Kesehatan

Ketahuilah Penyebab Penyakit Kista Yang Dapat Membahayakan

Kista merupakan salah satu penyakit tumor yang sering menyerang kaum wanita. Adapun gejala seseorang terkena kista adalah dengan terdapatnya suatu organ yang membesar dan didalamnya terdapat cairan seperti air. Organ wanita yang sering terkena penyakit ini adalah bagian indung telur. Kasus selama ini yang terjadi, kista bahkan tidak perlu melakukan operasi dalam proses penyembuhannya. Akan tetapi banyak orang yang masih belum mengetahui penyebab penyakit kista.

Meskipun termasuk dalam kategori tumor jinak,  jika dibiarkan semakin lama akan menjadi kanker yang sangat membahayakan. Maka dari itu kenali penyebab penyakit kista serta gejala yang akan ditimbulkannya. Berikut adalah lima penyebab penyakit kista yang sangat yang harus diketahui :

 1. Kelenjar Minyak Tersumbat

Salah satu penyebab penyakit kista adalah tersumbatnya kelenjar minyak yang disebabkan oleh trauma yang terjadi di daerah tersebut. Adapun yang menyebabkan trauma itu berupa goresan, luka bedah, maupun jerawat dan lain sebagainya. Perlu diketahui adalah epidermis adalah lapisan tipis bagian terluar dari kulit yang bertugas melindungi sel tubuh. Penyebab kista dari kelenjar minyak disebabkan dari sel kulit yang mengelupas dan justru bergerak ke dalam kulit. Sehingga sel-sel tersebut membentuk dinding kista tersebut mengeluarkan protein keratin.

2. Infeksi

Sebenarnya penyakit ini sering juga disebut dengan abses yang disebabkan oleh infeksi. Abses merupakan kantung dapat diselubungi membran seperti kista, tetapi berisi nanah. Sebenarnya kista bukanlah infeksi, tetapi dapat menjadi jika diserang oleh bakteri sehingga akan berkembang menjadi nanah. Perlu diketahui lagi, abses biasanya bersifat nyeri dan terasa panas sementara kista tidaklah nyeri dan tidak panas.

3. Pola Makan

Begitu banyak makanan yang begitu menggoda selera yang bahkan kita tidak mengetahui efek samping yang akan ditimbulkan. Akan tetapi, perlu diketahui jika banyak makan makanan yang mengandung lemak juga sebagai penyebab penyakit kista. Makanan yang mengandung lemak juga dapat menyebabkan berat badan naik, penyakit jantung, dan mengganggu organ lainnya. Jika seseorang mengkonsumsi lemak secara berlebih dapat membuat kestabilan hormon dalam tubuh terganggu sehingga membuat kista terjadi di tubuh. Jadi, selalu perhatikan pola makan anda secara seimbang dan hindari lemak berlebih.

4. Stress

Ternyata stress juga dapat sebagai penyebab penyakit kista yang jarang diketahui oleh masyarakat awam. Bahkan begitu banyak orang yang banyak beban dengan pekerjaan yang menyebabkan mereka stress. Jadi para wanita ketika stress harus tahu cara mengatasinya sehingga tidak dapat membahayakan dirimu. Ketika terjadi stress berlebihan tanpa ditangani, maka akan terjadi ketidakstabilan hormon sehingga dapat mengganggu sikluts pembentukan sel telur dan memicu penyakit kista.

5. Kelebihan Berat Badan

Selain mengganggu penampilan, ternyata kelebihan berat badan dapat sebagai penyebab penyakit kista. Tubuh yang mengandung lemak berlebih dapat menimbulkan ketidakstabilan hormon dan nantinya juga sebagai produksi sel telur terganggu.Jadi para wanita perlu menjaga pola makan dan lebih teliti dalam memilih makanan. Kemudian juga melakukan olahraga secara teratur dan melakukan diet bagi yang memiliki berat badan lebih secara baik dan aman.

Dari beberapa penyebab penyakit kista yang ada, mungkin anda perlu memperhatikan kesehatan anda supaya tidak terjadi pada diri anda. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah pola makan yang tidak teratur. Maka dari itu, mulailah memperhatikan pola makan dan juga yang paling penting adalah olahraga secara teratur. Mulai dari sekarang lakukanlah pola hidup yang sehat.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close