Olahraga

5 Cara Melakukan Bungee Jumping Dengan Aman

Sebagai salah satu olahraga yang tergolong sangat ekstrim, bungee jumping sendiri merupakan sebuah aktivitas saat seseorang terjun dari sebuah tempat yang mempunyai ketinggian tertentu. Olahraga ini dibantu dengan satu ujung tali elastis yang ditempel di badan atau pada pergelangan kaki dan ujung tali yang satunya lagi diikat ke titik lompat. Untuk melakukan olahraga ini pun ada cara-caranya tersendiri agar aman saat melakukannya. Adapun cara melakukan bungee jumping dengan aman antara lain sebagai berikut :

1. Mempersiapkan Diri

Sebelum melakukan bungee jumping maka hal pertama kali yang harus disiapkan adalah mempersiapkan diri. Untuk melakukan bungee jumping ini pastikanlah dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohaninya. Karena untuk melakukan bungee jumping ini tidak disarankan bagi orang-orang yang sedang sakit, atau mempunyai penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Selain itu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan bungee jumping ini adalah harus benar-benar siap. Karena jika tidak siap atau dipaksakan maka akan sangat berbahaya sekali jika terus dipaksakan melakukan kegiatan ini.

2. Mengikat Rambut

Cara melakukan bungee jumping dengan aman yang selanjutnya adalah mengikat rambut. Bagi perempuan yang mempunyai rambut panjang atau laki-laki yang gondrong, maka mengikat rambut adalah salah satu yang wajib untuk dilakukan. Karena jika rambut panjang tidak diikat maka akan membahayakan saat terjun bebas dan saat kegiatan bungee jumping ini berlangsung.

3. Memasang Alat Pengaman

Sebelum melakukan bungee jumping, maka memasang alat pengaman merupakan hal yang wajib diperhatikan. Karena bungee jumping ini merupakan salah satu olahraga yang sangat ekstrim, memasang alat pengaman pun hal yang harus diperhatikan. Pastikanlah alat pengaman benar-benar dipasang secara tepat.

Karena jika alat pengaman tersebut tidak dipasang dengan benar dan tepat akan membahayakan sendiri. Maka dari itu memastikan alat pengaman terpasang tepat dan benar mesti di perhatikan sekali. jika alat pengaman sudah dipasang dengan tepat dan benar, maka kegiatan bungee jumping ini akan sangat menyenangkan sekali.

4. Mendengarkan Instruktur

Setelah dirasa memasang alat pengaman dengan tepat dan sempurna, maka cara melakukan bungee jumping dengan aman yang selanjutnya adalah mendengarkan instruktur. Mendengarkan instruktur tak kalah pentingnya bagi yang ingin melakukan bungee jumping. Hal tersebut perlu dilakukan untuk keselamatan pribadi. Setelah itu segala hal yang telah disampaikan oleh instruktur maka bisa diaplikasikan ketika sedang melakukan bungee jumping itu sendiri.

Karena segala arahan dari instruktur mengenai bungee jumping akan sangat bermanfaat sekali dari mulai melompat pertama kali bahkan sampai selesai. Maka dari  itu, mendengarkan serta memperhatikan instruktur ketika memberikan arahan sangat diperlukan sekali.

5. Melompat Sejauh Mungkin Saat Pertama Kali

Cara melakukan bungee jumping dengan aman yang terakhir adalah melompat sejauh mungkin saat pertama kali. Saat mengawali lompatan dari titik awal, maka diwajibkan untuk melompat sejauh-jauhnya dari titik dimana melakukan lompatan. Hal tersebut bertujuan agar tali tidak terbelit pada bagian tubuh. Saat melompat sendiri, maka harus berkonsentrasi penuh dan yakin bahwa seluruh aktivitas dari bungee jumping ini berjalan dengan baik.

Selain itu, hilangkan pula pikiran-pikiran negatif. Karena pikiran negatif akan memunculkan rasa takut. Jika rasa takut muncul, maka kegiatan bungee jumping pun tidak akan berjalan secara lancar. Bahkan yang akan dirasakan pun bukan sensasi yang mengasyikkan melainkan rasa takut.

Itulah beberapa cara melakukan bungee jumping dengan aman. Dengan melakukan beberapa cara tersebut, maka kegiatan bungee jumping ini akan sangat menyenangkan dan tentunya sangat aman untuk dilakukan.

Lihat lebih banyak

Tim Penulis

Tim Penulis TimesLombok.com adalah beberapa penulis lepas yang berkomitmen memberikan Karya Tulisan yang bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close