Kesehatan

Gerakan Senam Zumba Mengecilkan Perut Dan Memperindah Tubuh

Senam Zumba adalah olahraga yang identik dengan gerakan-gerakan enerjik diiringi musik yang menyenangkan. Bagi orang  berperut buncit atau bergelambir dapat mencoba gerakan senam Zumba mengecilkan perut dan sekaligus dapat memperindah bentuk tubuh. Selain dapat mengencangkan otot dan mengecilkan perut, gerakan senam Zumba dapat mengencangkan paha dan otot-otot lengan.

Senam yang merupakan perpaduan fitness dan dansa ini terdiri dari beberapa jenis gerakan. Setiap jenis gerakan memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Berikut ini adalah ulasan dari 5 jenis gerakan dasar senam Zumba mengecilkan perut yang dapat menjadi solusi bagi pemilik perut buncit atau bergelambir:

1. Merengue March Untuk Perut Dan Lengan Lebih Ramping

Merengue dalam senam Zumba mengecilkan perut dilakukan sebagai pembuka, dan mudah sekalipun untuk pemula. Selain bermanfaat mengecilkan perut, merengue dapat mengencangkan otot-otot lengan. Pada gerakan merengue statis rentangkan tangan kanan, tarik ke arah dalam bawah. Pinggul diayunkan ke kanan, kaki kiri diayunkan di tempat. Gerakan sebaliknya dilakukan untuk tangan kiri.

Gerakan dinamis dilakukan dengan kedua tangan ditekuk horizontal di depan dada. Tangan dan pinggul diayunkan, kedua kaki dibuka satu per satu. Lalu kaki ditutup satu per satu, tangan dan pinggul tetap diayunkan. Gerakan statis dan dinamis diulangi 4 kali 8 hitungan tempo lambat, dilanjutkan 2 kali 8 hitungan tempo dipercepat.

2. Memperindah Bentuk Tubuh Dengan Beto Shuffle

Usai melakukan merengue march, gerakan selanjutnya yaitu beto shuffle. Gerakan ini juga tidak kalah mudah untuk dilakukan. Pinggang dan pinggul diayunkan dari kanan ke kiri sebanyak 2 kali kemudian dibalikkan tanpa menggerakkan tangan dan kaki. Gerakan dapat dikombinasikan dengan memegang dumbbell.

Selanjutnya, tangan dan kaki diayunkan mengikuti gerakan tubuh dalam tempo lambat lalu dilanjutkan dengan tempo cepat. Masing-masing tempo dilakukan sebanyak 2 kali 8 hitungan. Bagi yang melakukan senam Zumba mengecilkan perut, gerakan ini sangat bagus untuk mulai membakar lemak perut, merampingkan pinggang, dan mengencangkan otot lengan.

3. Salsa: Gerakan Wajib Dalam Zumba

Seperti namanya, gerakan ini mirip dengan tarian salsa. Gerakan dasarnya yaitu menggoyangkan pinggul, kaki, tangan, dan tubuh ke arah kanan dan kiri masing-masing. Selanjutnya gerakan tadi dilakukan juga dengan arah maju dan mundur. Kemudian dilakukan lagi dengan arah 2 langkah ke kanan dan ke kiri.

Masing-masing arah gerakan dilakukan 2 kali 8 hitungan dengan tempo sedang. Gerakan ini wajib dilakukan dalam senam Zumba mengecilkan perut dan memperindah bentuk tubuh. Manfaat gerakan ini dapat membentuk bahu lebih bidang, perut dan pinggang ramping, serta mengencangkan otot lengan.

4. Kumbia Untuk Mengencangkan Perut Dan Paha

Gerakan kumbia dilakukan setelah melakukan gerakan salsa. Kumbia basic dilakukan dengan gerakan kaki ke kanan maju mundur dan tubuh digoyangkan meliuk-liuk masing-masing 1 kali 8 hitungan. Dilanjutkan dengan kumbia sleepy leg yaitu bergerak ke kanan 4 kali, kiri 4 kali sambil menggoyangkan pinggul untuk merampingkan perut 2 kali 8 hitungan.

5. Otot Paha Dan Tangan Kencang Dengan Reggaeton

Penggunaan dumbbell dapat dikombinasikan pada gerakan reggaeton ini. Dimulai dari gerakan basic tangan di depan dada 90 derajat, kaki melangkah ke kanan depan lalu kiri depan secara bergantian. Sambil melangkah, tangan diayunkan secara diagonal seperti mendayung masing-masing 2 kali 8 hitungan.

Lanjutkan dengan gerakan 2 steps, kedua tangan masih dalam keadaan ditekuk horizontal di depan dada. Tangan kanan menyikut sambil bergerak ke kiri 2 kali. Lakukan sebaliknya untuk tangan kiri masing-masing 2 kali 8 hitungan dengan tempo sedang dan cepat.

Lalu lanjutkan dengan gerakan vibrate hip, ayunkan tubuh dan tangan ke kanan dan kiri 2 kali 8 hitungan. Kaki dalam keadaan terbuka selebar bahu. Gerakan ini dapat dimulai dari tempo lambat hingga ke cepat.

Itulah 5 gerakan dasar senam Zumba mengecilkan perut dan memperindah bentuk tubuh. Selain sehat, senam Zumba tergolong ke dalam olahraga yang menyenangkan. Berzumba selama 1 jam dipercaya dapat membakar 600-1.000 kalori. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah senam untuk menghindari cidera.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close