Kesehatan

Begini Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Sehat

Stamina mempunyai peranan yang sangat penting pada tubuh kita. Namun biasanya kita sering mengabaikan tentang pentingnya menjaga stamina tubuh. Dan itu tidak dapat kita pungkiri. Padahal ketika tubuh kita kehabisan stamina, tentu kita tidak dapat beraktivitas secara maksimal, baik itu aktivitas anda secara fisik ataupun aktivitas berpikir terutama pada waktu usia kita lebih tua. Untuk itu mulai dari sekarang, kita sudah harus memikirkan bagaimana cara menjaga stamina tubuh agar tetap sehat. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan:

1. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan obat terbaik untuk menambah energy, terutama olahraga gembira atau olahraga aerobik. Maka dari itu olahraga merupakan salah satu cara menjaga stamina tubuh agar tetap sehat yang bisa anda lakukan. Dengan olahraga produktivitas energy pun akan semakin banyak. Olahraga aerobik sebaiknya dilakukan secara rutin karena ini baik untuk kebugaran tubuh.

2. Banyak Minum Air

Tubuh kita tidak boleh kekurangan cairan karena nantinya darah akan mengental. Nah, yang pada akhirnya kekurangan cairan inilah yang menyebabkan kita kelelahan. Karena darah akan lebih lambat dialirkan dan butuh lebih banyak waktu untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan minum air secukupnya, maka akan meningkatkan stamina tubuh.

3. Beristirahat Walaupun Sejenak

Pada saat anda sudah mencapai titik jenuh dan kelelahan pada aktivitas, maka istirahatkan tubuh Anda dengan salah satunya tidur. Menurut penelitian yang dilakukan di Universty of Pennsylvania, Texas, dijelaskan bahwa kurang tidur menyebabkan turunnya produksi sel T (limfosit T).

Sel T ini bagian dari sel darah putih yang berperan penting dalam melawan patogen dan peningkatan imunitas. Apabila sel T menurun, maka akibatnya tubuh jadi lemah dan mudah terserang flu dan terinfeksi bakteri. Kurang tidur dalam jangka panjang juga meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi sangatlah penting karena jika kekurangan akan membuat tubuh anda terasa lelah. Oleh karena itu anda butuh vitamin terutama vitamin antioksidan, karena vitamin antioksidan membantu tubuh menetralkan kerusakan dalam sel karena serangan radikal bebas.

5. Kelola Stres Dengan Baik

Menurut penelitian, hampir 99% penyakit muncul diakibatkan gejala stres. Seseorang yang berada dalam kondisi despresi maka secara otomatis daya tahan tubuhnya menurun. Kinerja sel-sel yang bertugas dalam perlawanan penyakit menjadi kacau. Bahkan produksi hormon adrenalin juga ikut menurun.

Meski demikian, Anda tetap perlu mengendalikan stres. Sebab kondisi stres kronis dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh. Dengan melakukan relaksasi seperti senam tai chi, yoga, meditasi. Atau sesekali pergi berlibur ke tempat-tempat yang sejuk, maka Anda bisa mengurangi stres yang berlebihan.

6. Berjemur Di Bawah Matahari Pagi

Apakah selama ini Anda takut berjemur di bawah matahari karena takut hitam? Jika ya, stop untuk berfikir seperti itu! Sebaiknya pertimbangkan lagi ketakutan tersebut. Sebab sinar matahari mengandung vitamin D yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan anda tak perlu berlama-lama berjemur di bawah matahari. Karena ada jam-jam tertentu yang mana matahari dapat memberikan kesehatan pada tubuh. Jenis sinar matahari yang bagus adalah matahari pagi, yakni jam 7-9 pagi.

Di atas jam 10 pagi, paparan sinar UV justru berbahaya bagi kulit karena dapat memicu hiperpigmentasi atau bahkan kanker kulit. Menurut WHO, berjemur 2-3 kali dalam seminggu (rentang waktunya 5-15 menit) sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin D untuk tubuh.

Itulah beberapa cara menjaga stamina tubuh agar tetap sehat yang bisa anda lakukan di rumah dan cukup mudah. Kesehatan penting bagi kita oleh karena itu kita wajib menjaganya. Aktivitas juga akan makin lancar jika anda rajin menjaga kesehatan dan stamina tubuh.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close