Kesehatan

Ini Posisi Tidur Ibu Hamil 6 Bulan Yang Benar Dan Aman

Kehamilan adalah dambaan para wanita. Didalam vase kehamilan, pasti terdapat suka duka didalamnya. Saat hamil, ada banyak hal yang harus anda perhatikan termasuk posisi saat tidur. Apakah anda tahu posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil? Terutama posisi tidur ibu hamil 6 Bulan?

Mulai saat ini, bagi anda yang sedang hamil, alangkah baiknya tahu benar posisi-posisi tidur yang baik dan benar untuk ibu hamil, terutama untuk posisi tidur ibu hamil 6 Bulan. Berikut ini adalah Posisi tidur yang baik dan benar untuk ibu Hamil usia 6 bulan:

1. Tidur Setengah Duduk

Posisi tidur ibu hamil 6 Bulan bisa Tidur dengan setengah duduk. Posisi tidur seperti ini sangat baik dilakukan oleh ibu hamil yang mengalami masalah dengan lambung. Banyak ibu hamil yang memang memiliki masalah dengan asam lambung yang terkadang tiba-tiba meningkat (Heart Burn).

Saat anda tidur dengan posisi setengah duduk, anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa tulang punggung dan leher anda tidak ada tekanan, dengan cara menyusun bantal secara bertahap berbentuk sudut dengan kemiringan sempurna tan pa cekungan tajam.

 2. Tidur Posisi Miring

Posisi tidur ibu hamil 6 Bulan yang kedua adalah tidur dengan posisi miring. Posisi ini masih yang terbaik karena pada posisi ini, Rahim tidak menekan pembuluh darah, yang ia akan menghalangi gerak paru-paru, organ-organ dan juga tidak menegangkan otot-otot punggung.

Tidak adanya tekanan pada pembuluh darah, beberapa masalah seperti nyeri punggung, pegal-pegal, pusing dan bengkak kaki saat bangun tidur dapat diminimalisir, dengan begitu ibu hamil akan dapat tidur dengan nyenyak dan berkualitas.

Dalam penggunaan bantal, jangan lupa untuk tidak menggunakannya terlalu tinggi maupun terlalu rendah sehingga leher anda aman. Demi membuat aman punggung anda, bagian belakang punggung anda dapat juga ditopang dengan bantal guling untuk menambah kenyamanan.

3. Posisi Tidur Telentang

Anda yang sedang hamil 6 bulan, kalau bisa jangan tidur telentang. Sepintas, tidur dengan posisi telentang memang tidak ada salahnya tapi asal anda tahu saja, lama kelamaan akan menimbulkan masalah. Bagian belakang, tepatnya dalam tulang punggung terdapat pembuluh Vena Cava yang ia mengalirkan darah dari area tubuh kembali ke jantung.

Saat ibu hamil 6 Bulan tidur telentang, maka pembuluh vena cava bisa saja tertindih dan aliran darah menjadi terhambat tentu saja. Maka dari itu berhati-hatilah bagi yang sedang hamil usia 6 bulan perhatikan posisi tidurnya ya.

4. Posisi Tidur Tengkurap

Tidur yang tidak boleh anda lakukan selanjutnya saat hamil adalah tidur tengkurap. Tidur tengkurap membuat seluruh organ dalam perut beserta isinya dan juga berat batang tubuh akan menekan Rahim. Ini tentu akan sangat berbahaya. Selain masalah organ dalam perut, ada juga masalah pernafasan.

Saat anda tidur tengkurap, rongga dada untuk bernafas menjadi tidak leluasa karena terhalangi  oleh alas tidur. Padahal anda sudah tahu bahwa kebutuhan oksigen saat hamil meningkat.

Sekarang sudah tahu kan mana posisi tidur ibu hamil 6 Bulan dan mana posisi tidur yang kurang baik untuk ibu hamil 6 Bulan? Posisi tidur ibu hamil sebaiknya sangat diperhatikan dengan baik karena ini sangat mempengaruhi  pergerakan janin didalam kandungan, karena faktanya tidak semua posisi tidur ibu hamil aman bagi janin. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk anda dan semoga untuk anda yang sedang hamil saat ini, dilancarkan keseluruhan proses melahirkan hingga akhir.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close