Travel

Pulau Gili, Tempat Wisata Snorkeling Di Lombok Yang Wajib Dicoba

Bosan Berwisata ke Bali. Mungkin Lombok bisa menjadi alternatif pilihan para wisatawan yang hendak berlibur. Lombok menyimpan sejuta keindahan, baik keindahan alamnya maupun bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Hal ini lah yang membuat Lombok menjadi destinasi snorkeling yang paling digandrungi. Ada banyak sekali wisata snorkeling di lombok terutama di Pulau Gili ini.

Selain Gili Trawangan, Lombok masih mempunyai Gili-Gili lain yang menjadi wisata snorkeling di Lombok yang paling menarik. Berikut ulasannya:

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta wisata, karena Gili Trawangan yang paling terkenal di antara Gili lainnya. Untuk Gili ini terletak di Pamenang, Lombok Utara, dan masih termasuk dalam kawassan Gili Indah. Gili Trawangan mempunyai gugusan karang yang sangat beragam dan warna warni. Banyak ikan ikan kecil yang menjadi pemandangan tersendiri jika snorkeling di sini.

2. Gili Nemo

Gili nemo ini letaknya sedikit ke tengah, pulau ini kecil dan sedikit penduduknya. Arus di Gili Nemo ini sangat tenang, sangat pas untuk para pemula yang ingin belajar snorkeling. Spot snorkeling yang paling populer di sini yaitu Nemo Wall, Sea Point Penyu dan Point Coral Blue.

3. Gili Air

Gili Air adalah Gili yang paling dekat dengan Pulau Lombok, dan masih berada dalam kawasan Gili Indah, Lombok Utara. Hanya dengan kedalaman 1,5 meter sampai 3 meter pengunjung sudah bisa melihat keindahan alam bawah laut Gili Air. banyak aneka ragam biota laut yang bisa ditemui di sini, diantaranya kuda laut, penyu dan banyak ikan mungil warna-warni yang memanjakan mata.

4. Gili Layar

Gili Layar adalah Gili yang terletak di Lombok Barat. Keindahan alam dan bawah laut Gili Layar ini sangat memukau para pengunjung. Snorkeling disini pengunjung akan sangat merasa puas, karena akan disuguhi keanekaragaman terumbu karang dan biota bawah lautnya.

5. Gili Kondo

Lobok Timur juga mempunyai spot snorkeling yang tak kalah dengan Gili-Gili yang lain yaitu Gili Kondo. Hanya dengan kedalaman 1-2 meter para pecinta snorkeling sudah bisa melihat keindahan dan keanekaragaman alam bawah laut Gili Kondo. Di sini juga terdapat lokasi konservasi terumbu karang.

6. Gili Nanggu

Gili Nanggu terletak di kawasan Lombok Barat. Pulau ini sering di sebut juga “privat island” karena pantainya yang tenang dengan pasir putih yang seperti kristal. hanya beberapa meter saja dari bibir pantai anda sudah bisa melakukan snorkeling dan melihat ikan warna warni di perairan yang dangkal.  Di sini juga terdapat lokasi konservasi penyu.

7. Gili Petagan

Gili Petagan terletak di Lombok Timur, dekat dengan Gili Kondo. Di Gil ini terdapat hutan bakau yang disekelilingnya terdapat karang yang sangat cantik. Air lautnya sangat jernih, maka tak Heran jika Gili Petagan termasuk dalam spot snorkeling yang paling diminati.

8. Gili Bidara

Masih dari Lombok Timur, Gili Bidara berada di samping Gili Kondo. Gili Bidara ukurannya lebih kecil, namun keindahan karang dan biota bawah lautnya tak kalah dengan Gili Kondo.

9. Gili Kapal

Gili Kapal letaknya tak jauh dari Gili Kondo dan Gili Bidara yang Gili Kapal merupakan pulau dengan hamparan pasir yang akan terlihat jika ombak sedang surut, dan akan hilang jika pasang tiba. Meskipun ukurannya paling kecil diantara Gili Kondo dan GiliBidara, namun snorkeling di sini memiliki spot taman laut yang indah.

Banyak wisata snorkeling di Lombok, tapi tetap harus menyiapkan peralatan seperti fin/kaki katak, mask, dan snorkel. Jangan lupa untuk tetap menjaga keindahan lautnya, agar keanekaragaman biota laut bisa tetap dinikmati.

Tags
Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close