Kesehatan

7 Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Sehat Secara Alami

Kesehatan adalah aset yang tak ternilai harganya. Memiliki tubuh yang sehat dan berstamina adalah impian setiap orang. Oleh karena itu jika tubuh sehat maka aktivitas menjadi lancar sehingga berpengaruh terhadap tingkat produktivitas. Beragam cara akan ditempuh untuk menjaga stamina agar memperoleh tubuh yang sehat. Berikut cara menjaga stamina tubuh agar tetap sehat secara alami :

1. Bangun Pagi Membuat Tubuh Segar

Awali hari yang baik dengan bangun pagi, karena bangun pagi akan memberikan keuntungan tersendiri. Dapat menghirup udara segar adalah salah satu keuntungan yang didapat saat bangun pagi. Udara pagi yang belum tercampur polusi dan mengandung oksigen yang tinggi dapat menjadikan tubuh lebih bugar. Ditambah lagi dengan melakukan olahraga ringan yang dapat menambah stamina tubuh.

2. Menjaga Asupan Nutrisi Harian

Cara menjaga stamina tubuh agar tetap sehat selanjutnya adalah dengan menjaga asupan nutrisi harian. Sebaiknya usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi harian agar diperoleh nutrisi yang seimbang. Kebutuhan gizi harian tersebut seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Dengan asupan nutrisi harian yang seimbang kondisi stamina dan kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

3. Minum Air Putih

Minum air putih secara teratur dapat meningkatkan kinerja otot sehingga stamina tetap terjaga. Kebutuhan air putih pada umumnya adalah minimal delapan gelas per hari. Selain menjaga stamina, minum air putih juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ginjal. Beberapa orang terkadang agak susah minum air putih dan untuk membiasakan diri sebaiknya bawa botol air minum setiap melakukan aktivitas.

4. Menjaga Stamina Tubuh Dengan Buah-Buahan

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Beberapa jenis buah bahkan dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena diperkaya dengan vitamin C dan antioksidan. Jeruk misalnya, buah yang satu ini sangat mudah didapatkan dan dapat membantu menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Tidak hanya jeruk, tentunya masih banyak lagi buah yang dapat dijadikan pilihan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

5. Tetap Aktif Bergerak

Seseorang yang terbiasa bergerak aktif staminanya menjadi terlatih sehingga sudah terbiasa melakukan banyak aktivitas. Selain itu, orang yang terbiasa aktif bergerak menjadikan tubuhnya tidak mudah lelah. Aktivitas fisik juga dapat menjadikan kinerja jantung, otot, dan paru-paru menjadi stabil. Tubuh dengan pola gerak aktif setiap harinya juga dapat menambah peningkatan energi.

6. Olahraga Teratur

Berolahraga teratur sangat penting untuk menaga stamina tubuh. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan olahraga ringan asal rutin dilakukan dapat membantu menjaga stamina tubuh. Terutama bagi yang jarang berolahraga, sebaiknya mulailah dengan olahraga ringan namun konsisten. Olahraga yang dapat dilakukan seperti lari pagi, stretching atau peregangan otot, dan lain sebagainya. Mungkin pada awalnya terasa letih namun jika dilakukan secara rutin membuat stamina tubuh semakin terlatih.

7. Istirahat Cukup

Cara menjaga stamina tubuh agar tetap sehat yang terakhir adalah dengan beristirahat cukup. Setelah melakukan beragam aktivitas fisik harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Tubuh yang terus menerus melakukan aktivitas perlu istirahat agar esok harinya bugar kembali. Lakukan tidur minimal tujuh hingga delapan jam per hari untuk memberikan kesempatan tubuh beristirahat. Selain, itu tidur cukup juga dapat menjaga kesehatan kulit.

Itu tadi cara menjaga stamina tubuh agar tetap sehat. Tentunya beragam cara tadi adalah cara yang alami dan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu stamina dan kesehatan tubuh adalah satu kesatuan yang harus dijaga karena keduanya adalah aset yang tak ternilai. Dengan stamina terjaga, tubuh akan selalu sehat dan dapat melakukan banyak aktivitas.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button