Kesehatan

6 Penyebab Utama Sakit Punggung Sebelah Kanan

Jika mengalami sakit punggung sebelah kanan jangan anggap remeh bisa jadi merupakan signal ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang melakukan aktivitas secara berlebihan baik sehari-hari maupun pada saat berolahraga. Bisa diakibatkan dari keseleo, ketegangan pada otot punggung, atau tergesernya bantalan di bagian tulang belakang. Selain diakibatkan oleh aktivitas dan olahraga yang berlebihan rasa sakit yang menyerang bagian punggung sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan rasa sakit pada punggung sebelah kanan, diantaranya adalah:

1. Karena Cidera

Jika anda mengalami sakit punggung sebelah kanan bisa jadi ini karena ada cidera yang terjadi di otot. Otot yang dimaksud di sini bisa otot ligamen maupun tendon yang menopang dan mengelilingi tulang belakang. Bagian-bagian yang terkena cidera ini bisa salah satu atau bahkan semuanya. Karena itu jika terjadi cidera otot sebaiknya segera ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Struktur Yang Bermasalah

Sakit punggung sebelah kanan bisa juga terjadi pada seseorang yang memiliki gangguan di struktur tulang belakangnya. Masalah yang terkait dengan struktur penyebab rasa nyeri antara lain terletak pada penopang intervertebralis atau persendian facet.

Selain itu adanya skoliosis dimana posisi tulang belakang lebih miring ke kanan atau ke kiri. Atau bisa jadi lordosis yaitu struktur tulang belakang terlalu membusung ke depan. Bisa juga kifosis di mana posisi struktur tulang belakang membungkuk ke belakang.

3. Usus Buntu

Merupakan usus yang berbentuk tabung kecil dan menempel di bagian kanan bawah dari usus besar. Penyakit usus buntu terjadi karena usus ini mengalami peradangan, terinfeksi dan bengkak. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri yang hebat pada area sekitar pusar dan bertahap hingga ke sebelah sisi kanan tubuh.

Rasa nyeri ini bahkan dapat menyebar sampai ke area punggung sebelah kanan atau selangkangan. Bahkan dengan adanya tekanan dan banyaknya gerakan di area perut bisa semakin parah dan usus buntu bisa pecah.

4. Batu Ginjal

Jenis penyakit yang satu ini bisa juga memicu timbulnya sakit punggung sebelah kanan. Batu ginjal merupakan hasil pemadatan dari garam dan mineral yang berlebihan yang bisa ditemukan di dalam urine. Jika ukuran batu ginjal sangat kecil akan mengalir bersama urine dari ginjal menuju kandung kemih lalu keluar tubuh tanpa masalah.

Namun bisa juga batu ginjal ini tersangkut di ureter yaitu sebuah saluran yang menghubungkan antara ginjal dan kandung kemih. Jika ini terjadi maka rasa nyeri bisa muncul di sepanjang punggung, perut bawah sampai ke selangkangan. Rasa nyeri terjadi pada saat buang air kecil dan umumnya datang serta pergi sesuai dengan pergerakan batu ginjal tersebut.

5. Sciatica

Sciatica merupakan saraf skiatik yang terletak di sepanjang bagian punggung dan kedua tungkai kaki. Jika saraf ini mengalami iritasi maupun tertekan maka rasa nyeri yang timbul disebut sciatica. Rasa nyeri ini dimulai dari bagian punggung bawah dan menyebar hingga ke salah satu tungkai.

Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan bantalan dan cakram di antara tulang belakang. Bisa juga karena adanya tulang belakang yang menyelip hingga menekan tulang yang lain atau adanya penyempitan saluran pada tulang belakang. Orang dengan kelebihan berat badan, jarang berolahraga dan terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi sangat rentan mengalami sciatica.

6. Penyakit Tertentu

Beberapa jenis penyakit yang menimpa organ dalam bagian perut, bagian belakang, atau panggul dapat menyebabkan rasa sakit punggung sebelah kanan. Bahkan pada kasus yang bersifat darurat dan serius ini bisa disebabkan karena keluarnya akar syaraf dari kanal tulang belakang. Selain itu rasa sakit pada punggung sebelah kanan bisa terjadi juga karena adanya pembengkakan serta infeksi pada tulang belakang.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close