Travel

Informasi Obyek Wisata Pantai Kelingking Nusa Penida

Bali adalah salah satu pulau Wisata yang terdapat di Indonesia. Beragam destinasi wisata keluarga terdapat disana. Wisata Pantai merupakan yang paling populer apabila berkunjung ke Bali. Pantai Kelingking Nusa Penida merupakan salah satu pantai yang tersembunyi dan belum banyak diulas. Karena masih tersembunyi, keasrian suasana alam disana masih terjaga.

Lokasi

Pantai Kelingking Nusa Penida terletak di Pulau Nusa Penida , sebelah tenggara dari pulau bali yang dipisahkan oleh selat Badung. Tepatnya, pantai ini terdapat di dusun Karang Dewa, desa Bunga Mekar, kecamatan Nusa Penida.  Lokasi pantai Kelingking di sebelah barat sejauh 25 km dari pelabuhan pulau Nusa Penida.

Akses Transportasi

Satu-satunya akses yang dapat menjangkau Pantai Kelingking Nusa Penida adalah lewat transportasi laut. Terdapat dua alternatif, lewat pantai Sanur atau via pelabuhan Padang Bai. Dari pantai Sanur dapat menaiki perahu tradisional (Jukung) dengan waktu tempuh 1,5 jam dan biaya 40 ribu rupiah. Apabila dari Padang Bai, perjalanan dapat ditempuh selama 1 jam menggunakan kapal Feri dengan harga 30 ribu, atau speed boat dengan harga 45 ribu.

Keunikan Pantai Kelingking

Setiap lokasi wisata memiliki keunikan maupun ciri khas tersendiri. Begitu juga dengan Pantai Kelingking Nusa Penida. Keunikannya juga merupakan sesuatu yang khas dan hanya dapat ditemui apabila berkunjung ke sana. Berikut ini beberapa keunikan tersebut :

1. Ditemukan Oleh Turis Asing

Pantai Kelingking Nusa Penida pertama kali dibuka pada tahun 2003 silam, yang awalnya ditemukan secara tidak sengaja oleh dua orang turis dari Ceko dan Australia. Pada tahun 2003 wisatawan tersebut menjelajah sekitar pulau Nusa Penida, dan mencoba untuk melakukan diving di pantai ini. Saat itu sekitar pantai masih berupa semak belukar.

Karena memiliki tampilan yang indah, turis tersebut mengabarkan ke khalayak bahwa terdapat tempat tersembunyi yang masih belum dikunjungi. Sejak saat itu dengan cepat berita tersebar dan dijadikan tempat wisata sampai saat ini. Tidak diketahui nama dua orang turis tersebut sampai saat ini.

2. Terdapat Pura Mobil

Pura ini terdapat diatas tebing Pantai Kelingking Nusa Penida. Fungsinya sama seperti pura lain yang digunakan sebagai sarana untuk beribadah. Namun yang berbeda, pura ini memiliki pelinggih (tempat pemujaan) berbentuk seperti mobil. Sehingga tempat ini sering juga disebut dengan nama Pura Mobil.

3. Tebing T-Rex

Disebut tebing t-rex karena di Pantai kelingking terdapat tebing karang berbentuk seperti leher t-rex yang menjorok ke pantai. Tebing ini berpadu dengan karang kecil dan ditutupi tanaman hijau, sehingga membentuk pemandangan yang memukau jika dilihat dari atas.

4. Spot Diving Manta

Pantai Kelingking memiliki spot diving yang indah dan menenangkan. Zona diving inilah yang pertama kali ditemukan oleh turis asing. Pada area ini wisatawan dapat melihat ikan pari Manta yang merupakan jenis ikan pari terbesar di dunia. Wisatawan juga dapat berenang dengan ikan pari tersebut, karena ikan pari manta hanya memakan plankton.

5. Pohon Cinta Mati

Terletak di area pantai kelingking, pohon ini bukanlah pohon besar seperti pada umumnya. Tetapi merupakan batang pohon yang sudah mati namun masih menjulang tinggi. Yang menarik adalah pohon mati ini dapat dinaiki sampai ke atas oleh dua orang sekaligus. Membuat pohon ini cocok untuk dijadikan spot sesi prewedding dan dari sanalah istilah pohon cinta mati mulai muncul.

Wisata Pantai kelingking Nusa penida saat ini masih memiliki keasrian alam yang masih terjaga. Demi terjaganya keasrian tersebut, ada baiknya pengunjung yang datang kesana juga turut serta menjaga kebersihan lingkungan di sekitar pantai ini.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button