Kesehatan

5 Manfaat Olahraga Panahan Bagi Tubuh

Pada era teknologi saat ini sudah banyak generasi milenials yang mulai menggeluti olahraga panahan. Para generasi muda saat ini sudah sadar akan pentingnya kesehatan dan berolahraga. Ketepatan dan ketenangan dibutuhkan dalam melakukan olahraga ini. Tak heran jika memanah memiliki banyak manfaat. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat olahraga panahan yang bagus untuk tubuh kita :

1. Meningkatkan Fokus/Konsentrasi

Fokus merupakan hal penting dalam menjalankan aktivitas.Tak jarang kegiatan yang kita lakukan akan terhambat jika kita mulai kehilangan fokus/konsentrasi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan fokus/konsentrasi diri adalah dengan melakukan olahraga panahan.

Dengan rutin memanah, kefokusan kita akan dilatih secara kontinu. Sehingga lama-kelamaan kita akan mulai merasakan manfaat olahraga panahan yang satu ini untuk jiwa dan raga. Fokus membantu kita untuk lebih konsentrasi pada tugas dan mengurangi kecemasan dalam diri.

2. Melatih Kekuatan Kaki

Saat memanah selain olahraga ketepatan dan ketenangan kita juga akan dilatih untuk kuat dalam berjalan. Selama olahraga, pemanah dapat berjalan kaki sejauh 8 km dengan bergerak dari sisi ke sisi. Meskipun dalam selang waktu yang pendek, tetapi efek kumulatif dari berjalan yang dilakukan saat berolahraga akan terasa.

Manfaat olahraga panahan yang satu ini adalah dapat meningkatkan kesehatan otot kaki, jantung, serta melatih kekuatan kaki. Saat melakukan kegiatan memanah, kita akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus. Bukan hanya ketepatan tapi juga kekuatan otot kaki.

3. Melatih Keseimbangan

Ketika memanah keseimbangan menjadi hal yang tak kalah penting. Selain fokus yang tinggi serta kaki yang kuat saat memanah keseimbangan tubuh pun akan terlatih. Berlatih memanah secara rutin akan membantu tubuh untuk mendapatkan kontrol atas keseimbangan diri ketika membidik target.

Keberhasilan memanah tak lepas dari keseimbangan diri yang terkontrol. Semakin kita sering melatih diri dengan berolahraga memanah, maka manfaatnya akan terasa. Dengan terbiasa berlatih keseimbangan melalui olahraga panahan, otot-otot inti kita akan lebih stabil saat melepaskan busur.

4. Melatih Kekuatan Tubuh Bagian Atas

Bukan hanya otot kaki, manfaat olahraga memanah juga dapat dirasakan oleh tubuh bagian atas kita. Saat menarik busur, tekanan akan bertumpu pada otot tangan, otot dada, bahu, serta punggung. Sama halnya dengan mengangkat beban, tekanan ini akan ditahan selama beberapa detik baru kemudian dilepaskan.

Dengan melakukan gerakan tersebut secara berulang dan rutin, maka akan melatih kekuatan tubuh bagian atas kita. Selain itu perkembangan otot di sebagian besar kelompok otot bagian tubuh atas akan semakin meningkat. Tergantung dari seberapa intens dan rutin kita berolahraga panahan.

5. Meningkatkan Kemampuan Koordinasi

Dalam olahraga panahan dibutuhkan koordinasi yang tepat dan cepat. Koordinasi mata, tangan, dan nafas merupakan kemampuan yang dimiliki seorang pemanah. Saat berolahraga panahan, tangan akan dilatih berkoordinasi saat membidik target dan melepas busur sesuai dengan pengamatan mata.

Semakin sering kita berlatih dan melakukan kegiatan memanah maka akan semakin mudah tubuh untuk berkoordinasi secara bersamaan. Manfaat olahraga panahan yang satu ini menjadi keterampilan tersendiri bagi orang yang melakukannya. Karena tidak semua orang dapat melakukan koordinasi tubuh secara bersamaan secara tepat.

Melakukan olahraga panahan termasuk ke dalam olahraga fisik yang membutuhkan keakuratan tinggi. Ada baiknya sebelum melakukannya sendiri, kita berkonsultasi dan berlatih dulu dengan orang-orang yang lebih kompeten. Bukan tidak mungkin suatu saat kita akan menjadi atlet panahan Indonesia jika menekuni dengan serius dan rajin berlatih.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close