Kesehatan

Penyebab Dan Cara Memilih Shampo yang Cocok untuk Rambut Rontok

Rambut menjadi salah satu hal yang sangat penting sebagai penunjang penampilan terlebih wanita. Rambut menjadi mahkota yang menyempurnakan penampilan. Namun tak sedikit yang mengeluhkan masalah seperti rambut rontok padahal sudah berusaha menjaga kesehatannya. Berikut ini penyebab serta beberapa cara memilih shampo yang cocok untuk rambut rontok. Kita simak yuk.

Penyebab Rambut Rontok

Masalah rambut rontok hampir dialami setiap orang. Itu wajar. Namun bagaimana jika kerontokan rambut sudah mencapai 100 helai dalam sehari? Tentu itu sudah masuk dalam kategori parah. Rambut rontok sendiri disebabkan oleh banyak faktor diantaranya terlalu sering terpapar sinar matahari, partikel polusi yang menempel di rambut, keringat yang berlebih, stress berlebih dan pola makan yang salah.

Selain itu sering melakukan styling ekstrim seperti diwarnai, dicatok, dikeriting, dan dikeringkan menggunakan hairdryer dalam suhu yang terlalu panas bisa memicu kerontokan rambut. Oleh karena itu cara memilih shampo yang cocok untuk rambut rontok harus diperhatikan karena shampo merupakan komponen penting dalam merawat rambut.

Cara Memilih Shampo Untuk Rambut Rontok

Seperti yang sudah disebutkan memilih shampo yang cocok untuk rambut rontok adalah hal yang penting. Berikut ini beberapa cara memilih shampo yang cocok untuk rambut rontok, diantaranya :

1. Pilih Shampo yang Dilabeli Sebagai Obat

Cara memilih shampo yang cocok untuk rambut rontok pertama adalah memilih shampo yang sudah berlabel obat. Hal ini dikarenakan produk yang sudah dilabeli obat berarti sudah disetujui oleh Kementrian Kesehatan. Rata-rata sudah memiliki keterangan klasifikasi produk. Shampo yang belum dilabeli obat hanya diklasifikasikan sebagai kosmetik saja sehingga kurang ampuh mengatasi masalah rambut rontok.

2. Hindari Zat Surfaktan Apabila Kulit Kepala Sensitif

Zat surfaktan adalah bahan utama yang berfungsi untuk membersihkan kotoran. Zat ini dibagi menjadi 2 yaitu alami dan buatan. Pada shampo sering ditemukan surfaktan buatan sehingga seringkali menyebabkan iritasi. Namun surfaktan buatan berbasis petroleum dicampur dengan sodium lauryl sulfate bisa mengurangi iritasi yang memperparah kerontokan rambut pada kulit kepala sensitif.

3. Pilih Shampo yang Mengandung Aloe Vera

Seperti yang kita ketahui, lidah buaya memiliki manfaat yang sangat banyak terutama untuk menjaga kesehatan rambut. Aloe vera mengandung vitamin C, asam amino, zinc, kalsium, magnesium, protein, enzim-enzim dan germanium yang berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut dan menyehatkan struktur rambut. Sehingga cara memilih shampo yang cocok untuk rambut rontok yang ketiga adalah pastikan bahwa shampo yang dibeli mengandung aloe vera.

4. Pilih Shampo yang Mengandung ZPT

Cara memilih shampo yang cocok untuk rambut rontok selanjutnya adalah memilih shampo yang mengandung bahan aktif Zinc Pyrithione (ZPT). ZPT adalah bahan kimia yang berfungsi untuk menghentikan reaksi penyebab ketombe yang bisa mengakibatkan rambut rontok. Selain itu triple aktif compleksnya juga berfungsi untuk meningkatkan ketahanan tiap helai rambut dan mengatasi jamur penyebab rambut rontok.

5. Pilih Shampo dengan Bahan Herbal

Seringkali rontok terjadi karena kulit kepala yang terlalu sensitif dan tidak bisa bereaksi dengan baik ketika menggunakan bahan kimia. Shampo yang sering dijumpai di pasaran kebanyakan mengandung zat kimia sehingga harus selektif dalam memilih. Agar lebih aman gunakan shampo dengan bahan herbal dan alami menjadi cara memilih shampo yang cocok untuk rambut rontok. Sehingga baik rambut maupun kulit kepala akan mmenjadi lebih sehat.

Nah itulah beberapa cara memilih shampo yang cocok untuk rambut rontok. Pastikan kenali telebih dahulu penyebab rambut rontok agar bisa segera diatasi dengan shampo yang sesuai. Jangan lupa untuk menggunakan vitamin atau serun rambut untuk memelihara kesehatan rambut.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close