Kesehatan

Cara Melatih Fisik Agar Tidak Cepat Lelah Dalam Rutinitas Yang Padat

Dalam menjalankan sebuah rutinitas, kita harus mempunyai stamina yang prima serta kondisi tubuh yang sehat. Semakin sehat tubuh kita, maka semakin mudah menjalankan rutinitas. Namun tanpa disadari, di sela rutinitas yang padat kita sering mengabaikan hal-hal kecil yang diperlukan tubuh. Kita tidak akan menyadari itu sebelum kita merasa lelah bahkan sakit. Apabila kamu termasuk seseorang yang mudah lelah dalam beraktivitas, berikut cara melatih fisik agar tidak cepat lelah dalam rutinitas yang padat:

1. Minum Banyak Air Putih

Air putih merupakan cairan tubuh yang harus terpenuhi. Disetiap hari kita harus mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter setiap hari. Apabila tubuh kita kekurangan air, maka akan mengalami dehidrasi seperti radang tenggorokan, suhu badan tinggi dll. Untuk mengatasi ini maka kita harus mengkonsumsi air putih yang banyak.

Hal ini mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang. Namun hal kecil ini akan menjadi penghambat apabila tidak diterapkan dalam tubuh. Cara melatih fisik agar tidak cepat lelah yang satu ini sangatlah mudah namun sering dilupakan. Oleh karena itu, kita harus mengingat hal yang satu ini.

2. Konsumsi Makanan Yang Sehat

Makanan yang sehat akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Semakin banyak asupan makanan yang bergizi maka membuat tubuh kita jauh dari kelelahan maupun penyakit. Namun tren di zaman sekarang, mengkonsumsi junk food adalah sebuah kebiasaan. Junk food merupakan makanan yang tidak sehat apabila dikonsumsi setiap hari.

Oleh karena itu untuk memperoleh tubuh yang prima maka perbanyaklah makanan yang mengandung vitamin, protein, karbohidrat dan lemak yang seimbang. Semakin banyak vitamin yang masuk kedalam tubuh maka semakin sehat tubuh kita.

3. Istirahat Yang Cukup

Didalam rutinitas sehari-hari terkadang kita mengabaikan istirahat. Banyak yang menyepelekan kata-kata ini. Untuk mengembalikan stamina tubuh, kita juga harus istirahat setidaknya 8 jam setiap hari. Istirahat bisa berupa istirahat tubuh seperti tidur dan istirahat pikiran seperti melakukan hal-hal yang kita suka.

Kita harus peduli terhadap tubuh apabila kita menginginkan tubuh yang tidak cepat lelah dan sehat. Oleh karena itu perbaiki pola istirahat, gunakan waktu dengan bijak, seimbangkan antara istirahat dengan rutinitas sehari-hari. Begitulah salah satu cara melatih tubuh agar tidak cepat lelah dalam melakukan kegiatan.

4. Menghindari Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk bisa seperti merokok dan minum minuman keras. Hindari kebiasaan buruk seperti itu. Mengapa? Karena kebiasaan yang seperti ini bisa merusak kesehatan tubuh serta sistem saraf otak. Apabila kesehatan kita terganggu maka akan berpengaruh terhadap kinerja kita.

Oleh karena itu, hindarilah hal-hal ini selain tidak baik untuk kesehatan, hal ini juga dapat merugikan kita secara materi. Kita bisa menggantikan kebiasaan buruk ini ke kebiasaan baru yang lebih positif.

5. Olahraga

Olahraga yang teratur merupakan cara melatih fisik agar tidak cepat lelah dalam beraktivitas. Kita bisa berolahraga di setiap pagi sekitar 15 menit-30 menit. Olahraga ini bisa dilakukan di luar ruangan &  di dalam ruangan seperti jogging, senam, lari dsb. Semakin sering kita berolahraga maka semakin prima tubuh kita.

Olahraga yang teratur akan membuat tubuh menjadi sehat serta menambah kekuatan fisik. Oleh karena itu luangkan waktu 15-30 menit di pagi hari untuk berolahraga. Olahraga ini bisa dilakukan sebelum kita memulai rutinitas.

Cara melatih fisik agar tidak cepat lelah dalam beraktivitas di atas merupakan sebagian cara untuk mengoptimalkan stamina tubuh. Masih banyak cara yang dilakukan untuk membuat tubuh tidak cepat lelah. Namun 5 cara ini merupakan cara yang terpenting untuk mengatasi tubuh yang cepat lelah.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close