Gaya HidupKecantikan

Tips Merawat Kuku Agar Tetap Cantik dan Sehat

Perawatan Kuku

Merawat kuku agar tetap cantik dan sehat juga merupakan bagian dari menjaga kesehatan tubuh. Dengan memiliki kuku yang sehat dan terawat maka tidak akan menjadi sarang kuman dan penyakit. Selain membantu dalam menjaga kesehatan, dengan kuku yang cantik membuat seseorang lebih percaya diri. Penampilan kuku juga akan menjadi cerminan tentang kesehatan seseorang.

Salah satu bentuk perawatan kuku yang paling sering dilakukan adalah dengan memotongnya agar tetap rapi. Selain rapi, Anda juga harus menjaga agar kuku tetap sehat dan cantik. Baik itu kuku kaki ataupun tangan harus dirawat dengan baik dan benar. Berikut ini cara merawat kuku yang bisa Anda lakukan agar memiliki kuku yang sehat dan cantik.

Tips Merawat Kuku Agar Tetap Cantik dan Sehat

Cuci Tangan dengan Sabun

Untuk bisa memiliki kuku yang cantik dan sehat Anda harus mencuci tangan dengan sabun pencuci tangan dengan rutin. Pastikan untuk menggunakan sabun pencuci tangan yang lembut. Hal ini dikarenakan semakin keras jenis sabun yang digunakan, maka semakin besar juga efek untuk kuku dan kulit. Sebaiknya Anda menghindari jenis sabun yang memiliki kandungan bahan triclosan atau anti bakteri. Lebih baik untuk memilih sabun yang lembut agar kuku bersih, sehat, dan cantik.

Bersihkan Kuku dengan Sikat

Selain menggunakan sabun pencuci tangan yang lembut, sebaiknya Anda juga membersihkan kuku secara rutin menggunakan sikat. Biasakan sebelum melakukan aktivitas apapun untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Saat hendak makan, membuat kue, memasak, menyentuh bayi, dan lain sebagainya sebaiknya membersihkan tangan terlebih dahulu.

Saat membersihkan tangan pastikan bahwa kuku dan sela-sela jari sudah dibersihkan dengan benar agar tidak ada kuman yang menempel. Bersihkan kuku menggunakan sikat gigi yang lembut beserta sabun cuci tangan. Gosokan secara menyeluruh agar kotoran dan sel-sel kulit mati terangkat. Gunakan sabun yang lembut agar kulit dan kuku tidak menjadi kering.

Memotong Kuku Secara Teratur

Memotong kuku merupakan salah satu perawatan kuku yang paling sering dilakukan. Walaupun terdengar sederhana, namun memotong kuku secara teratur menjadikan kuku terlihat lebih rapi dan indah. Pastikan memotong kuku dengan cara yang benar agar tidak melukai kuku itu sendiri. Untuk Anda yang malas merawat kuku yang panjang maka bisa memotong kuku seminggu sekali agar kuku tetap indah dan sehat.

Memotong kuku secara teratur juga akan membuat seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit, sebab kuman berbagai jenis kuman yang ada di balik kuku akan ikut hilang. Mengingat tangan sering digunakan untuk memegang berbagai bahan makanan dan makanan yang sudah jadi, maka menjaga kebersihannya merupakan hal yang penting.

Menggunakan Minyak Zaitun

Untuk mendapatkan kuku yang sehat dan cantik Anda bisa menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung bahan alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kuku. Anda dapat menerapkan minyak zaitun pada permukaan kuku secara teratur. Ada banyak sekali manfaat menggunakan minyak zaitun pada kuku, seperti menjaga kuku agar tetap cantik, lebih mengkilap, bening, dan kuat.

Adapun cara menerapkan minyak zaitun pada kuku adalah dengan menyiapkan minyak zaitun kemudian panaskan menggunakan api kecil. Jika sudah hangat, maka Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan permukaan kuku dengan bola kapas.

Selanjutnya diamkan kurang lebih 15 menit dan bersihkan dengan air yang bersih. Lalu keringkan tangan dan kuku menggunakan handuk yang lembut dan bersih. Penggunaan minyak zaitun merupakan tips merawat kuku yang efektif untuk Anda yang ingin memiliki kuku sehat nan cantik.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close