Kesehatan

Cara Melakukan Senam Kegel Yang Baik Dan Benar

Senam otot panggul bawah atau biasa disebut senam kegel merupakan cara untuk memperbaiki masalah pada otot panggul bawah sehingga dapat mengencangkan otot panggul bawah tetapi semua itu jika tahu cara melakukan senam kegel yang benar. Untuk melakukan senam kegel tidak membutuhkan peralatan khusus, pakaian seperti senam biasanya atau memiliki gerakan rumit , senam kegel dapat dilakukan dengan berbaring saat menonton tv atau aktivitas ringan lainnya.

Senam kegel dapat bermanfaat mengobati wasir, merapatkan vagina sehabis melahirkan. Lakukan dengan berbaring sembari menekuk kedua lutut, gaya gravitasi akan berkurang seingga perlahan tubuh akan rileks, tentu semua itu bisa terjadi jika dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Berikut cara melakukan senam kegel yang baik dan benar:

Mengetahui Letak Otot Panggul Bawah

Saat buang air kecil, cobalah untuk menahan keluarnya urine. Otot yang menahan keluarnya urine itulah yang disebut otot panggul bawah. Disini hanya menahan keluarnya urine untuk mengetahui letak otot panggul, bukan sesuatu hal yang harus diulangi di kemudian hari. Jika dirasa sudah mengetahui letak otot panggul bagian bawah tidak perlu menahan keluarnya urine.

Cara melakukan senam kegel ini terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan pergerakan yang menguras keringat seperti senam pada umumnya. Bahkan tidak ada efek samping jika dilakukan dalam jangka waktu lama.

Kosongkan Kandung Kemih

Cara melakukan senam kegel dimulai dengan posisi berbaring. Kencangkan otot panggul bawah anda, tahan selama kurang lebih lima detik, baru setelah itu lepaskan. Ulangi sampai beberapa kali. Setelah dirasa menahan selama lima detik tidak bermasalah, barulah tambah durasi menjadi kurang lebih sepuluh detik.

Jika dirasa tubuh tidak kuat, jangan dipaksakan. Senam kegel yang semulanya bermanfaat akan menjadi hal buruk jika dipaksakan. Karena hanya diri sendiri yang paham betul sejauh apa tubuh ini mampu bertahan saat melakukan aktivitas fisik.

Fokus

Usahakan melakukan pengencangan otot panggul bawah ini dengan fokus agar hasil sesuai dengan yang diinginkan. Cara melakukan senam kegel kuncinya adalah rileks, jadi tetaplah bernafas bukan menahan nafas. Jika menahan nafas, bukannya rileks perlahan tubuh akan kehabisan oksigen dan mulai panik.

Hindari melakukan hal seperti mengencangkan otot perut, paha dan bokong. Hal tersebut akan menghilangkan titik fokus dan membuat semuanya buyar. Setelah itu lemaskan kembali otot panggul bagian bawah selama tiga detik.

Jangan Menahan Buang Air Kecil

Jika dirasa ingin buang air kecil, sebaiknya  kegiatan senam kegel dihentikan dulu. Kegiatan senam ini jangan sampai dilakukan sambil menahan buang air kecil. Karena hal itu tidak masuk dalam cara melakukan senam kegel yang baik dan benar, justru hal tersebut akan membuat otot panggul melemah dan berakibat terinfeksinya saluran kencing.

Ulangi Gerakan

Untuk hasil yang maksimal cara melakukan senam kegel yang terakhir adalah dengan mengulangi latihan sebanyak tiga kali sehari. Lakukan seperti tahap dua yaitu durasi sepuluh detik. Jika anda sudah terbiasa melakukan senam kegel, cobalah menahan otot panggul lebih lama lagi tetapi ingat harus tetap konsisten agar hasil sesuai yang diharapkan.

Untuk pemula kegiatan senam kegel dapat dilakukan dengan permulaan sehari sekali dan usahakan lakukan dengan santai, jangan terburu-buru. Carilah waktu anda santai, seperti malam hari atau akhir pekan di pagi hari sembari menonton tv.

Itulah cara melakukan senam kegel yang baik dan benar. Jika dirasa cara berbaring sudah dikuasai barulah lakukan senam kegel dengan cara berdiri atau sambil berjalan agar otot panggul semakin kencang. Manfaat senam kegel tidak bisa dirasakan seketika itu juga. Sama halnya dengan senam lainnya, semua harus tetap rutin melaksanakannya.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close