak pada kulit tubuh. Kurangnya nutrisi masuk ke dalam kulit membuat  penuaan dini lebih cepat terasa karena sel kulit baru lebih sulit tumbuh. Ingin tampil cantik memang menjadi harapan bagi semua wanita namun jangan sampai malah menyiksa kulit bahkan tubuh. Apalagi jika malah menjadi lebih tua dari usia sebenarnya atau sering disebut dengan penuaan dini.

4. Menyebabkan Depresi

Dengan membatasi makanan yang dikonsumsi,  jumlah porsi serta jam makan jika dilakukan dalam jangka yang panjang hal ini dapat membuat depresi. Jika  dilakukan secara terus menerus dan jangka yang panjang meskipun tekanan tersebut datangnya dari diri sendiri. Selalu merasa bahwa badan yang didapat dari diet masih kurang ideal membuat pikiran menjadi tidak tenang. Sehingga secara mental maupun fisik menjadi tertekan  sehingga membuat depresi.

5. Menyebabkan Kematian

Yang lebih parah bahaya diet ekstrim adalah dapat menyebabkan kematian. Kurangnya asupan gizi maupun nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh namun orang yang menjalankan diet ekstrim tidak memperdulikan itu. Akibatnya kinerja tubuh pun akan menurun karena tidak mendapatkan asupan nutrisi yang seharusnya. Yang lebih parahnya akibat yang terjadi adalah berhentinya semua proses dalam tubuh.

Ternyata bahaya diet ekstrim bagi kesehatan cukup fatal akibat yang diberikan. Penting bagi kita untuk mengetahui hal ini, jangan hanya memikirkan badan yang ideal sampai melakukan diet ekstrim. Diet boleh dilakukan namun tetap harus memperhatikan kesehatan agar terhindar dari penyakit berbahaya, terutama menghindari diet ekstrim yang salah satunya dapat menyebabkan kematian ini.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close